Beranda EDITOR'S PICKS Maserati Levante, Marveleous Tridente

Maserati Levante, Marveleous Tridente

Maserati Levante sukses menghipnotis penggemar SUV lewat tampilan dan bekal mesin yang dikenal cukup beringas.

PERKEMBANGAN kendaraan di segmen Sport Utility Vehicle memang tak dapat dibendung lagi. Bahkan gelombang ini membuat beberapa pabrikan-pabrikan raksasa rela berinvestasi jutaan dollar demi memproduksi kendaraan segala medan ini. Tak ketinggalan pabrikan Italia, Maserati yang memang dikenal sebagai pencipta kendaraan sportscar dan kini melebarkan sayap di segmen baru baginya, SUV.

Maserati Levante adalah babak baru bagi tridente untuk meramaikan pasar SUV dan bersaing dengan brand lain sekelasnya yang lebih dulu menancapkan benderanya seperti Porsche, Land Rover, Jaguar atau bahkan Lamborghini. Eits, tapi rasanya tidak adil menyandingkannya bersama sang banteng. Seketika saingannya merilis SUV andalannya di Indonesia, Maserati pun sangat cepat merespon dengan memboyong secara resmi Maserati Levante ke tanah air.

Tapi formula yang ditawarkan oleh Maserati Levante memang jauh lebih menarik, bukan sekadar perpaduan apik antara aura sportscar dengan kemampuan SUV. Memang desainnya sangat kental akan kesan sportscar. Garis pada atapnya dibuat melandai serupa Quattroporte dan berakhir pada buritan yang lebar mirip dengan Maserati Ghibli.

Kami tidak melihat Maserati Levante seperti spesies baru pada jajaran kendaraan Maserati, mereka benar-benar mengambil DNA sportscar andalannya pada SUV barunya ini. Bahkan penambahan velg berukuran 20-inci satin-finish alloy wheels ini membuatnya makin apik dan jauh dari kesan aneh.

Tidak berhenti di situ, Maserati Levante punya sajian yang menarik di dalam kabin. Mulai dari tampilan material yang justru sangat lekat pada kesan elegan, seperti penggunaan material kulit alcantara yang membungkus seluruh jok dan doortrimnya, sampai pada penyematan carbon fiber pada konsol tengahnya yang membuat interior Levante juga terlihat sporty. Di samping itu, posisi jok pada pengendara dibuat tetap commanding dan jauh lebih nyaman demi mengakomodasi visibilitas pengendara.

Layaknya sebuah standarisasi pada setiap kendaraan Maserati, Levante pun dibekali dengan jam analog yang bertengger di tengah dashboardnya. Kemudian tersedia pula layanan hiburan yang bersumber dari layar sentuh berukuran 8,4 inci dan menampilkan hampir seluruh informasi kendaraan, sistem navigasi satelit dengan koneksi Bluetooth ke smartphone Anda.

Maserati Levante yang baru saja masuk ke Indonesia ini hanya tersedia dengan pilihan mesin V6 3.0 liter Twin Turbocharged. Mesin tersebut dialirkan ke seluruh roda melalui transmisi otomatis 8-kecepatan serta menghantarkan tenaga maksimal hingga 271 hp dan torsi 500 Nm.

Kabarnya akan ada varian-varian lainnya yang segera menyusul ke Indonesia seperti diesel dengan kubikasi mesin yang sama dengan mesin bensin. Seharusnya dengan paket yang ditawarkan, Maserati Levante mampu bersaing sengit dengan kompetitor sekelasnya di Indonesia.

Spesifikasi Maserati Levante

Layout Kendaraan: SUV, Mesin Depan, 4-pintu, 5-penumpang, AWD
Mesin: V6 3.0-liter Twin-Turbocharged / 348hp @5750 rpm / 500 Nm @4.500-5000 rpm
Transmisi: A/T 8-kecepatan ZF
Wheelbase: 3004 mm
P x L x T: 5003 x 1968 x 1679 mm
Bobot Kosong: 2109 kg
Kapasitas Tangki: 70 liter (estimasi)
Rekomendasi BBM: RON98

ALVANDO NOYA

Kolom Komentar

Last Updates

Avanza dan Xenia Baru Tak Naikkan Harga Bikin Pesaing Ketar-Ketir

JAKARTA, 15 Januari 2019 – Persaingan segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dipastikan bakal semakin panas. Dua model baru yaitu...

SUV Mercedes-Benz Jelajah Yogya dan Semarang di Hungry For Adventure

YOGYAKARTA, 15 Januari 2019 – Mercedes-Benz untuk kesekian kalinya kembali menggelar kegiatan yang menguji ketangguhan jajaran produk SUV-nya, dengan menjelajah...

Daihatsu Xenia Baru Meluncur, Apa Saja Kelebihannya

TANGERANG, 15 Januari 2019 -- Setelah lama ditunggu kehadirannya, akhirnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan Grand New Xenia...

New Toyota Avanza dan New Veloz Resmi Meluncur, Harga Tidak Naik!

JAKARTA, 15 Januari 2019 - PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya secara resmi meluncurkan New Toyota Avanza dan New Veloz...

Izin Turun, Honda Walking Assist Device Siap Dijual di AS

OHIO, 15 Januari 2019 – Meski belum berencana menjual secara umum namun perangkat Honda Walking Assist Device (HWAD) sudah mendapat pre-market notifications dari lembaga...