Beranda New Cars DFSK Glory 580, The Suprised Package SUV

DFSK Glory 580, The Suprised Package SUV

SUV baru ini memberikan tawaran paket yang mengejutkan

JAKARTA, 31 Agustus 2018“To be a champ, you have to believe yourself when nobody else will.” Kata-kata ini dilontarkan Sugar Ray Robinson, juara dunia tinju kelas welter dan menengah yang berkarir pada tahun 1940-1965. Lho apa hubungannya dengan mobil? Begini. Menjadi pendatang baru bukanlah pekerjaan gampang. Apalagi bertarung di segmen yang tengah naik daun. Itulah yang harus dihadapi DFSK Glory 580.

City SUV keluaran DFSK itu menjadi ‘new kids on the block’ di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) yang menjadi salah satu segmen yang paling berkembang di Indonesia. Peminat mobil-mobil yang identik dengan tampang gagah ini berada di posisi kedua setelah mobil keluarga Multi Purpose Vehicle (MPV) yang masih jadi model mobil terlaris di Indonesia.

Tren SUV yang tengah naik di Indonesia – dan juga global beberapa tahun terakhir — menjadi salah satu alasan DFSK menyorongkan Glory 580 sebagai produk pertama yang ditawarkan di Tanah Air. Meski di markas besarnya sana, di Cina, DFSK juga punya produk MPV atau mobil keluarga di line-up mereka.

“Pasar mobil baru di Indonesia kurang lebih di angka 1 juta unit. Ternyata 17 persennya adalah SUV. MPV memang masih jadi yang paling laris, namun nyatanya, ketika ada mobil LCGC, pasar MPV terganggu, sementara pasar SUV tetap. Jadi ini potensi bagi kita, karena sebenarnya, bermain di segmen SUV saja sudah besar,” kata Ricky Humisar, Head of Product Planning PT Sokonindo Automobile.

Guna menarik perhatian konsumen, DFSK menawarkan Glory 580 dengan dua pilihan mesin bensin yaitu 1.5L dengan turbo dan 1.8L naturally aspirated.

Apa model yang dimiliki Glory 580 untuk bersaing di segmen SUV? Maklum di segmen ini sudah ada nama besar macam Honda CR-V yang jadi lawan langsung DFSK Glory 580. Belum lagi ada Mitsubishi Pajero Sport , Toyota Fortuner, dan Isuzu mu-X yang juga pasarnya juga beririsan.

Lalu apa selling point DFSK Glory 580?

EKSTERIOR DFSK GLORY 580

Bicara eksterior, tampilan Glory 580 tak jauh berbeda dengan SUV compact atau crossover compact lainnya, baik keluaran Jepang, Korea, maupun Eropa. Cakep, gagah, macho, khas SUV.

Glory 580 jika dilihat sepintas memiliki elemen desain mirip beberapa SUV seperti Volkswagen Tiguan Mk.I, Hyundai Santa Fe generasi ketiga dan Nissan X-Trail generasi ketiga. Itu pendapat saya, Anda tentu boleh punya pendapat berbeda.

DFSK menyebut mereka menerapkan gaya desain berbentuk X. Grill besar di bagian depan dilengkapi tiga bilah kisi-kisi horizontal yang sudah dibalur chrome. Di masing-masing ujungnya ada lampu utama model projektor berbentuk ramping. Lampu ini sudah dilengkapi Daytime Running Lights tipe LED. Lampu depan didesain untuk fungsi dekat dan jauh, serta memiliki fungsi pengaturan ketinggian cahaya secara elektrik.

Dari samping, terlihat sebuah garis tegas yang membujur dari bagian depan hingga ke belakang. Velg berukuran 17 inci dengan gaya dual-tone, membuat tampilan DFSK Glory terlihat sangar dari samping.

Berputar ke bagian belakang, DFSK menerapkan desain yang agak berbeda. Jika di bagian depan berbentuk X, di bagian buritan membulat. Sepasang lampu belakang seolah disatukan dengan sebuah panel berlapis chrome yang memiliki logo “GLORY”.

Bergeser ke bawah, pada bagian bumper belakang terdapat 4 buah sensor radar. Sensor-sensor ini akan berfungsi dan memberikan informasi kepada pengemudi saat kendaraan sedang mundur. Fitur ini diberikan untuk memudahkan pengemudi saat bermanuver parkir. Sedangkan ban dengan velg aluminium bernuansa two-tone juga turut memberikan kesan elegan.

INTERIOR DFSK GLORY 580

Oke, bagian eksterior sudah. Sekarang kita masuk ke bagian kabin yang bernuansa hitam. Saya suka dengan desainnya. Bagian dashboard rata dengan desain yang berbentuk huruf T. Tampilannya simpel, nggak neko-neko, tapi tak kalah dengan mobil-mobil sekelas yang bermain dengan gaya dashboard menumpuk. Saya sendiri lebih suka dengan mobil dengan desain minimal.

Setir menggunakan desain palang 3 dengan model flat-bottom a la mobil-mobil sport Eropa. Bagian kiri kanan sudah dilengkapi tombol pengatur multi fungsi. Oh ya, kemudi menggunakan balutan kulit plus kontur genggaman pada bagian kiri dan kanan sehingga tangan tidak gampang slip.

Panel instrument masih monochrome yang menampilkan informasi standar. Misalnya informasi temperatur, jumlah bahan bakar yang tersisa, kecepatan kendaraan, dan informasi lainnya. Tapi ada yang istimewa, yaitu informasi tekanan udara pada ban atau bahasa kerennya tire pressure monitoring system (TPMS). Dengan fitur ini, saat jalan ada ban yang kurang angin atau kempis Anda akan bisa langsung tahu. Keren juga.

Di bagian tengah dashboard terdapat layar audio 10 inci. Layar ini mencakup fitur navigasi, Bluetooth, dan koneksi smartphone, dan lain-lain. Layar dapat menunjukkan berbagai macam informasi termasuk teknologi berkendara dan in-car entertainment.

Oh ya, Glory 580 sudah dilengkapi dengan kamera perekam depan yang dapat diaktifkan saat berkendara (Video Running Recorder). Fitur ini telah tersedia sebagai fitur standar, sehingga pemilik kendaraan tidak perlu repot untuk memasangnya sendiri.

Sedikit di bawahnya ada tuas transmisi dengan bentuk yang juga modern. Di bawahnya lagi, ada dengan rem parkir elektronik (Electric Parking Brake). Cukup tarik ke atas selama beberapa detik, maka rem tangan akan berfungsi. Tekan ke bawah maka rem tangan akan non-aktif. Fitur ini ada di model Comfort dan model Luxury.

MESIN DFSK GLORY 580

Untuk pasar Indonesia, DFSK menawarkan dua tipe mesin yaitu 1.5 liter turbocharged dan 1.8 liter. Uniknya ada 3 tipe pilihan transmisi yaitu 1.5L CVT, 1.5L 6MT, dan 1.8L 5MT.

Mobil ini memiliki dimensi yang kompak dengan panjang 4680 mm, lebar 1845 mm, dan tinggi 1715 mm. Sedangkan wheelbase 2780 mm. Adapun berat di rentang 1985 kg sampai 2035 kg. Secara ukuran, DFSK Glory 580 memang tidak terlalu bongsor, malah lebih kecil dari Honda CR-V.

Untuk menggerakkan bobotnya, DFSK memasang mesin 1498 cc turbocharged yang memiliki tenaga maksimum 150 hp (110 kW) dan dengan torsi puncak 220 Nm pada rentang 1.800-4.000 rpm. Memang tak sebesar Honda CR-V yang memiliki tenaga 190 hp dengan torsi 240 Nm, serta transmisi CVT dengan paddle-shift.

Sedangkan vesi mesin naturally aspirated 1985 cc milik DFSK Glory menghasilkan tenaga 139 hp (102 kW) dam torsi puncak dia angka 187 Nm.

Pertanyaannya? Mana yang lebih baik, mesin dengan tambahan turbo atau tidak? Kata-kata ‘turbo’ memuat orang banyak berpikir jika mobil ini bertenaga lebih besar dan bakal bisa berlari lebih kencang dibandingkan mesin tanpa turbo.

Memang benar, mesin yang disemati turbocharge akan memiliki tenaga lebih besar. Dalam hal ini DFSK Glory 1.5L Turbocharge bisa mencapai 150 hp. Tapi bukan berarti kemudian mobil ini bisa lebih kencang daripada mobil dengan mesin naturally aspirated. Penggunaan turbo lebih pada menyempurnakan pembakaran di mesin. Dengan demikian sisa gas buang bisa lebih sedikit dan membuat pemakaian bahan bakar lebih hemat.

FITUR DFSK GLORY 580

Untuk kenyamanan, banyak fitur yang ditanamkan DFSK pada Glory 580. Di sistem suspensi, kendaraan ini dilengkapi dengan suspensi independen McPherson untuk bagian depan dan torsion beam untuk bagian belakang. Perpaduan komponen suspensi ini memberikan rasa berkendara yang mantap dan membuat kendaraan tetap stabil di kecepatan tinggi maupun saat menghadapi permukaan yang tidak rata.

Bicara soal fitur keamanan seabrek-abrek. Glory 580 mempunyai Intelligence Feature  yang bernama crash auto unlocking, dimana saat terjadi kecelakaan atau benturan, kunci pintu mobil akan otomatis terbuka walaupun dalam keadaan terkunci, sehingga memudahkan evakuasi.

Ada sistem keselamatan sabuk pengaman penghubung kursi anak (ISOFIX), 4 airbag, Electronic Parking Brake (EPB), Electronic Stability Program (ESP) yang terintegrasi dengan pengereman ABS, Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA) sebuah fitur keselamatan yang membantu pengendara saat pengereman mendadak.

Tak ketinggalan ada Traction Control System (TCS) yang berfungsi saat roda seketika kehilangan traksi, sistem akan segera bekerja dan membantu roda mendapatkan traksi kembali. Plus Hill Hold Control (HHC) yang membantu memudahkan saat kondisi pengereman dan memulai kembali berjalan tanpa khawatir mundur.

Nah, sekarang tinggal Anda yang menilai apakah mobil ini layak untuk dimiliki atau tidak. Ada 4 tipe yang ditawarkan DFSK yaitu Glory 580 1.8L Comfort MT seharga Rp245.900.000, Glory 580 1.5T Comfort CVT yang dijual Rp282.000.000, Glory 580 1.5T Luxury MT yang dilepas Rp295.000.000, serta Glory 580 1.5T Luxury CVT yang dibanderol Rp308.000.000.

RAJU FEBRIAN