Beranda New Cars Genesis G80, Calon Rival Baru E-Class dan Seri 5 di Indonesia

Genesis G80, Calon Rival Baru E-Class dan Seri 5 di Indonesia

JAKARTA, 11 Mei 2018Genesis Motors dipastikan siap mewarnai segmen mobil premium di Indonesia tahun ini, melalui PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI). Di awal kehadirannya, Genesis akan menghadirkan sedan G80 sebagai model andalannya di Indonesia.

G80 akan hadir sebagai salah satu dari total tiga model Genesis untuk pasar Indonesia, selain G70 dan G90. Masuk ke segmen sedan eksekutif, G80 menghadapi para rival yang tidak main-main dari merek-merek premium yang sudah ada lebih dulu di Indonesia.

Menurut klasifikasinya, G80 siap berhadapan dengan sedan Eropa mewah seperti Mercedes-Benz E-Class, BMW Seri 5, Audi A6 dan Jaguar XF. Sementara untuk rival sesama merek premium non-Eropa, G80 menjadi lawan baru untuk Lexus GS.

Secara dimensi, G80 memiliki panjang 4.990mm, lebar 1.890mm, tinggi 1.480mm dan wheelbase 3.010mm. Mobil ini pertama kali meluncur pada ajang North American International Auto Show (NAIAS) 2016, dengan desain dan spesifikasi khas mobil premium Eropa.

Lahirnya G80 sendiri terjadi salah satunya berkat keterampilan hasil desain dari sosok Luc Donckerwolke, Chief Designer Genesis yang sebelumnya pernah bertahun-tahun menjadi pimpinan divisi desain di Volkswagen Group untuk merek seperti Lamborghini, Seat, dan Bentley.

Makanya, tidak heran jika penampilan eksterior G80 terbilang mirip dengan beberapa sedan Eropa yang selama ini telah beredar.

Untuk menghadapi para rival, G80 di Indonesia mengandalkan mesin V6 Lambda 3.8 liter DOHC Dual VVTi dengan tenaga 310 hp dan torsi 397 Nm. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi otomatis 8-speed, yang menggerakkan roda belakang.

HMI berencana meluncurkan Genesis di pertengahan tahun ini, karena itu untuk saat ini belum tersedia detail harga resminya. Namun jika benar-benar berminat, HMI terbuka untuk menerima pesanan dari para konsumen Indonesia.

WAHYU HARIANTONO