Home New Cars Daihatsu All New Sirion, Alami Upgrade Besar-Besaran

Daihatsu All New Sirion, Alami Upgrade Besar-Besaran

SHARE

JAKARTA, 15 Februari 2018 – Segmen city car memang bukan segmen yang basah. Selain banyak pemain, penjualan di segmen ini juga tak terlalu menggiurkan – jika dibandingkan dengan MPV, SUV, atau LCGC – penjualan di segmen ini hanya sekitar 3000-an unit per tahun. Meski demikian PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tetap menawarkan andalannya dengan meluncurkan Daihatsu All New Sirion di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Dengan embel-embel “all new”, menandakan djika Sirion baru ini mendapat berbagai perubahan yang membuat tampilannya lebih segar plus fitur-fitur baru kekinian. Tak hanya tampilan luar namun juga kabin dan fitur-fiturnya telah mendapat upgrade yang cukup signifikan.

ADM menawarkan Daihatsu Sirion dengan dua pilihan berdasarkan transmisi yaitu manual 5-kecepatan dan otomatis 4-kecepatan. Sedangkan harga dibanderol Rp 182,5 juta untuk tipe M/T dan Rp 193,5 juta untuk tipe A/T. Perubahan harga cukup signifikan jika dibanding dengan generasi sebelumnya. Namun jika dilihat perubahan dan fitur-fitur yang disematkan rasanya worthed karena lebih lengkap.

Model ini diboyong langsung atau impor utuh dari Malaysia dan rebadged dari Perodua Myvi. Berikut detail spesifikasi dan fitur Sirion terbaru.

Eksterior

Di bagian eksterior Anda mungkin tak menyadari banyak perubahan yang dilakukan. Padahal secara dimensi, mobil ini bertambah besar. Daihatsu Sirion kini memiliki panjang 3.895 mm atau naik 205 mm, lebar 1.735 mm naik 70 mm. Tapi tubuh Daihatsu Sirion lebih rendah 30 mm menjadi 1.515 mm. Tambahan juga terjadi pada wheelbase menjadi 2.500 mm atau lebih panjang 60 mm. Dengan demikian dipastikan Daihatsu Sirion baru memiliki kabinnya yang lebih lapang.

All New Sirion kini didukung LED headlamp yang dilengkapi dengan fitur follow me home dan levelling adjust. Fitur terakhir akan membuat lampu akan menyesuaikan tinggi pencahayaan saat bagian belakang turun karena bobot. Bumper depan memiliki desain baru yang dipadankan dengan grille berlapis krom. Krom juga mewarnai bagian lampu kabut.

Tampilan luar Daihatsu Sirion kian sporty dengan velg 15 inch polished alloy wheel. Adapun di bagian belakang terlihat rear spoiler with LED HMSL, LED rear combi lamp, shark fin antenna yang kekinian, plus front speed sensing wiper dan auto rear wiper yang akan membantu sata mobil mundur.

Fitur Kabin

Upgrade besar-besaran juga dilakukan di bagian kabin. Desain jok dibuat baru berlapis bahan dark grey pattern. Lapisan kulit diberikan pada roda kemudi. All New Sirion dilengkapi dengan key free system dan Start / Stop Button disertai immobilizer, dan Digital AC yang memudahkan untuk mengatur suhu kabin sesuai keinginan.

Di bagian tengah dashboard terlihat 2-Din Touch Screen Audio dilengkapi Parking Camera, new meter cluster with MID, ditambah Audio & phone handsfree steering switch, semakin menambah kenyamanan dan kemudahan bagi pengendara. Fitur-fitur ini belum banyak digunakan pesaingnya.

Oh ya, ada yang unik, jika selama ini USB charger hanya ada di bagian depan, Daihatsu Sirion juga punya di bagian samping tempat duduk depan sehingga penumpang belakang bisa mengisi baterai gadget mereka tanpa mengganggu penumpang depan atau pengemudi.

Mesin

Di bawah kap mesin terpasang mesin berkode 1NR-VE. Mesin 1.3L DOHC Dual VVT-i. Mesin ini memiliki tenaga 95 PS @ 6 000 rpm atau lebih besar 5 ps dari mesin sebelumnya. Adapun torsi maksimal 12,2 kgm @ 4.200 rpm, cukup untuk mobil dengan ukuran seperti Sirion. Hal ini sudah terbukti karena mesin ini juga digunakan pada Daihatsu Xenia yang memiliki tubuh dan bobot lebih besar.

Sedangkan transmisi ada dua pilihan yaitu manual 5-kecepatan dan otomatis 4-kecepatan. Ada juga teknologi drive by wire yang meningkatkan performa.

Sedianya, Perodua Myvi di Malaysia memiliki pilihan mesin berkapasitas 1.5 liter. Namun ADM mengatakan melihat situasi pasar city car yang terlalu padat pemain sementara ‘jualannya’ tidak banyak, mereka memutuskan hanya membawa varian 1.3 liter saja.

Sistem Keselamatan

Nah, menariknya fitur keselamatan lengkap. All New Sirion dibekali beragam Futur seperti Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), serta Vehicle Stability Control (VSC) yang berfungsi untuk mencegah oversteer dan understeer. Ada Front & Side Airbag pada empat titik, iSOFlX, dan Seat Belt Reminder pada pengemudi dan semua penumpang, menjadikan All New Sirion semakin aman saat berkendara.

All New Sirion tampil dengan lima warna baru yakni, Lava Red, Icy White, Mystical Purple, Glittering Silver, dan Peppermint Green.

Melihat beragam perubahan dan fitur baru yang disematkan, rasanya Daihatsu Sirion punya modal besar untuk bersaing di segmen city car. Pesaing lain seperti Honda Brio, Nissan March, Mitsubishi Mirage, Toyota Etios Valco, atau Kia Picanto pantas waspada.

SPESIFIKASI TEKNIS

DIMENSI
Panjang: 3.895 mm
Lebar: 1.735 mm
Tinggi: 1.525 mm
Wheelbase: 2.500 mm
Jarak pijak roda depan: 1.475 mm
Jarak pijak roda belakang: 1.465 mm
Radius putra: 5,1 meter
Tinggi dari tanah: 150 mm

BERAT
Berat kosong kendaraan: 980 kg (MT); 1.000 kg (AT)
Berat total kendaraan: 1.425 kg
Kapasitas Tempat duduk: 5

MESIN
Tipe: 1 NR-VE DOHC Dual VVT-i
Kapasitas: 1.329 cc
Jumlah silinder: 4
Jumlah katup: 16
Bore x Stroke: 72,5 x 80,5
Tenaga: 95 PS @ 6 000 rpm
Torsi: 12,2 kgm @ 4.200 rpm
Transmisi: 5-kecepatan MT dan 4-kecepatan AT
Sistem bahan bakar:  Fuel lnjection
Jenis bahan bakar: Bensin Tanpa Timbal
Kapasitas tangki bahan bakar: 36 liter

SISTEM KEMUDI
Rack and Pinion dengan Electric Power Steering

SISTEM PENGEREMAN
Depan: Ventilated Disc Brake dengan Booster
Belakang: Drum, Leading & Trailing
Rem parkir: Mekanis pada roda belakang

SUSPENSI
Depan: Mac Pherson Struts dengan coil spring dan stabilizer
Belakang: Torsion beam dengan coil spring dan stabilizer

BAN
Velg: Alloy 15 inci Black Polish 185/55 R15

RAJU FEBRIAN

SHARE

Last Update

TWTW: Mustang Bullitt, The Disappearance of a Star

SUDAH 50 berselang sejak Bullitt diluncurkan pada 1968. Film yang diperankan oleh Steve McQueen dan telah menerima beberapa penghargaan tersebut...

Bagaimana Terbentuknya Toyota Owner Club?

JAKARTA, 24 Juni 2018 -- Maraknya para pembeli dan peminat mobil Toyota membuat banyak pula terbentuknya komunitas-komunitas mobil dari brand Toyota....

Begini Cara Toyota Owner Club Menjaga Solidaritas Antar Member 

JAKARTA, 24 Juni 2018 --Komunitas mobil pecinta Toyota yang tergabung dalam TOC (Toyota Owner Club) akhirnya berkumpul kembali dalam rangka...

Fitur Baru Ford Bikin Penumpang Tetap Nyaman Lewati Lubang Jalan

DETROIT, 24 Juni 2018 – Umumnya fitur keselamatan di mobil sekarang berfungsi melindungi dan mencegah penumpang dari potensi terjadinya tabrakan...
video

VIDEO: Mazda Rayakan 40 Tahun RX-7

TOKYO, 23 Juni 2018 -- Mesin rotari adalah konfigurasi mesin paling menarik di dunia otomotif. Tahun lalu, Mazda menandai 50...