Beranda New Cars McLaren 600LT Teruskan Tradisi Longtail dari F1 GTR LM

McLaren 600LT Teruskan Tradisi Longtail dari F1 GTR LM

WOKING, 21 Juli 2018 – Kelahiran McLaren 600LT menjadi milestone baru bagi McLaren Automotive dengan untuk pertama kalinya membuat varian terkencang dari lini Super Series. Mobil ini adalah versi terkencang dari basis 570S, dengan performa yang semakin optimal untuk digeber di sirkuit.

Dengan segala evolusinya, 600LT dibuat untuk unggul di jalan raya dan sirkuit, menandai awal bab baru dari sejarah McLaren ‘Longtail’ (LT) dan membuat persepsi baru mengenai performa super-sportscar. Dari sejarah McLaren, ini adalah model Longtail ke-4 yang pernah diproduksi selama dua dekade terakhir.

McLaren 600LT merupakan bukti nyata dari filosofi McLaren dalam memproduksi super-sportscars dengan bobot yang ringan namun tetap menghasilkan performa yang luar biasa dan sangat menyenangkan untuk dikendarai. Terinspirasi dari McLaren 675LT yang terkenal dan ikon ‘Longtail’ dari pendahulunya McLaren F1 GTR, pendatang baru keluarga LT memiliki semua ciri fisik dari McLaren ‘Longtail’ sejati.

Peningkatan performa yang dilakukan pada 600LT terjadi menyeluruh baik dari mesin, konstruksi chassis, sampai aerodinamika yang membuat kemampuannya semakin tajam dan galak. Mesin V8 3.8 liter twin-turbo dirombak hingga menghasilkan tenaga 600 hp dan torsi 620 Nm, untuk menyajikan akselerasi 0-100 km/jam dalam 2,9 detik.

Fokus pada performa di atas trek, McLaren memangkas bobot 600LT hingga 100 kg lebih ringan daripada 570S melalui aplikasi material serat karbon pada monocoque chassis yang 25 persen lebih kuat dari alumunium.

Aerodinamika sendiri semakin intens mengadopsi serat karbon melalui front splitteryang lebih panjang, rear diffuser yang diperpanjang, fixed rear wing dan siluet yang memanjang 74mm dibanding 570S Coupé. Hasilnya, 600LT dapat menghasilkan downforce sebesar 100kg pada 250 km/jam yang meningkatkan performa grip dan stabilitas yang lebih baik pada kecepatan tinggi.

McLaren 600LT merupakan model Sports Series yang paling ekstrim yang dapat digunakan di jalanan secara legal dan memiliki aerodinamika yang dioptimalkan, tenaga yang meningkat, pengurangan bobot, dinamika yang berfokus pada trackdan koneksi yang sangat kuat dengan pengemudi merupakan ciri khas dari semua McLaren LT,” kata Mike Flewitt, Chief Executive Officer, McLaren Automotive.

Tujuan dari setiap model McLaren ‘Longtail’ adalah untuk membangun hubungan yang erat antara mobil dengan pengemudinya serta memungkinkan pengendara untuk mengekploitasi kinerja dinamis yang melekat di dalam mobil. Etos yang menjadi landasan dari setiap aspek pengembangan McLaren 600LT semata-mata bertujuan untuk membangun hubungan yang paling murni antara pengemudi dan mobilnya.

Kokpit 600LT menunjukkan pengurangan bobot dan berfokus pada kenyamanan pengemudi. Trim dengan bahan Alcantara tidak hanya digunakan untuk alas pengemudi dan penumpang saja namun digunakan untuk bagian bawah kursi sehingga pengurangan bobot dapat mencapai 5,7kg, dan pada saat yang bersamaan mengekspos keindahan serat karbon dari konstriksi chassis MonoCell II.

Produksi 600LT akan dimulai pada bulan Oktober 2018 dan memakan waktu sekitar 12 bulan, dengan jadwal pembuatan yang bersamaan dengan model Sports dan Super Series yang ada, serta Senna, Senna GTR, dan BP23 yang sudah terjual habis.

https://www.youtube.com/watch?v=KCzFQy0px7M

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar



latest updates

BMW X2 Mengaspal di Indonesia Akhir Bulan ini

JAKARTA, 16 Oktober 2018 – Meski sudah menjelang akhir tahun, BMW Indonesia belum akan berhenti meluncurkan model-model terbarunya di Indonesia....

Rolls-Royce Cullinan, Most Luxurious SUV

DALAM barisan mobil SUV luxury, kendaraan ini mungkin bukan SUV super luxury pertama yang pernah ada. Karena keduluan oleh Urus...

Mitsubishi Pastikan Peluncuran New Triton pada 9 November 2018

TOKYO, 15 Oktober 2018 -- Setelah merilis teaser beberapa waktu lalu, Mitsubishi Motors Corporation kini memastikan peluncuran Mitsubishi New Triton....

Wuling Cortez 1.8L, Unexpected MPV

MENGIKUTI jejak Wuling Confero, kehadiran Wuling Cortez yang menggoda langsung menyengat pasar mobil di Indonesia. Dengan harga mulai dari Rp...

Dinilai Efektif, Aturan Ganjil-Genap Diperpanjang Sampai Akhir Tahun

JAKARTA, 15 Oktober 2018 – Perluasan aturan pembatasan “Ganjil-Genap” yang diterapkan sejak Asian Games 2018 di Jakarta, Agustus lalu, akan...