Beranda New Cars Menikmati Cantiknya BMW 6 Series Gran Turismo di Indonesia

Menikmati Cantiknya BMW 6 Series Gran Turismo di Indonesia

JAKARTA, 12 September 2018 — BMW Indonesia telah menghadirkan BMW Seri 630i GT (Gran Turismo) di Indonesia. Mobil ini merupakan SUV hasil perpaduan sedan Seri 5 yang dipadukan dengan teknologi-teknologi layaknya Seri 7.

Bagi saya, seri GT milik BMW ini memang sedikit unik. Bagian pinggang tinggi, tailgate a la hatchback, wheelbase panjang sehingga bagian leg room lebih luas.

BMW sendiri memang mendesain GT untuk mereka yang memiliki selera berbeda. “The BMW 6 Series Gran Turismo ditujukan untuk konsumen yang memiliki sisi individual, estetika, dan mencari kenyamanan berkendara,” kata Adrian van Hooydonk, Senior Vice President BMW Group Design.

Sebelum membahas detail tampilan eksterior, sedikit informasi tentang mobil ini. BMW 6 Series GT memiliki bobot yang lebih ringan 105 kg dibandingkan versi sebelumnya. Hal ini berkat penggunaan high-strength steel dan alumunium seperti yang digunakan pada 5 Series dan 7 Series.

Tubuhnya 87 mm lebih panjang, 20 mm lebih pendek dibandingkan 5 Series GT. Hasilnya, kapasitas bagasi 610 liter menjadi lebih besar. BMW menyebut 40 liter lebih besar dibandingkan G31 5 Series Wagon.

Fascianya hadir dengan kesan elegan dan mewah, nampak seperti model coupe jika dilihat dari samping yang disematkan 5 pintu. Mobil ini tidak hanya menampilkan kemewahan, tapi juga menawarkan kenyamanan yang luar biasa ketika diajak jalan jauh.

Dalam garis keturunannya, Seri 6 dikenal sebagai model yang menawarkan desain-desain yang keluar dari pakem, hal ini dilakukan untuk memberikan sesuatu yang beda dan unik di mata pecintanya. Meski demikian, secara visual memang tampilan depannya tidak jauh berbeda dengan model lain seperti Seri 5, bahkan bila dijejerkan akan terlihat serupa.

Sisi sporty tetap diperlihatkan oleh Seri 6 GT ini dari garis tegas yang ada di sekujur bodi dari active airstream kidney grille. Terlebih lagi semakin terlihat galak dengan garis lengkung yang memanjang pada atas kap mesin.

Lampu sipit mendapat Adaptive LED headlights yang memberikan kesan gagah pada mobil ini. Di bagian belakang, lampu menggunakan desain L-shaped dan juga dilengkapi LED menampilkan kesan dinamis.

Desain coupe sangat jelas terlihat dari sisi samping pada bagian buritannya yang tinggi seperti boxy hampir mendekati pilar C layaknya sebuah SUV. Kemudian pada sisi samping pula terlihat keunikan dari bagian kaca, ia disematkan model frameless (tidak ada frame pada bagian kaca depan atau belakang) dan membentang seolah memperlihatkan kelegaan ruang kabinnya.

Saat membuka bagasi, model ini layaknya hatchback dimana kaca belakang menyatu dengan bodi. Tidak hanya itu, untuk membuka dan menutupnya juga sudah otomatis melalui tombol yang ada di display key BMW atau pada pintu bagasi dan pintu pengemudi.

Sayangnya, saya pribadi tidak menyukai tampilan velg BMW Seri 630i Gran Turismo Luxury Line ini. Memang ia terlihat elegan berkat penggunaan model velg W-spoke berdiameter 20 inci. Namun, karena velg ini diberi kelir chrome, bagi saya mobil ini terlihat seperti mobil murah.

Fitur lain yang disematkan seperti flap udara otomatis, air curtains, air breathers dan spoiler belakang yang bergerak otomatis dapat menambah aerodinamis dari mobil ini dengan drag coefficient (Cd) hanya 0,25.

Sisi aerodinamika memang mendapat perhatian khusus untuk mobil ini terkait performanya. BMW 630i GT mendapat mesin 2.0 liter TwinPower turbo yang menghasilkan tenaga 255 bhp dan torsi 400 Nm. Mobil ini mampu berlari 5.3 detik saja untuk mencapai 0-100 km/jam. Cukup lumayan mengingat tubuhnya memiliki bobot hampir 1,8 ton.

Mau tahu seperti apa rasanya di dalam kabin mobil seharga Rp 1,746 miliar ini? Ikuti terus beritanya di carvaganza.com.

Spesifikasi BMW 630i GT:

MESIN
Kapsitas: 1,998 cc
Konfigurasi: 4-cylinder in-line 16-valve TwinPower Turbocharged
Rasio kompresi: 10.2 : 1
Bore x Stroke: 94.6 x 82.0
BBM: Bensin

PERFORMA
Tenaga: 190kW (255 bhp) @ 5000-6500 rpm
Torsi: 400 Nm @ 1550-4400 rpm
Transmisi: OtomatiS 8-speed Steptronic
Tipe: Rear-wheel drive
Akselerasi 0-100 km/jam: 6.3 detik
Top Speed: 250 km/jam
Konsumsi BBM: 14.2 km/liter
Emisi CO2: 159 gram/km (data manufaktur)

DIMENSI
Tipe: Luxury
Dimensi: 5,091 x 1,902 x 1,538 mm
Wheelbase: 3,070 mm
Turning Radius: –
Berat kotor 1.795 kg
Kapasitas tangki: 68 liter
Kapasitas bagasi: 610 liter
BBM: RON 95

BAN
Ban depan: 225/60 R17
Ban belakang: 225/60 R17
Velg depan 7.5 J x 17 inhes, light-alloy
Velg belakang: Velg depan 7.5 J x 17 inhes, light-alloy

REM
Rem depan: Ventilated disc
Rem belakang: Ventilated disc

SUSPENSI
Suspensi depan: Double-joint spring strut
Suspensi belakang: Aluminium integral

VALDO PRAHARA