Beranda New Cars Ini 11 Perbedaan Mazda3 SPEED dengan Hatchback Biasa

Ini 11 Perbedaan Mazda3 SPEED dengan Hatchback Biasa

JAKARTA, 22 Februari 2017 – Bicara soal Mazda3, hatchback milik Mazda itu sebenarnya sudah memiliki tampilan yang sporty. Garis desain dan leukan tubuhnya mengguratkan otot-otot yang memberikan kesan sporty. PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Selasa (20/2/2018) kemarin, melansir satu model baru, Mazda3 SPEED. Nah, jika Mazda3 hatchback sudah sporty, model yang ini lebih sporty lagi.

Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia mengatakan Mazda3 SPEED menyasar konsumen Indonesia yang berjiwa muda dan dinamis. Mazda3 SPEED menawarkan tampilan yang lebih sporty dengan berbagai aksesoris asli yang dibawa langsung dari Jepang.

“Tambahan aksesoris asli dari MAZDA SPEED di Jepang ini secara visual menjadikan Mazda3 tampil berbeda sekaligus menonjolkan sosok yang sporty dan dinamis sebagai bagian dari bahasa desain KODO-Soul of Motion yang meniadi ciri khas produk-produk Mazda,” kata Roy Arman Arfandy.

Nah, ada 11 bagian yang dipasangi aksesoris yang membuat tampilan Mazda3 SPEED berbeda dengan Mazda3 Hatchback biasa. Di bagian depan ada Front under skirt, Rear under skirt, Side under skirt, Signature illumination, Black door mirror caps, Gunmetal 18″ alloy wheel, Black roof spoiler, Black shark fin antenna, Aluminum sport pedal, LED scuff plate, dan LED interior lights. Gagah kan?

Bagian lainnya tak ada perbedaan. Varian Mazda3 SPEED juga mengusung teknologi SKYACTIV unggulan Mazda, mulai dari mesin SKYACTlV-G 2.0 L. transmisi SKYACTIVDRlVE dan rancanq bangun chassis serta bodi dengan teknologi SKYACTlV-CHASSIS dan SKYACTlV-BODY. Mazda3 SPEED juga telah dilengkapi fitur i-ELOOP untuk meningkatkan efisiensi berkendara serta mengaplikasikan G-Vectoring Control (GVC) untuk mendukung pengendalian lebih baik di tikungan.

Di balik kap mesinnya, Mazda3 SPEED mengusung mesin SKYACTIV-G 2.0 In-line 4 cylinder DOHC 16 valve berkapasitas 1998 cc. Dengan tenaga maksimal 121 kW (165 ps) pada 6,000 rpm dan torsi maksimum 210 Nm (21.4 kgm) pada 4,000. Tenaga ini disalurkan melalui transmisi 6 Speed Automatic with manual shift.

Bagian kabin juga tak ada perbedaan secara umum. Mazda menawarkan sistem konektivitas MZD Connect infotainment system dengan layar sentuh 7 inci yang dapat dihubungkan dengan smartphone melalui Bluetooth. Ada juga fitur Active Driving Display menampilkan informasi penting pengendaraan langsung di hadapan pengemudi sehingga dapat memperkecil resiko berkurangnya fokus saat berkendara.

Soal keselamatan Mazda patut diacungi jempol. Mobil ini telah sudah dipasangi sistem keselamatan i-ACTIVSENSE. Teknologi i-ACTIVSENSE yang diusung Mazda3 antara lain Blind spot monitoring (BSM), Rear cross-traffic alert (RCTA), Adaptive front lighting system (AFS), Smart city brake support Forward (SCBS-F) dan Pedestrian brake.

Mazda3 SPEED tersedia dalam pilihan warna Snowflake White Pearl Mica, Jet Black Mica, Machine Grey Metallic dan Soul Red Crystal Metallic. Jika New Mazda3 Hatchback dijual Rp 416,800,000, Mazda3 SPEED dibanderol sedikit lebih mahal yaitu Rp 442,800,000 (on-the-road Jabodetabek). Ada penambahan harqa Rp 4,000,000 untuk warna special Machine Grey dan Soul Red Crystal Metallic.

RAJU FEBRIAN