Beranda New Cars Intip Spesifikasi dan Fitur All New Suzuki Ertiga

Intip Spesifikasi dan Fitur All New Suzuki Ertiga

Dengan banderol kurang dari Rp 250 juta, cukup banyak yang bisa ditawarkan oleh Suzuki melalui All New Ertiga, termasuk dengan bertambahnya fitur dan teknologi.

JAKARTA, 20 April 2018 – All New Suzuki Ertiga telah resmi diperkenalkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, sebagai generasi baru dari Low MPV andalan Suzuki tersebut. Peningkatan pesat ditampilkan oleh Ertiga terbaru dibandingkan model sebelumnya.

Menurut sales di booth pameran Suzuki di IIMS 2018, All New Ertiga dipasarkan dengan harga mulai Rp 200 juta sampai Rp 241 juta, dengan klasifikasi varian mulai dari GA, GL MT, GL AT, GX MT, dan GX AT. Selain semakin berkelas, All New Ertiga juga bertambah dimensinya menjadi lebih panjang dan lebar.

Dengan banderol kurang dari Rp 250 juta, cukup banyak yang bisa ditawarkan oleh Suzuki melalui All New Ertiga, termasuk dengan bertambahnya fitur dan teknologi. Berikut Carvaganza jabarkan spesifikasi dari All New Ertiga.

Eksterior

Ubahan drastis terjadi pada eksterior All New Ertiga, yang didesain untuk memancarkan kesan mewah dan elegan dibandingkan pendahulunya yang beredar sejak tahun 2012. Fascia depan menampilkan chrome grille dengan kisi-kisi horizontal, diikuti oleh lampu utama dengan jenis projector.

Desain baru spion samping telah disertai lampu sein dan fitur electic folding. Sementara velg 15 inci terpasang dengan desain palang lebih elegan.

Fascia belakang menampilkan desain LED Combination Lamps berbentuk L, mirip seperti tren yang dianut oleh Honda CR-V terbaru dan Mitsubishi Xpander untuk membantu tingkatkan visibilitas. Selain high mount stop lamp, kesan elegan ditunjukkan oleh permainan garis pada bagian bawah bumper belakang, yang disertai rear fog lamp.

Mesin & Transmisi

Suzuki mengandalkan mesin 1.500cc DOHC VVT berkode K15B untuk All New Ertiga, yang diklaim lebih bertenaga dan irit bahan bakar. Mesin ini bahkan diklaim telah memenuhi standarisasi Euro4.

Tenaga 103 hp dan torsi 138 Nm bisa dinikmati via opsi transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed dengan fungsi O/D atau overdrive. Mesin sendiri memiliki rasio kompresi 10,5:1.

Interior

Bertambahnya dimensi panjang dan lebar dari All New Ertiga ditujukan menambah kelegaan dan kenyamanan ruang kabin bagi penumpang yang mampu dimuat sebanyak 7 orang. Desain interior mengalami ubahan cukup signifikan, khususnya pada kabin depan.

Saat masuk ke kabin, pengemudi akan disapa oleh lingkar setir berdesain lebih mewah, yang mendapat aksen panel kayu di bagian paruh bawahnya. Setir selain tetap dilengkapi tombol kontrol audio, kini dilengkapi tombol Bluetooth handsfree untuk ponsel.

Desain baru panel instrumen diiukti oleh terpasangnya Engine Start Stop Button, sementara pusat kontrol AC masih menggunakan tombol model putar. Konsol tengah telah dilengkapi slot USB dan AUX, juga power outlet 12 Volt.

Kemewahan interior ditunjukkan desain dashboard yang menampilkan aksen tampilan ala panel kayu, dengan kombinasi tiga warna yakni beige, hitam dan panel kayu, diikuti layar sentuh 6,8 inci. Warna beige dan coklat seperti kayu juga hadir pada pelapis jok dengan bahan fabric.

Fitur unik pada All New Ertiga adalah hadirnya Ventilated Cup Holder yang bisa mendinginkan minuman saat disimpan di cup holder depan. Penumpang di baris kedua bisa tetap menikmati gadget dan smartphone kesayangannya saat perjalanan panjang, dengan tersedianya power outlet.

Fitur dan Teknologi

All New Ertiga kini dilengkapi dengan lebih banyak fitur pendukung untuk pengemudi khususnya. Selain Anti-Lock Brake System, Electronic Brake-Force Distribution (EBD), kini pengemudi bisa menikmati Electronic Stability Control (ESC) yang bisa diaktifkan secara manual melalui tombol.

Kemudahan mengakses All New Ertiga kini disertai Keyless Entry dengan Immobilizer, sedangkan saat parkir semakin mudah dengan sensor parkir sebanyak dua titik di bumper belakang.

Fitur keselamatan masih mengandalkan dua buah SRS Airbag di bagian depan. Hill Hold Control membantu menahan mobil tidak meluncur mundur setelah berhenti di tengah tanjakan.

WAHYU HARIANTONO