Beranda New Cars Isuzu New mu-X 2017, Tetap Pertahankan Karakter SUV

Isuzu New mu-X 2017, Tetap Pertahankan Karakter SUV

JAKARTA, 3 Agustus 2017 – Pasar sport utility vehicle (SUV) termasuk yang menggiurkan. Meski angkanya tak sebesar multi purpose vehicle (MPV) namun segmen SUV selalu menjanjikan karena terus mengalami pertumbuhan dan peminat tersendiri. Tak salah jika kemudian banyak APM yang bermain di segmen ini.

Di tanah air Toyota hadir dengan Fortuner, Mitsubishi mengandalkan Pajero Sport, belum lagi pabrikan Korea Selatan seperti Hyundai dan Kia, kemudian Nissan, Chevrolet, dan juga brand premium seperti Mercedes-Benz, BMW, Audi, dan Lexus memiliki andalan di segmen SUV. Salah satu pemain di segmen ini adalah Isuzu dengan mu-X.

Isuzu mu-X pertama kali dluncurkan pada 18 Agustus 2014. Meski terbilang muda, di hampir tiga tahun ini, Isuzu mu-X mendapat respons sangat positif dari masyarakat. Dengan mengusung konsep Makes U eXciting, Isuzu New mu-X didesain dengan konsep yang difokuskan pada ketangguhannya dan dibalut dengan kelengkapan fitur dan style yang sporty, merefleksikan rasa eXciting dari pemakainya.

Menjelang pelaksanaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, PT Isuzu Astra Motor Indonesia dan Astra Isuzu mempersembahkan Isuzu New mu-X dengan berbagai penyegaran (refreshment). Peluncuran resminya akan dilangsungkan di hari pembukaan GIIAS 2017 pada 10 Agustus mendatang.

Kehadiran model yang lebih segar ini memberikan keyakinan bagi Isuzu. Alasannya? “Hingga saat ini kami yang masih bertahan dengan The Real Family Adventure SUV,” kata Joen Boediputra, Direktur LCF PT IAMI dan Chief Operation Officer PT Astra International Tbk – Isuzu. “Sebagian besar mereka yang bermain SUV sudah bergeser ke on-road used, sementara mu-X masih tetap dengan tampilan dan kemampuan off-road used.”

Ada tiga varian New mu-X 2017 yang ditawatkan. Dua varian di antaranya menggunakan penggerak 4×2 yaitu New mu-X Pramiere dan tipe yang lebih tinggi New mu-X Royale. Perbedaan keduanya terdapat pada tampilan eksterior dan beberapa fitur di bagian interior. Selain itu ada satu varian dengan penggerak 4×4 New mu-X 4×4 namun hanya ditawarkan dalam transmisi manual.

Lalu apa yang baru? Isuzu meracik beberapa bagian mu-X sehingga tampil baru. Beberapa bagian yang mendapat sentuhan desain baru antara lain New Design front facia and bumper, New Design Fog Lamps, Pedestrian impact friendly front facia design, New design Rear Combination Bumper, New design Rear Spoiler, dan Rear Emblem. Ada juga fitur Electric Tailgate dan Front Corner Sensor khusus untuk tipe Royale.

Upgrade juga dilakukan di bagian pencahayaan. Isuzu mu-X kini menggunakan LED bi-function projector headlamps, Automatic headlamp beam level adjustment, LED Daytime Running Lamps, dan New style Rear Combination Lamps with LED Position Lamps.

Tampilan New mu-X 2017 juga dilengkapi dengan ukuran ban & Velg baru. Velg dan ban ini juga bisa untuk membedakan tipe Royale dan Premiere. Tipe Premiere menggunakan velg Alloy Wheels berukuran 18 inci. Sedangkan Royale sedikit lebih besar yaitu 20 inci.

Perubahan juga dilakukan di bagian kabin. Highlight pada interior adalah penggunaan material baru yang membuat kabin 19 persen lebih senyap dibandingkan generasi sebelumnya. Ada fitur-fitur lain seperti Centre Cluster Graphics, Door Insert – Barleycorn Guilloche Silver Décor, Chrome Highlight – Dash air Vent & Park Brake Release Knob, High Gloss Piano Black Inserts, Soft Pad Surfaces, Quilted inserts for Anthracite Leather Seat Trim With Double Row Stitching, 2 Additional USB Port, dan LED Interior Illuminescemt. Khusus untuk tipe Royale ada tambahan Roof Monitor.

Untuk mesin, Isuzu masih belum melakukan perubahan signifikan. Sebelumnya sempat beredar kabar Isuzu akan memasok mu-X dengan mesin 1.9L Blue Core seperti yang digunakan Isuzu mu-X untuk pasar Thailand namun ternyata tak terbukti.

Saat ini, Isuzu New mu-X 2017 masih mengandalkan mesin Turbo Diesel Isuzu 4JK1-TC, 2.5L berteknologi Direct Fuel Common Rail bertekanan tinggi. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 136 ps dan torsi 32,6 Kgm. Selain itu mesin ini didukung system Turbocharge Intercooled VGS (Variable Geometry System). Dua mu-X dengan penggerak 4×2 menggunakan transmisi 5 speed AT Triptonic with Adaptive Gradient Logic Control.

“Inilah yang membuat performa Isuzu New mu-X 2017 dapat lebih diandalkan untuk menunjang aktivitas para pemakainya sehingga apapun kegiatan Anda, kemanapun Anda mengendarainya,” kata Joen.

Bagian lain yang juga menjadi andalan Isuzu mu-X adalah fitur keselamatan. Beragam fitur keselamatan disematkan Isuzu pada New mu-X. Fitur baru adalah Hill Descent Control yang melengkapi fitur-fitur lain seperti Hill Start Assist, Electronic Stability Control, Brake Assist, Electric Brake Force Distribution, dan Traction Control System.

Ada warna baru yaitu Havana Brown Metallic, melengkapi beberapa warna yang ada seperti Cosmic Black, Obsidian Gray Mica, Splash White, dan Titanium Silver Metallic. Sayangnya, Isuzu belum mau mengungkapkan soal harga ketiga Isuzu mu-X baru ini. Rencananya Isuzu baru akan mengumumkan harga resmi saat diperkenalkan pada publik di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, 10-20 Agustus mendatang.

Kita tunggu saja….

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

Rayakan 20 Tahun, Shop&Drive Beri Promo Menarik

JAKARTA, 15 November 2018 – Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-20 tahun, Shop&Drive menawarkan berbagai promo menarik yang dapat...

Test Drive Mini Cooper 3-Door: Bikin Syuur

JAKARTA, 15 November 2018 – Kalau bicara soal MINI, kita bicara soal kenikmatan handling. Dan jangan lupa menulis MINI sekarang...

Intersport World Stage 2018, Siap Adu Drifter Nasional dan Internasional

JAKARTA, 15 November 2018 – Para penggemar drift akhir pekan ini akan disajikan satu event menarik yaitu Intersport World Stage...

VIDEO: Test Drive Ferrari Portofino Sama Pembalap Drag

JAKARTA, 15 November 2018 - Ferrari Portofino akhirnya hadir di Indonesia melalui Ferrari Jakarta. Mobil bermesin V8 generasi pengganti California T...

Bodykit Toyota FT 86 Buatan Lokal Bakal Diluncurkan di IMX 2018

JAKARTA, 15 November 2018 - Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 akan dihelat dua hari lagi. Pameran modifikasi bertaraf international ini...