Beranda EDITOR'S PICKS McLaren 720S 2018, King of Asphalt

McLaren 720S 2018, King of Asphalt

McLaren menyematkan 41% part baru pada mesin hingga ke sistem pendinginan

MASIHKAH Anda ingat dengan Zeus, raja para dewa di mitos Yunani kuno? Ya, anak dari Kronos ini merupakan dewa langit dan petir. Ia dinobatkan sebagai raja para dewa karena berhasil membuat Kronos memuntahkan para saudaranya dan memerangi para Titan.

Julukan raja para dewa ini menurut saya cocok untuk McLaren 720S, mobil terbaru dari McLaren yang debut di Geneva Motor Show 2017. Supercar ini memiliki kemampuan yang jauh melimpah dibandingkan generasi sebelumnya, McLaren 650S. Mobil ini dibekali dengan mesin yang mampu memuntahkan tenaga 710 hp dan torsi 770 Nm.

Tenaga tersebut berasal dari mesin M480T berkapasitas 4.0 liter twin turbo yang menggunakan 41% part baru di dalamnya. Hasilnya mobil ini mampu melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam 3 detik saja. Untuk menyentuh angka 200 km/jam pun hanya membutuhkan waktu 5 detik saja. Jika jalanan benar-benar kosong, Anda bisa menggeber mobil ini hingga menyentuh kecepatan 341 km/jam.

Baca Juga:  Ini Dia Mini Pickup Pertama dari Wuling

Performa tersebut tidak hanya ditopang oleh besarnya tenaga mesin, tapi juga dari struktur sasis yang sudah menggunakan material serat karbon. Teknologi ini bukan hanya menjanjikan bobot yang ringan namun juga kekuatan serta kestabilan yang semakin baik.

Tingkat kestabilan bukan hanya ditunjang dari struktur sasis saja, tapi ada dukungan dari beberapa fitur seperti Proactive Chassis Control, suspensi baru serta McLaren power-assisted dan electro-hydraulic steering.

Beralih ke bagian interiornya, McLaren menyajikan perpaduan antara serat karbon dengan material kulit. Di bagian tengah dashboard terdapat layar sentuh berukuran 8 inci dalam posisi portrait dengan bingkai karbon. Material kulit kelas wahid tersemat di seluruh bagian kursi hingga ke bagian dashboard. Selain itu, trim bernuansa karbon dapat dilihat di bagian stir, konsol tengah hingga trim pintu.

Baca Juga:  CX-3 Jadi Favorit Pengunjung Booth Mazda di The 2nd Indonesia Autovaganza

Dari sisi eksterior, lekuk bodinya masih mirip dengan Super Series McLaren lain. Bedanya, lampu depan supercar asal Inggris ini telah telah menggunakan teknologi LED dengan tambahan Daytime Running Light membentang secara horisontal. Ada satu bagian yang hilang pada bagian bodi yaitu airscoop samping yang bertugas memberikan suplai udara ke pendingin. Hal tersebut dilakukan oleh McLaren lantaran 720S sudah menggunakan sistem pendinginan yang lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya.

Spesifikasi McLaren 720S 2018

Layout : Supercar, 2-pintu, 2-penumpang, mesin belakang, RWD
Mesin : V8 Twin turbo 4.0 liter 710 hp @7250 rpm/ 770 Nm @ 5500 rpm
Transmisi : A/T Seamless Shift Gearbox 7-kecepatan
Akselerasi : 0-100 km/jam 3 detik
Wheelbase : 2669 mm
P x L x T : 4544 x 1895 x 1199 mm
Bobot Kosong : 1322 kg
Kapasitas Tangki BBM : 72 liter
Rekomendasi BBM : Ron 98

Baca Juga:  Nissan Terra Mulai 'Kode Keras' Segera Datang ke Indonesia

TITO LISTYADI