Beranda New Cars Komparasi Spesifikasi Wuling SUV Vs Honda CR-V Vs Glory 580

Komparasi Spesifikasi Wuling SUV Vs Honda CR-V Vs Glory 580

JAKARTA, 19 Agustus 2018 – Tampilnya Wuling SUV di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 lalu telah memberikan indikasi Wuling Motors akan bermain di pasar SUV. Wuling mengatakan mobil tersebut akan segera dipasarkan di Tanah Air tahun depan. Penampilan perdananya telah mencuri perhatian banyak pengunjung selama 11 hari GIIAS 2018 digelar.

Mobil berbasis Baojun 530 itu memiliki spesifikasi yang tidak kalah menarik dari produk-produk SUV lain yang kiranya berada di segmen sama. Dengan melihat beberapa aspek dari mobil ini, maka Wuling SUV bisa berhadapan langsung dengan Honda CR-V dan saudara senegaranya DFSK Glory 580. Meski di segmen medium SUV ini juga ada juga Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Isuzu mu-X, dan Nissan Terra.

Wuling SUV, CR-V, dan Glory 580 sama-sama berwujud compact crossover/SUV, dengan kapasitas tujuh penumpang dan mesin berinduksi turbo. Selain itu, tingkat kemewahan dan kelengkapan fitur dari masing-masing mobil menjadikan persaingan antara Wuling SUV, CR-V dan Glory 580 cukup berimbang.

Berikut Carvaganza jabarkan perbandingan spesifikasi antara ketiganya:

Dimensi

Wuling SUV alias Baojun 530 memiliki kombinasi dimensi panjang x lebar x tinggi yaitu 4.655 x 1.835 x 1.760 mm, dengan panjang wheelbase 2.750 mm. Mobil ini berbanding tipis panjangnya dibandingkan dua model lainnya, sementara informasi resmi soal ground clearance tidak tercantum.

CR-V generasi terkini lebih percaya diri dengan pengalaman bertahun-tahun di pasar SUV, mengandalkan dimensi (P x L x T) 4.584 x 1.855 x 1.679 mm, berikut 2.569 mm pada wheelbase. Untuk Glory 580, dimensi yang dimiliki adalah 4.680 x 1.845 x 1.715 mm, dengan wheelbase 2.780 mm.

Powertrain

Masing-masing ketiga pabrikan sama-sama mengandalkan mesin 1.5 liter turbo sebagai varian utamanya, di saat juga menawarkan opsi mesin lain berkapasitas lebih besar. Untuk Wuling SUV, mesinnya memiliki tenaga 148 hp dan bertransmisi 6-speed manual atau 6-speed otomatis dual-clutch (DCT).

Pada mesin CR-V tersimpan tenaga 190 hp dengan torsi 240 Nm, serta transmisi CVT dengan paddle-shift. Sementara Glory 580 memiliki tenaga 150 hp dan torsi 220 Nm, bertransmisi CVT dan manual 6-speed.

Baik Wuling SUV, CR-V dan Glory 580, kompak mengadopsi sistem penggerak roda depan.

Honda CR-V

Eksterior

Desain eksterior Wuling SUV telah mengikuti tren terbaru di industri otomotif saat ini, dengan menggunakan lampu utama yang posisinya lebih rendah di bagian bumper, sementara bagian atasnya menjadi tempat positioning lamp dengan LED DRL. Dari display yang ada, tampak lampu utama sudah menggunakan teknologi proyektor, namun belum diketahui apakah menggunakan LED atau masih halogen.

Fascia depan Wuling SUV memadukan ornamen berwarna chrome dengan sentuhan warna hitam pada bagian grille dan sekeliling lampu utama. Sementara bagian belakang menampilkan desain lampu yang tajam dan memanjang, diikuti duabuah knalpot tertanam di bumper belakang berwarna hitam.

Untuk CR-V, desainnya sangat khas dengan bahasa desain Solid Wing Face milik Honda, yang seolah menyatukan grille dengan lampu utama. Meski di varian tertinggi tidak memiliki lampu proyektor, CR-V sudah menggunakan lampu utama Full LED, termasuk pada fog lamp.

Desain buritan CR-V paling atraktif berbeda jika di antara Wuling SUV dan Glory 580, dengan desain lampu belakang berbentuk L . Selain terdapat lis chrome di antara kedua lampu belakang, bumper belakangnya beraksen dual tone dengan warna hitam dan abu-abu.

Sementara Glory 580 jika dilihat sepintas memiliki elemen desain mirip beberapa SUV seperti Volkswagen Tiguan Mk.I, Hyundai Santa Fe generasi ketiga dan Nissan X-Trail generasi ketiga. Lampu utama dihiasi dengan garis LED DRL, namun meski sudah menggunakan proyektor masih mengandalkan sumber pencahayaan halogen.

Bagian belakang menampilkan lampu Glory 580 yang mirip dengan desain lampu belakang Audi Q5, dihiasi lis chrome di antaranya. Bumper warna hitam dilengkapi dengan fog lamp belakang yang menambah visibiltas saat lampu belakang ikut terangkat saat pintu bagasi dibuka.

DFSK Glory 580

Interior

Ruang kabin masing-masing SUV 7-seater ini sama-sama menonjolkan kemewahannya tersendiri. Wulign SUV sudah mendapatkan balutan bahan kulit di seluruh joknya, termasuk pada soft touch panel di dashboard serta trim pintu dan konsol tengahnya dengan sentuhan two-tone.

Bagian tengah dashboardnya sudah menggunakan infotainment layar sentuh berukuran besar, yang menurut informasi dimesinya 8 inci. Di dekat tuas transmisi terdapat tombol untuk rem parkir dan auto brake hold.

Yang unik dari kabin Wuling SUV adalah munculnya tombol-tombol seperti di mobil balap atau pesawat pada dashboard, yang menemani pengatur AC digital.

Sedangkan CR-V dengan ‘seragam’ desain dashboard, dihiasi sentuhan panel kayu yang menambah kesan mewah. Bagian tengah dashboard terpasang layar sentuh 9 inci untuk varian tertinggi, berikut tombol dan display digital pengatur AC dual zone auto.

Selain panel kayu yang terpasang pada konsol tengah juga, kabin CR-V mengandalkan balutan bahan kulit untuk setir dan seluruh joknya dengan warna hitam. Tidak ketinggalan tombol rem parkir elektrik dan auto brake hold.

DFSK tidak mau kalah dengan Glory 580 yang juga dibalut kulit pada seluruh jok, trim pintu dan dashboard dengan panel soft touch. Ada panel dengan motif seperti serat karbon pada dashboard dan trim pintu yang menambah kesan sporty dari Glory 580.

Varian termahal dari DFSK memiliki infotainment dengan layar sentuh 10 inci, berikut paduan tombol dan layar digital untuk pengaturan AC. Seperti dua rivalnya, Glory 580 juga telah memiliki rem parkir elektrik, namun tanpa auto brake hold.

Fitur

Seperti tradisi masuknya mobil pabrikan China setahun belakangan ini, Wuling SUV pun ikut dibanjiri fitur pendukung sebagai nilai tambahnya. Sebut saja remote keyless entry, start-stop button, Rear Parking Camera, TPMS, Dual SRS Airbag (Front, Side, Curtain), TCS (Traction Control System).

Untuk kenyamana dan keselamatan pun hadir fitur cruise control, electric sunroof dan panoramic roof, ABS, EBD, BA dan ESC sebagai standard.

CR-V tidak mau kalah dengan menyediakan ABS, EBD, BA, VSA (Vehicle Stability Assist), power panoramic roof, serta kamera multi-angle. Kenyamanan pengemudi dan penumpang didukung dengan smart entry system, power tailgate, modul Nanoe pada AC.

Sementara Glory 580 mengandalkan fitur yang kurang lebih sama seperti Wuling SUV dan CR-V, namun dengan kelebihan seperti head lamp height adjuster, serta vehicle running recorder yang tidak dimiliki mobil-mobil lain di pasar Indonesia.

Harga

Karena belum diluncurkan dan dijual, maka belum ada harga untuk Wuling SUV saat ini. Tapi jika melihat di China, Baojun 530 dipasarkan dengan kisaran harga setara Rp 166,8 jutaan sampai Rp 253,7 jutaan.

Sementara CR-V saat ini bisa dibeli dengan banderol (OTR Jabodetabek) Rp 439 juta sampai Rp 513 juta. Banderol lebih terjangkau dimiliki oleh Glory 580 yakni Rp 245,9 juta sampai Rp 308 juta.

Wuling SUV tentunya menarik untuk dinantikan kehadirannya ke pasar SUV di Indonesia, yang akan memberikan pilihan baru bagi konsumen. Bukan tidak mungkin mobil ini sudah bisa dimiliki pada tahun depan.

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar



latest updates

Datsun Go+ Community Indonesia Nikmati Gunung Bromo

JAKARTA, 20 November 2018 – Komunitas Datsun Go+ Community Indonesia (DGCI) menikmati kemegahan Gunung Bromo, Jawa Timur, berserta lautan pasirnya...

Carlos Ghosn, Orang Besar Yang Terancam Runtuh

TOKYO, 20 November 2018 – Carlos Ghosn, bukan nama baru di dunia otomotif. Dialah orang yang sukses membangun aliansi pabrikan...

Komunitas BMW E36ID Semangat ke Bimmerfest Meski Mobil Rusak

JAKARTA, 20 November 2018 -- Gelaran kumpul akbar para pecinta BMW di ajang Indonesia Bimmerfest 2018 di Semarang, Jawa Tengah,...

Lamborghini SC18, Pesanan Spesial Divisi Balap

SAN’TAGATA, 20 November 2018 – Sebuah model eksklusif kini hadir dari Lamborghini yang dirancang oleh divisi balap, menggunakan basis Lamborghini...

Kasus Ghosn Bikin Gempar, Saham Renault dan Nissan Terjun Bebas

TOKYO, 20 November 2018 – Penangkapan Chairman Nissan, Carlos Ghosn, oleh pihak berwajib Jepang membuat dampak besar. Saham Renault tempat...