Beranda EDITOR'S PICKS Kia Stinger 2018, Different Animal

Kia Stinger 2018, Different Animal

Berstatus sebagai mobil spesial, Kia memperlakukan Stinger berbeda dengan produk lainnya.

ALKISAH Kia Stinger, produk baru dari Kia Motors. Setelah berhasil mencuri perhatian saat versi konsep muncul pertama kali pada Frankfurt Motor Show 2011, akhirnya versi produksi diperkenalkan pada North American International Auto Show 2017. Setelah jeda cukup lama, 6 tahun.

Stinger merupakan produk spesial bagi Kia. Kenapa? “Karena tidak ada yang menyangka Stinger akan sehebat ini. Tidak hanya desainnya saja, tapi juga pengendaraannya. Stinger merupakan spesies yang berbeda dari produk Kia lainnya,” ungkap Albert Biermann, Executive VP of Vehicle Testing and High Performance Development Kia Motors.

Bentuk siluet fastback serta dimensi Stinger yang lebih panjang dan lebar dibandingkan BMW 4 Gran Coupe diklaim Kia mampu menampilkan kesan elegan dan atletis. Empat buah knalpot membuat bagian belakang  Stinger makin tampak keren. Emblem “KIA” di bagasi, seolah mengingatkan kita bahwa ia bukanlah mobil sport buatan Italia. Ya, ini buatan pabrikan yang memproduksi Picanto.

Kia membekali Stinger dengan dua pilihan mesin agar ia berbeda dengan kompetitornya. Pilihan mesin terbesar yang ditawarkan Stinger adalah V6 berkapasitas 3.3 liter twin-turbo yang sanggup memproduksi 365 tenaga kuda.

Kia memilih transmisi 8-percepatan buatan ZF untuk Stinger, transmisi yang juga digunakan oleh BMW, Audi dan Bentley. Namun, Biermann mengklaim bahwa transmisi ZF pada Stinger memiliki perpindahan gigi yang lebih baik dari mobil lainnya.

Pada Stinger, untuk pertama kalinya Kia akan mengaplikasikan Adaptive Damping System serta limited-slip differential mekanis. Pabrikan Korea ini juga melengkapinya dengan fitur sistem Drive Mode Select, sehingga pengemudi dapat menyesuaikan setelan mobil dengan kondisi jalan dan gaya mengemudi.

Pada tahap pengembangan Stinger,  Kia memutuskan untuk melakukannya di Nurburgring, Jerman.  Hal ini merupakan pertama kalinya Kia melakukan pengembangan produknya disini. Setelah selesai di Nurburgring, Kia melanjutkan proses pengembangan performa Stinger di sebuah area pengujian musim dingin di Swedia.

Ketika versi konsep diperkenalkan, Peter Schreyer, Chief Design Officer Kia Motors mengatakan, “Mungkin sekarang mobil ini hanya impian. Namun, kadang impian dapat menjadi kenyataan.” Dan inilah wujud impian Kia Motors setelah enam tahun: Stingers.

Spesifikasi Kia Stinger

Layout kendaraan: Sedan, 4-pintu, 5 penumpang, RWD/AWD
Mesin: 2.0L Turbo Charged I4 Theta II /255 hp /352 Nm; 3.3L Twin Turbo V6 Lambda II /365 hp/509 Nm
Transmisi: A/T 8-kecepatan ZF
Dimensi (PxLxT): 4831 x 1869 x 1399 mm
Wheelbase: 2905 mm
Bobot kosong: 1723 kg (estimasi)
Kapasitas tangki BBM:
Rekomendasi BBM:

YOGI WICAKSONO

Kolom Komentar

Last Updates

Toyota Indonesia Dukung Vokasi Industri Perkuat Fondasi Kompetensi SDM

MAKASSAR, 17 Januari 2019 – Toyota Indonesia ikut berperan dalam langkah Kementerian Perindustrian menyambut era Industry 4.0, dengan meningkatkan kompetensi...

Jaga Kualitas Layanan, Mitsubishi Motors Gelar Kompetisi SDM Diler

JAKARTA, 17 Januari 2019 – Berbagai langkah dilakukan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus terus meningkatkan kualitas layanan...

Ini Jurus Jitu Mitsubishi Xpander Hadang Toyota New Avanza

JAKARTA, 17 Januari 2018 – Untuk menghadapi persaingan di pasar kendaraan Low MPV yang semakin ketat, Mitsubishi Xpander sudah dari...

VIDEO: Kejutan Toyota Avanza Veloz Setelah 15 Tahun

JAKARTA, 17 Januari- PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya secara resmi meluncurkan Toyota New Avanza dan New Veloz terbaru. Low MPV ini diluncurkan di Senayan,...

Shell Operasikan Kembali 4 SPBU di Jawa Timur

SURABAYA, 17 Januari 2019 – Guna menjawab kebutuhan pelanggan di Jawa Timur, Shell mengoperasikan terminal BBM di Gresik dan secara...