Home New Cars Lexus CT200h, The Smooth-Operator

Lexus CT200h, The Smooth-Operator

Someone (or something) who accomplishes tasks with efficiency and grace.

SHARE

SALAH satu cara pabrikan mobil untuk memangkas konsumsi bahan bakar mobil buatan mereka tanpa mengorbankan performa adalah dengan memasangkan motor elektrik bersamaan dengan mesin bahan bakar fosil konvensional. Namun tantangannya adalah membuat kedua mesin tersebut dapat bekerja dengan harmonis dan halus.

Harmonis dan halus adalah sesuatu yang bisa dirasakan saat Anda mengendarai Lexus CT200h. Seperti sepasang soulmate, mesin bensin Atkinson cycle berkapasitas 1.8-liter 4 silinder dapat beroperasi dengan halus dan efisien bersama motor elektrik yang ditenagai baterai nickel-metal hydride.

Hasil dari sepasang mesin tersebut adalah tenaga sebesar 80 hp dari motor elektrik dan 98 hp dari mesin bensin, yang tidak bisa dibilang besar. Duet mesin ini ditemani oleh transmisi elektronik CVT. Kombinasi tenaga dan transmisi CT200h hanya mampu melesatkan mobil 1420 kilogram ini dari diam ke kecepatan 100 km/jam dalam waktu  11,9 detik saja. CT200h juga dapat menggapai kecepatan maksimum ‘hanya’ 180 km/jam. Perfoma memang bukan kelebihan CT200h, karena ia diciptakan untuk gaya mengemudi yang anggun dan efisien.

Jika Anda memilih opsi F Sport Package, CT200h akan memiliki bodykit agresif, spoiler belakang, velg alloy 17-inci, suspensi independen pada 4 rodanya dengan setelan sport, dan juga atap berkelir hitam. Memang tidak membuatnya terbang mengalahkan Audi A3, namun CT200h akan lebih rupawan dari teman-teman hybrid lainnya.

Banyak anggapan bahwa CT200h sebagai Prius versi mewah. Apa sebabnya? Motor elektrik serta transmisi CT200h ternyata serupa dengan milik Prius. Dibandingkan dengan Prius, ia seperti kakak yang tidak sepintar Prius namun lebih tampan dan pandai bergaul.

Salah satu keunggulan mobil-mobil hybrid adalah konsumsi bahan bakarnya yang begitu ekonomis. Tujuh belas kilometer dapat ditempuh mobil ini di jalan tol dengan seliter bahan bakar. Sedangkan di dalam kota, CT200h bisa menempuh 18 kilometer dengan satu liter bahan bakar.

Selain efisiensi bahan bakar, CT200h juga memiliki kelebihan khas Lexus yaitu fitur-fitur kabin. Penumpang CT200h akan dimanjakan dengan lapisan kulit hand-made, jok depan dengan pemanas, climate control dual-zone, sistem infotainment Lexus yang dilengkapi layar 6 inci, serta sistem audio buatan Mark Levinson.

Jadi, jangan bawa dia adu cepat dengan hot hatch rekan Anda. Bawa dia untuk beradu kenyamanan dan efisiensi bahan bakar. Sayup-sayup terdengar vokal Sade Adu dari sistem audio CT200h dengan 13 speaker, “…He move in space with minimum waste, and maximum joy. No need to ask, he’s a smooth operator…”.

Spesifikasi Lexus CT200h

Layout kendaraan: Hatchback, 5-pintu, 5 penumpang, FWD, mesin-depan
Mesin: 1.8-liter 4-silinder / 98 hp / 142 Nm; Motor elektrik / 80 hp / 207 Nm
Transmisi: Electronic CVT
Dimensi (PxLxT): 4350 x 1765 x 1455 mm
Wheelbase: 2600 mm
Bobot kosong: 1420 kg
Kapasitas tangki BBM: 45 liter
Rekomendasi BBM: N/A

YOGI WICAKSONO

SHARE

Last Update

Land Rover Velar, Iron Man of England

TONY STARK Stark merupakan tokoh superhero hasil rekayasa Stan Lee. Ia tak memiliki kekuatan supernatural apa pun, kecuali uang yang...

Sukses Juara Le Mans, Toyota Siapkan Mobil Balap Generasi Baru

TOKYO, 19 Juni 2018 - Setelah akhirnya sukses menjadi juara Le Mans 24 Hour untuk pertama kalinya, Toyota langsung mengungkap...

Elon Musk Berencana Melepas Mayoritas Saham Tesla

PALO ALTO, 19 Juni 2018 – Setelah menjadi subyek berita kontroversial karena sepakat untuk tak menerima gaji atau kompensasi dari...

CEO Audi Ditangkap Terkait Kasus Dieselgate

MUENCHEN, 19 Juni 2018 --Investigasi terhadap skandal emisi diesel Volkswagen mencapai puncaknya. Pihak kepolisian menangkap Chief Executive Officer Audi, Rupert...

All-New Suzuki Jimny Pamer Tampang Baru Jelang Peluncuran

HAMAMATSU, 19 Juni 2018 – Tahun 2018 akan menjadi momentum Suzuki untuk meluncurkan generasi terbaru dari Jimny, SUV kecil nan...