Beranda EDITOR'S PICKS Hyundai Santa Fe 2019, Totally Different

Hyundai Santa Fe 2019, Totally Different

SIAPA yang menyangka bahwa SUV Hyundai Santa Fe bakal menjadi SUV Hyundai paling laris di Amerika Serikat dalam sejarah kehadiran brand tersebut selama 32 tahun. Padahal pada saat yang bersamaan dengan dirilisnya Santa Fe di Amerika, keluar Ford Escape dan Pontiac Aztek. Saking larisnya, Hyundai kewalahan untuk menerima pesanan sehingga Santa Fe menjadi best seller Hyundai di AS dan berperan penting bagi keberhasilan pabrikan di Uncle Sam.

Edisi pertama SUV Korea Selatan ini keluar tahun 2000 dan namanya diambil dari nama kota Santa Fe di New Mexico, AS. Kendaraan lima penumpang ini menjadi milestone bagi program restrukturisasi Hyundai pada akhir 1990-an karena begitu disukai oleh konsumen Amrik.

Dan kini, Santa Fe sudah memasuki generasi keempat dengan dilepasnya new Santa Fe ke depan publik pada bulan Februari lalu dan dipublikasikan pula di Geneva Motor Show 2018 bulan Maret kemarin. Kendaraan SUV/Crossover ini dibangun dengan platform yang sama dengan sebelumnya, ground clearancenya tinggi, memiliki interior berorientasi family, sarat dengan teknologi canggih yang praktis dan fungsional serta mempunyai desain eksterior yang berani.

Santa Fe 2019 ini memiliki dua pilihan mesin yakni mesin bensin dan diesel. Namun versi terbaru yang beredar di Indonesia adalah mesin diesel dengan kapasitas tujuh penumpang. Dulu SUV ini hanya memiliki kapasitas lima penumpang.

Hyundai Santa Fe generasi keempat memiliki penampilan yang lebih segar dan mesin yang lebih kuat.

Signature fascia New Hyundai Santa Fe ini terlihat pada desain grille baru dengan LED Daytime Running Light yang terletak di bagian atas headlamp LED. Desain eksteriornya terlihat kokoh dan atletis dengan tampilan berani. Desain yang betul-betul baru ini memperkuat karakter dinamis Santa Fe 2019 dari mulai bagian depan sampai belakang, diperkuat oleh velg berdesain potongan berlian.

Santa Fe generasi keempat ini diperkuat mesin saja yakni diesel turbocharge CRDi 2.2 liter dengan tenaga 200 hp pada 3000 rpm dan torsi maksimal 434 Nm pada 1750 rpm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi otomatis terbaru 8-kecepatan yang menyalurkan tenaganya ke roda depan atau pun AWD.

Transmisi otomatis 8-kecepatan ini memiliki bobot yang lebih enteng dibandingkan transmisi otomatis 6-kecepatan yang dipakai sebelumnya. Padahal transmisi ini ditambahi dengan dua gigi tambahan yang didesain secara in-house oleh pabrikan sendiri namun bobotnya lebih enteng dari versi sebelumnya. Hyundai menyatakan bahwa berkat sistem transmisi yang baru ini, efisiensi bahan bakar dapat ditekan lebih hemat lagi sebesar tiga persen.

Pabrikan juga melakukan penyempurnaan pada sistem HTRAC AWD yang dikembangkan secara istimewa oleh pabrikan sendiri. HTRAC itu adalah singkatan dari, H adalah singkatan dari Hyundai dan TRAC adalah Traction. HTRAC dikembangkan berdasarkan teknologi AWD di mana ia akan membagi torsi secara elektronik dalam ragam mode pengendaraan melalui active torque control yang terletak di antara as roda depan dan belakang. Dengan HTRAC, mobil akan sangat stabil dalam segala kondisi pada saat kendaraan tersebut dikendarai pada mode Normal,Sport atau pun Smart.

Tentunya penampilan yang baik, mesin yang bertenaga dan kenyamanan berkendara tak akan lengkap tanpa kondisi interior. Lantas apa saja penyempurnaan pada bagian kabin? Desain interiornya menggabungkan antara kualitas material premium dengan layout horizontal dan lapang serta memberikan pandangan keluar yang luas. Panel instrumennya memberikan penampakan tiga dimensi sehingga pengemudi dapat melihat dengan jelas dan pada malam hari mudah dikenali karena mengeluarkan sinar temaram yang indah.

Kabinnya juga lebih lapang karena mobil lebih panjang 7,1 cm, wheelbase melar 6,6 cm sehingga legroom depan bertambah lega 7,1 cm. Penambahan panjang dan wheelbase itu juga membuat headroom di baris ketiga terasa lebih lapang karena bentuk roofline menjadi lebih mengotak. Posisi layar sentuh 7 inci yang berisikan informasi tentang audio dapat diubah-ubah kemiringannya agar tidak silau. Pegangan pintu dan tombol pengaturan jendela dimajukan ke depan agar ruang untuk sikut lebih lega dan cup holder di konsol tengah direposisi agar lebih user-friendly . Tinggi dan panjang armrest tengah juga ditinggikan.

Hyundai Santa Fe sarat dengan teknologi canggih di antaranya dengan Android Auto dan Apple CarPlay yang tersedia pada varian tertinggi. Varian terendah mendapatkan layar sentuh 7 inci dilengkapi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Spesifikasi Hyundai Santa Fe 2019

Layout kendaraan: SUV, mesin depan, 4 pintu, 5 & 7 penumpang, FWD & AWD
Mesin: Diesel I-4 turbocharge 16 valve DOHC 2.2L/190hp @3800 rpm/437Nm @1750 – 2500 rpm.
Transmisi: A/T 8-kecepatan
PxLxT: 4770 x 1890 x 1679 mm
Wheelbase: 2766 mm
Bobot kotor: 1.629 kg
Kapasitas tangki BBM: ?
Rekomendasi BBM: RON 98

EKA ZULKARNAIN

Kolom Komentar



latest updates

Sebastien Loeb akan Geber Hyundai di WRC 2019

ALZENAU, 13 Desember 2018 – Peta kekuatan dan persaingan di World Rally Championship (WRC) tahun depan sepertinya akan mengalami perubahan,...

Keduluan Importir, Mercedes Indonesia Luncurkan G-Class Tahun Depan

JAKARTA, 13 Desember 2018 – Beberapa waktu lalu, Mercedes-Benz G-Class generasi terbaru telah meluncur di Indonesia, namun bukan dari pihak...

Kemewahan MPV Mercedes-Benz Sapa Pengunjung Kemang Village

JAKARTA, 13 Desember 2018 – PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menutup tahun 2018 dengan menggelar eksibisi khusus yang didedikasikan untuk...

Pininfarina Battista, Mobil Paling Gahar dan Kencang di Italia

TURIN, 13 Desember 2018 – Automobili Pininfarina tengah menyiapkan satu hypercar listrik. Pabrikan asal Italia itu mengumumkan mobil listrik pertama...

Soal Avanza Baru, Toyota Ogah Tiru Mitsubishi Xpander

JAKARTA, 12 Desember 2018 – Belakangan muncul beredar beberapa gambar foto dan rendering yang diklaim sebagai calon Toyota Avanza terbaru....