Beranda New Cars Audi RS Avant, Muscle Family Car

Audi RS Avant, Muscle Family Car

Station wagon dengan suntikan adrenalin menjadikan Audi RS4 Avant bagaikan sebuah muscle car.

DI BENUA Biru, Eropa, mobil ber-genre station wagon merupakan salah satu pilihan favorit. Sebuah sedan dengan nilai kepraktisan lebih baik berkat ruang bagasi yang menyatu dengan kabin. Tapi kini, tak hanya soal kepraktisan yang menjadi daya tarik sebuah station wagon. performa menjadi godaan lain bagi para ‘family man’ pecinta kecepatan.

Salah satu model station wagon dengan suntikan kekuatan sportscar adalah Audi RS4 Avant yang pertama kali hadir 18 tahun lalu. Kini generasi keempatnya menawarkan kembali performa hebat dengan kepraktisan optimal untuk digunakan sehari-hari.  Di balik kap mesinnya terdapat mesin 2.9 liter TFSI dengan limpahan tenaga 450 hp dan torsi puncak hingga 600 Nm yang disalurkan ke keempat bannya melalui sistem penggerak Quattro khas Audi.

Kekuatannya tersebut tampil dalam sosok sporty yang kental di eksteriornya. Di bagian depan, lubang-lubang asupan udara tampil besar dengan struktur honey-comb dan grille singe-frame khas Audi yang lebar plus penggunaan lampu utama Matrix LED menjadikannya tampak agresif. Dibandingkan dengan saudaranya, A4 Avant, fender di keempat rodanya lebih lebar 30 mm. Di bagian belakang, tampak diffuser khas model RS, pipa knalpot oval dan roof spoiler khas RS yang semakin menegaskan nilai sporty-nya. Suspensi RS sport menjadikan  RS4 Avant ini lebih rendah 7 mm dibanding Audi S4 yang tak sekedar meningkatkan penampilan, namun juga mendongkrak pengendaliannya.

Mesin V6 twin-turbo yang diusung RS4 Avant menyuguhkan angka performa yang tajam. Torsi puncak 600 Nm yang dimilikinya – lebih besar 170 Nm dibandingkan RS4 Avant sebelumnya – bahkan dapat didulang sejak putaran mesin 1.900 rpm hingga 5.000 rpm. Hal ini menjadi kan RS4 Avant ini mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 4,1 detik, dan kecepatan puncak 250 km/jam. Dengan paket tambahan RS dynamic package, kecepatan puncak ini dapat mencapai 280 km/jam.

Kemampuan hebat tersebut juga didapat berkat transfer tenaga yang mumpuni ke sistem penggerak empat roda Quattro melalui transmisi otomatis 8-kecepatan Tiptronic yang waktu perpindahan giginya telah dioptimalkan untuk pengendaraan yang lebih sporty. Hebatnya, peningkatan performa ini juga diiringi dengan meningkatnya efisiensi bahan bakar. Audi mengklaim, RS4 Avant memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata lebih hemat hingga 17% dibanding generasi sebelumnya, yaitu  11,3 km/liter.

Di dalam kabin, dominasi warna hitam menegaskan kesan sporty-nya. Penggunaan panel instrument digital Audi Virtual Cockpit yang menampilkan informasi pengendaraan lengkap, termasuk informasi gaya-G, tekanan angin dan temperatur ban, serta output tenaga dan torsi.  Audi RS4 Avant sudah dapat dipinang di Jerman dan negara Eropa lainnya mulai awal tahun ini dengan banderol mulai 79.800 Euro.

Spesifikasi Audi RS4 Avant

Layout Kendaraan: Station Wagon, 5 pintu, 5 penumpang, mesin-depan, 4WD
Mesin: V6 2.9 liter Twin-Turbocharger / 450 HP / 600 Nm @ 1.900 – 5.000 rpm
Transmisi: 8-speed tiptronic
P x L x T: 4.781 x 1.404 x 1.866 mm
Wheelbase: 2.826 mm
Bobot kosong: 1.715 kg
Kapasitas Tangki: –
Rekomendasi BBM: –

BUDITYAS BANGUN BASUKI