Beranda New Cars Ini Perbedaan Toyota New Alphard dan New Vellfire

Ini Perbedaan Toyota New Alphard dan New Vellfire

JAKARTA, 20 Maret 2018 – PT Toyota Astra Motor (TAM) awal bulan ini melansir dua Luxury multi purpose vehicle (MPV) mereka yaitu New Alphard dan New Vellfire. Sebagai duo yang mendominasi segmen mobil keluarga mewah ini, keduanya mendapat beberapa perubahan baik dari sisi eksterior maupun interior.

Hal ini tentunya dilakukan agar Alphard dan Vellfire selalu up to date dan tidak ketinggalan jaman. Berbagai perubahan yang dilakukan memang membuat harga keduanya melonjak lumayan, sekitar Rp 20,5 juta sampai Rp 50,3 juta, dari harga sebelumnya.

Toh harga cukup layak mengingat banyaknya perubahan yang dilakukan Toyota. Apalagi perubahan bertujuan untuk mempertahankan posisi sebagai penguasa segmen MPV mewah. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) pada 2017 lalu keduanya terjual sebanyak 4.126 unit atau dengan pangsa pasar 91,9%.

Dilihat sepintas keduanya memiliki kemiripan, meski harus jeli untuk melihat perbedaan keduanya. Nah, apa perbedaan Alphard dengan Vellfire?

Perbedaan Eksterior

Toyota mengatakan keduanya mengusung karakter yang berbeda. New Alphard didesain sebagai kendaraan luxury MPV dengan nuansa lebih dynamic formal, sedangkan New Vellfire menampilkan nuansa cool, modern, dan hightech.

Perubahan di bagian wajah dilakukan pada headlamphood moulding, bumper, grille serta foglamp bezel. Perbedaanya, Alphard memiliki grille yang lebih besar dengan aksen krom dan bilah vertikal. Grille seolah membelah bagian depan hingga ke bawah. Sementara Vellfire menggunakan grille dengan ornamen horizontal. Logo yang digunakan keduanya, tepat di tengah grille, juga berbeda. Alphard menggunakan logo khusus sedangkan Vellfire menggunakan lambang Toyota biasa.

Beralih ke bagian lampu utama atau headlights juga berbeda. Alphard memiliki desain tunggal sementara Vellfire seperti terdiri dari dua bagian dengan bagian bawah menyesuaikan diri dengan alur grille. Perbedaan lain pada desain rumah lampu kabut.

Jika dilihat di bagian samping tak terlalu banyak perbedaan. Bahkan desain velg yang digunakan sama persis. Bahasa desain di bagian buritan juga hampir mirip. Hanya berbeda di emblem Alphard dan Vellfire yang ditempatkan di bagian kiri pintu belakang. Bagian belakang juga sama-sama menggunakan logo Toyota.

Perbedaan Interior

Interior Alphard dan Vellfire sangat mirip, mulai dari tata letak hingga penggunaan kursi captain seat. Perbedaan bisa dilihat dari aksen ornamen panel kayu. Toyota Untuk varian 2.5 X, 2.5 G, dan Hybrid, ornamennya di dominasi warna metal brown wood, sedangkan untuk interior New Alphard varian 3.5 Q di dominasi warna hitam dilengkapi dengan aksen brown olive ash brull woodgrain. Pada varian 2.5 G Vellfire, ornamennya menggunakan metal wood dengan dominasi warna hitam.

Di bagian dashboard ada sedikit perbedaan. Alphard memiliki instrumen pengaturan audio di bawah layar sistem multimedia. Pada Vellfire, pengaturan audio sistem multimedia dioperasikan secara touch screen atau lewat tombol pengaturan di lingkar kemudi.

Alphard dan Vellfire baru mendapat itur Digital Rear View Mirror yang melengkapi kamera parkir yang sudah ada sebelumnya dengan tambahan angle pengelihatan pada saat parkir.

Khusus untuk varian 2.5 G, 3.5 Q, 2.5 G Vellfire, dan Hybrid mendapat fitur tambahan berupa Blind Spot Monitor yang berfungsi untuk semakin mempermudah pengemudi dengan menambah luas pandangan khususnya di bagian blind spot. Khusus pada varian 3.5 Q, kini menggunakan teknologi auto idling terbaru untuk mendukung kinerja konsumsi bahan bakar.

Perbedaan Mesin dan Transmisi

Bagian ini cukup berbeda antara Alphard dan Vellfire. Alphard memilki tiga tipe, yaitu 2,5 G AT, 2,5 X AT dan 3,5 Q AT. Alphard tipe G dan X memakai mesin in-line, 4-cylinder, 16-valve, DOHC, Dual VVT-i dengan kapasitas 2.494cc. Mesin ini memiliki tenaga 180 ps dan torsi 23.9 kgm yang dipadukan dengan transmisi CVT (Continuous Variable Transmission).

Tipe tertinggi 3.5 Q A/T mendapat mesin V Type, 6-cylinder, 24 valve, DOHC, Vhain Drive with Dual VVT-i dengan kapasitas 3.456cc. Mesin ini bertenaga 275 ps dan torsi puncak 34.7 kgm. Transmisi menggunakan otomatis 6-speed Sequential.

Sedangkan Vellfire hanya ditawarkan dalam satu tipe saja, 2.5 G AT. Mobil ini memakai mesin dan transmisi yang sama dengan Alphard G dan X.

Perbedaan Harga

Terakhir, tentu saja perbedaan harga. Alphard 3.5 Q A/T menjadi yang termahal dengan harga Rp 1.773.400.000. Kemudian Alphard 2,5 X A/T dijual Rp 925.200.000 dan  Alphard 2.5 G A/T yang dibanderol Rp 1.079.600.000. Adapun Vellfire 2.5 G A/T dijual Rp 1.077.600.000.

Oh ya, untuk memberikan pilihan yang lebih luas kepada pelanggan, New Alphard dan New Vellfire menawarkan warna baru, yaitu Steel Blonde Metallic dan Graphite Metallic menggantikan warna pada model sebelumnya.

RAJU FEBRIAN

Last Update

Oli Resmi Toyota Raih Penghargaan Desain

JAKARTA, 18 Juli 2018 – Desain grafis dan kemasan TMO Engine Oil, yang merupakan salah satu dari Toyota Genuine Parts, berhasil...

BOSCH Indonesia Kenalkan Klakson Keong Berbahan Anti Pecah

JAKARTA, 18 Juli 2018 -- BOSCH Indonesia menghadirkan klakson baru khusus roda empat tapi juga bisa digunakan oleh sepeda motor....

Kia Grand Sedona Diesel Mengaspal di Indonesia, Tidak Sampai Rp 600 Juta

JAKARTA, 18 Juli 2018 - Dua tahun setelah meluncurkan Kia Grand Sedona ke pasar Indonesia, kini giliran PT Kia Morning...

Harga Mitsubishi Xpander dan Pajero Naik Lagi Mulai Agustus

JAKARTA, 18 Juli 2018 -- Mitsubishi bersiap menaikkan harga jual MPV Mitsubishi Xpander dan SUV Pajero Sport mulai 1 Agustus...

‘Supercar’ Terbang Ini Solusi Aston Martin Kurangi Kemacetan

GAYDON, 18 Juli 2018 – Sukses mengukuhkan namanya sebagai pabrikan mobil kencang dan mewah, Aston Martin tampaknya sedang melihat peluang...