Beranda New Cars McLaren Senna, Aryton Senna Inside

McLaren Senna, Aryton Senna Inside

Semangat Sang Legenda F1 Aryton Senna menjadi filosofi kelahiran hypercar teranyar McLaren

BAGI McLaren, nama Aryton Senna memang tak dapat dipisahkan dari kesuksesan mereka untuk hadir sebagai pabrikan performance car terkemuka di dunia. Mendiang juara dunia F1 tiga kali ini sukses membawa McLaren mendominasi musim 1988 hingga 1991 dan menjadi salah satu legenda balap F1.

Pria asal Brazil ini dikenang sebagai pembalap yang begitu fokus untuk menjadi yang terbaik di lintasan sirkuit balap. Hal ini pulalah yang menjadi salah satu tujuan McLaren menciptakan McLaren Senna, anggota keluarga terbaru Ultimate Series. Seperti halnya anggota keluarga Ultimate Series lainnya yaitu McLaren P1 dan P1 GTR, Senna dibuat sebagai mobil yang road legal, namun dikembangkan sepenuhnya untuk menjadi yang terbaik di sirkuit.

Resep terbaik dari McLaren seakan disuntikkan ke dalam tubuh Senna. Kombinasi konstruksi tubuh ultra-ringan dengan chassis dan panel bodi serat karbon, mesin di tengah dengan penggerak roda belakang serta suspensi dan kemudi akurat yang dirancang khusus untuk sirkuit menjadikan Senna menghadirkan keseimbangan yang sempurna antara performa, pengendalian dan kedinamisan.

Serat karbon Monocage III adalah chassis terkuat yang pernah dibuat McLaren untuk mobil jalan raya dan merupakan pengembangan dari chassis McLaren 720S. Panel bodi serat karbon hampir di seluruh bagiannya menjadikan mobil ini hanya berbobot 1.198 kg. Dengan tenaga hingga 800 PS (789 hp), McLaren Senna memiliki rasio tenaga-bobot mencapai 668 PS (678 hp)/ton.

Desain dengan filosofi ‘form follows function’ khas McLaren menyuguhkan tampilan mobil yang impresif dan menyuguhkan keseimbangan antara aerodinamika dan downforce optimal. Generasi terbaru perangkat aerodinamika aktif menghadirkan downforce dan pengendalian ke level tertinggi sehingga pengemudinya dapat mengeksploitasi semua potensi performa Senna.

V8 twin-turbo 4.0 liter menjadi mesin non-hybrid terkuat yang pernah dibuat McLaren dengan limpahan tenaga 800 ps (789 hp) dan torsi puncak 800 Nm. Roda belakang menerima tenaga itu melalui transmisi otomatis 7-kecepatan berkopling ganda yang juga dapat dikendalikan secara manual melalui paddle-shift di balik lingkar kemudinya. Karakter mesin dan transmisinya dapat diatur melalui Active Dynamics Panel untuk memilih mode pengendaraan: Comfort, Sport atau Track.

Mengimbangi kekuatan mesinnya, McLaren menggunakan sistem suspensi hidrolik Race Active Chassis Control II (RCC II) yang secara harmonis bekerjasama dengan sistem aerodinamika aktif dan chassis Monocage III ultra-kaku untuk memberikan kemampuan terbaiknya di lintasan sirkuit. Kedinamisan RCC II ini juga dapat diatur sesuai dengan pilihan pada Active Dynamic Panel atau melalui panel di bagian atap untuk mode Race.

McLaren Senna diproduksi terbatas 500 unit dan dirakit tangan di McLaren Production Centre di Inggris. Senna yang dibanderol £750,000 ini telah habis dipesan konsumen setia Mclaren. Mobil produksi terakhir bahkan telah dilelang dan laku terjual £2 Juta yang kemudian disumbangkan ke yayasan Instituto Aryton Senna untuk pendidikan bagi anak-anak tak mampu di Brazil.

Spesifikasi McLaren Senna

Layout Kendaraan: Coupe, 2 pintu, 2 penumpang, mesin-tengah, RWD
Mesin: V8 4.0 liter Twin-turbocharger / 800 PS 789 hp / 800 Nm
Transmisi: Automatic 7-speed Dual-clutch
P x L x T: –
Wheelbase: –
Bobot kosong: 1198 kg
Kapasitas Tangki: –
Rekomendasi BBM:

BUDITYAS BANGUN BASUKI

Kolom Komentar

Last Updates

Toyota Indonesia Dukung Vokasi Industri Perkuat Fondasi Kompetensi SDM

MAKASSAR, 17 Januari 2019 – Toyota Indonesia ikut berperan dalam langkah Kementerian Perindustrian menyambut era Industry 4.0, dengan meningkatkan kompetensi...

Jaga Kualitas Layanan, Mitsubishi Motors Gelar Kompetisi SDM Diler

JAKARTA, 17 Januari 2019 – Berbagai langkah dilakukan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus terus meningkatkan kualitas layanan...

Ini Jurus Jitu Mitsubishi Xpander Hadang Toyota New Avanza

JAKARTA, 17 Januari 2018 – Untuk menghadapi persaingan di pasar kendaraan Low MPV yang semakin ketat, Mitsubishi Xpander sudah dari...

VIDEO: Kejutan Toyota Avanza Veloz Setelah 15 Tahun

JAKARTA, 17 Januari- PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya secara resmi meluncurkan Toyota New Avanza dan New Veloz terbaru. Low MPV ini diluncurkan di Senayan,...

Shell Operasikan Kembali 4 SPBU di Jawa Timur

SURABAYA, 17 Januari 2019 – Guna menjawab kebutuhan pelanggan di Jawa Timur, Shell mengoperasikan terminal BBM di Gresik dan secara...