Beranda New Cars Ini Perbandingan Spesifikasi Toyota C-HR Vs Honda HR-V Vs Mazda CX-3?

Ini Perbandingan Spesifikasi Toyota C-HR Vs Honda HR-V Vs Mazda CX-3?

JAKARTA, 10 April 2018 – PT Toyota Astra Motor (TAM) hari ini, Selasa (10/4/2018) resmi meluncurkan Toyota All New C-HR di Indonesia. Crossover baru yang akan menjadi lawan bagi Honda HR-V dan Mazda CX-3. Lantas apa saja keunggulan Toyota C-HR yang dijual mulai Rp 488,5 juta (single tone) dan Rp 490 juta (dual tone) ini?

Bansar Maduma, Product General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan Toyota C-HR merupakan perpaduan antara coupe dan SUV. “Hal ini membuat All New Toyota C-HR tampil dalam desain dan karakter yang jauh berbeda, melintasi stereotype produk yang ada saat ini,” kata dia saat presentasi.

Toyota C-HR diperkenalkan pertama kali di pameran otomotif Paris Motor Show 2014. Setelah itu crossover ini sempat dihadirkan Toyota di Indonesia tepatnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Baca Juga:  CX-3 Jadi Favorit Pengunjung Booth Mazda di The 2nd Indonesia Autovaganza

Dari sisi desain eksterior, Toyota C-HR memiliki kemiripan dengan rivalnya seperti Honda HR-V dan Mazda CX-3. Namun HR-V nampak lebih mewah karena ia menggunakan panoramic sunroof. Toyota C-HR mengakalinya dengan atap yang dikelir hitam.

Perbedaan Eksterior

Bagian kabin, ketiga-tiganya memiliki kekhasan masing-masing. Baik Toyota C-HR, Honda HR-V dan Mazda CX-3 mengusung bahasa desain sendiri.

Untuk jantung pacunya Toyota C-HR menggunakan mesin 2NR-FBE berkapasitas 1.8L dengan tenaga 139 hp dan torsi maksimum 175 Nm. Performa mesin Toyota C-HR ini lebih besar dibandingkan Honda HR-V yang memiliki tenaga 137 hp dan torsi 169 Nm. Hanya saja, sebagai catatan, Honda HR-V punya tawaran mesin 1.5L sehingga bagi yang ingin memiliki mobil crossover dan irit bahan bakar bisa menolehnya.

Baca Juga:  Honda BR-V Keluar Model Baru, Penjualan Tambah Banyak

Keduanya masih kalah jika dibandingkan Mazda CX-3 yang menggunakan mesin SKYACTIVE-G 2.0 berkapasitas 1,998 cc. Karena tenaganya mencapai 146,2 hp dan torsi maksimum 192 Nm. Catatannya, mesin ini menggunakan mesin 2.0 liter.

Perbedaan Mesin

Oh ya di sektor transmisi, Toyota CH-R lebih unggul karena menggunakan CVT 7-kecepatan sedangkan Honda HR-V hanya menggunakan CVT 6-kecepatan dan Mazda CX-3 SKYACTIVE-DRIVE 6-kecepatan.

Nah, sekarang soal harga. Toyota C-HR dijual mulai Rp 488,5 juta (single tone) dan Rp 490 juta (dual tone). Harga ini paling mahal dibandingkan saingannya. Honda HR-V dijual Rp 378,5 juta sedangkan Mazda CX-3 Touring Rp 389 juta dan Mazda CX-3 GT Rp 438,8 juta.

Baca Juga:  Ini Trio Kontributor Utama Penjualan Honda di Semester Pertama 2018

Meski demikian Toyota yakin dengan mobil ini. Toyota memasang target penjualan 140 unit per bulan. “All New C-HR adalah wujud pilar beyond product dan beyond technology dalam semangat Let’s Go Beyond Toyota. Kami optimis mobil ini dapat menjadi icon baru Toyota di pasar otomotif nasional,” kata Vice President Director TAM, Henri Tanoto.

VALDO PRAHARA