Beranda New Cars Audi R8 LMS GT3 2019, Speed Master

Audi R8 LMS GT3 2019, Speed Master

Foto-Foto: Audi

SEKETIKA Anda membuka halaman ini dan melihat jajaran foto di atas saya yakin Anda baru saja menyelesaikan curse word karena kagum. Jika kurang puas, saya akan kuatkan dengan data-data di bawah ini yang mudah-mudahan bisa membuat pikiran Anda segera berkhayal untuk berada di balik kemudinya.

Audi R8 LMS memang telah menorehkan catatan waktu terbaik di balapan enduro manapun yang telah diselenggarakan oleh FIA. Kini Audi R8 LMS GT3 mengambil kekuatan dari R8 LMS dengan fokus pada performa yang juga friendly pada pengendara non-profesional.

Salah satunya adalah penggunaan mesin V10 5.2 liter pada Audi R8 LMS GT3 ini yang sudah di-tuning dan menghasilkan tenaga hingga 585 hp serta torsi lebih dari 550 Nm. Mesin tersebut juga yang digunakan oleh generasi sebelumnya, namun kini lebih fokus pada handling yang lebih “jinak.”

Selain itu para engineer LMS telah memberikan sentuhan baru pada desain gear-to-gear-nya. Mereka melakukan pembaruan pada bearing yang menghasilkan perpindahan gigi jauh lebih agresif. Tentu saja hal tersebut demi tercapainya performa sport coupe yang maksimal.

Audi R8 LMS GT3 juga dibekali dengan ornamen-ornamen balap yang menggunakan bahan carbon fiber reinforced polymers (CRFP) pada bagian interior dan eksteriornya. Belum lagi penggunaan material ringan untuk sistem all-wheel-drive dan framenya sehingga kendaraan ini hanya memiliki berat 1.225 kilogram. Dengan bobot ringan tersebut, Anda bisa bayangkan bagaimana performanya saat torsi badak dialirkan ke seluruh roda untuk melesatkan mobil ini. Mungkin kendaraan ini juga cocok untuk menyandang gelar speed master.

Pada eksteriornya, Audi melengkapinya dengan air intake besar di bagian depan, rear wing serta guratan tegas pada sisi mobil yang ditujukan untuk memaksimalkan tingkat aerodinamikanya. Secara konseptual, kendaraan ini memang menekankan intregasi aerodinamika mulai dari bawah kap mesin hingga pada bagian rear wing. Tidak ada satu pun yang luput dari fungsi tersebut.

Interiornya pun dibungkus sesuai dengan standar mobil balap DTM termasuk roll bar dan bucket seat dengan posisi duduk low slung. Material serat karbon tersebar di mana-mana, sedangkan tombol-tombol pengaturan fitur keselamatan terletak di bagian kemudi dan dashboard.

Fitur-fitur standar yang terpatri di dalamnya rata-rata bertujuan untuk memaksimalkan performa kendaraan. Audi R8 LMS GT3 baru saja diluncurkan pada Paris Motor Show 2018 lalu. Rencananya ia akan segera dijual dengan banderol di atas US$ 398 ribu Euro.

Audi R8 LMS GT3 2019

Layour Kendaraan: Sport Coupe, Mesin tengah, 2-pintu, 2-penumpang, AWD
Mesin: V10 5.2 –liter / 585 hp / 550 Nm
Transmisi: A/T 6-kecepatan dengan paddle shifter
Bobot Kosong: 1225 kg
P x L x T: 4573 x 1997 x 1171 mm (estimasi)
Kapasitas Tangki: 120 liter
Rekomendasi BBM: RON 100

ALVANDO NOYA

Kolom Komentar

Last Updates

KTB Gelar Program Dukung Kemajuan Pendidikan SMK di Indonesia

BANDUNG, 18 Januari 2019 -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) membuka tahun 2019 dengan melaksanakan program FUSO Belajar...

McLaren 600LT Spider Lengkapi Keluarga Line Up Longtail

WOKING, 18 Januari 2019 – Rangkaian keluarga model Longtail dalam line up McLaren kembali bertambah, dengan diluncurkannya varian baru dari...

KOMPARASI: Apakah Avanza Lebih Unggul dari Xpander dan Ertiga?

JAKARTA, 18 Januari 2019 - Kehadiran Toyota New Avanza dan New Veloz menjadi perbincangan hangat dunia otomotif dalam beberapa pekan...

Toyota New Avanza Hadir, Mitsubishi Gentar Suzuki Lebih Santai

JAKARTA, 18 Januari 2019 - Kehadiran Toyota New Avanza dan Grand New Daihatsu di Indonesia rupanya tidak terlalu menggentarkan pasar...

TIPS: Mau Mobil Hemat BBM? Cukup Ubah Gaya Nyetir

JAKARTA, 18 Januari 2019 – Hemat atau tidaknya penggunaan bahan bakar miyak (BBM) alias bensin sebuah kendaraan, menjadi hal yang...