Home EDITOR'S PICKS Aston Martin Vanquish Zagato, Heavenly Gorgeous

Aston Martin Vanquish Zagato, Heavenly Gorgeous

Kolaborasi antara Aston Martin dan Zagato memang tak pernah mengecewakan. Tapi lekuk-lekuk dan performa Vanquish Zagato mampu melebihi ekspektasi car enthusiast.

SHARE
Aston Martin Vanquish Zagato

APA jadinya kalau semua bagian terbaik dari produk Aston Martin DB11, Vulcan dan One-77 dipadukan dalam satu mobil yang didesain? Hasilnya adalah Aston Martin Vanquish Zagato, sebuah mahakarya “surgawi”. Apalagi dengan membawa nama besar Zagato, sulit untuk memungkiri keindahannya. It’s definitely an ultimate collectible item.

Zagato memang identik dengan desain-desain menakjubkan seperti Maserati 450S Coupe Zagato, Alfa Romeo TZ3 Stradale Zagato, BMW Zagato Roadster dan Spyker C12 Zagato. Rumah desain itu memang selektif dalam memilih mobil yang mereka garap, jadi Aston Martin pantas merasa bangga telah bekerja sama dengan Zagato selama lebih dari setengah abad. Pabrikan asal Inggris dan rumah desain asal Italia tersebut telah mendesain enam mobil bersama selama lebih dari setengah abad (lihat “Aston Martin and Zagato Entwinements”).

Paduan antara Italia dan Inggris juga berlanjut pada lokasi penggarapannya. Vanquish Zagato didesain di Milan, Italia dan dibangun di Gaydon, Inggris. Desainernya pun juga berasal dari kedua brand, Executive VP dan Chief Creative Officer Aston Martin Marek Reichman dan CEO Zagato, Andrea Zagato. Kehebatan Reichman telah terbukti dari hasil karya-karyanya seperti Rolls-Royce Phantom, Lincoln MKX concept, Aston Martin One-77 dan Aston Martin Vulcan.

Eksterior Vanquish Zagato seluruhnya terbuat dari serat karbon. Atapnya bagaikan dua gelembung yang terpisah oleh saluran vertikal di tengahnya. Desain khas Zagato ini disebut ‘double-bubble’ dan kerap terlihat pada mobil-mobil Zagato di era 1950-an. Tujuannya adalah untuk memberikan ruang lebih untuk helm yang dikenakan pereli dan navigatornya tanpa mengorbankan aerodinamika.

Baca Juga:  All-New Suzuki Jimny Pamer Tampang Baru Jelang Peluncuran

Mobil yang tampil pertama kali di Concorso d’Eleganza Villa D’Este 2016 ini merupakan gabungan elemen-elemen terbaik dari berbagai produk Aston Martin. Tail light berbentuk bulat menegaskan sentuhan Zagato klasik tapi tetap terkesan modern berkat susunan lampu pipih berteknologi LED di dalamnya. Fitur ini pertama kali digunakan pada track car Aston Martin Vulcan. Sedangkan pahatan buritan Vanquish Zagato yang aerodinamis dan dilengkapi retractable rear wing mengingatkan kita akan DB11.

Bedanya, mobil yang hanya diproduksi 99 unit ini menggunakan rear hatch untuk mempermudah akses ke bagasi serta empat knalpot yang bersarang di panel serat karbon. DNA DB11 juga terlihat pada glasshouse yang melingkar sehingga memberikan kesan seperti visor. Spionnya diadopsi dari One-77 dengan desain meruncing sehingga meminimalisir hambatan aliran udara.

Elemen-elemen terbaik yang digunakan Aston Martin tidak berhenti pada eksteriornya. Ketika kita berbicara brand Aston Martin kita juga berbicara tentang desain aristokrat a la Inggris. Kita akan temui material dengan craftsmanship yang tinggi melabur memenuhi isi kabinnya. Material karbon dengan aksen bronze tersaji manis di tengah dashboard. Seluruh joknya dilapisi bahan kulit alcantara dengan kelir two-tone.

Baca Juga:  Knalpot Tinggi McLaren 570LT akan Manjakan Telinga Pengemudinya

Selain itu, demi memberikan identitas disematkan logo Z yang berarti Zagato di beberapa sudut seperti headrest dan doortrim. Desain interiornya dibuat sangat kental dengan nuansa sport ditambah dengan posisi duduk yang low slung. Kemudinya pun dibuat sangat tebal dan dibungkus material kulit berkelir hitam. Meski demikian fitur-fitur standar seperti audio dengan koneksi nirkabel pun tersedia di dalamnya. Anda pun dapat tetap menikmati perjalanan saat keadaan jalan tidak memungkinkan untuk berakselerasi. Tapi jika kesempatan itu sudah di depan mata, jangan pernah lewatkan untuk bersenang-senang dengan performanya.

Aston Martin Vanquish Zagato dibekali dengan mesin V12 6.0 liter dan Anda dapat menikmati tenaganya yang hampir mencapai 600 hp dan torsi maksimal 630 Nm. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan oleh transmisi otomatis delapan kecepatan yang merupakan standar di setiap model Vanquish. Ia memang didesain sebagai mobil Gran Tourer sejati dengan style sportcars yang elegan.

Tidak main-main, dengan bekal mesin tersebut ia mampu melesat cepat dalam 3,5 detik untuk mencapai 100 km/j dari posisi diam. Anda juga masih dapat menyiksanya hingga ke top speed yang mencapai 321 km/j.  Selain itu, para insinyur Aston Martin menyematkan suspensi yang didesain khusus untuk menghasilkan pengalaman berkendara sebuah GT.

Baca Juga:  All New BMW X5 Tegaskan Identitas SUV Mewah

O ya, Aston Martin juga menyediakan model lain dengan basis yang sama yaitu Aston Martin Vanquish Zagato Volante. Perbedaannya terdapat pada desain open top yang memang ditujukan untuk memamerkan desain interior yang lebih cerah tapi dengan bekal mesin yang sama. Kami sangsi, jika ada perbedaan performa antar keduanya. Tapi yang pasti keduanya menggendong nuansa sport yang bercampur dengan style Aristokrat a la Inggris. Seperti biasa, pabrikan pun tetap menyediakan pilihan personalisasi untuk konsumennya yang ingin menyematkan ornament-ornamen pilihan penggunanya di dalam maupun di luar kendaraan.

Jika Anda tertarik dan berminat mendatangi dealer Aston Martin untuk membelinya, Anda sudah terlambat. Produksi Aston Martin Vanquish Zagato yang hanya 99 unit dikabarkan terjual habis dengan banderol hampir mencapai US$ 500.000.

Spesifikasi Aston Martin Vanquish Zagato

Layout kendaraan: Sedan Coupe, Mesin Depan, 2-pintu, 2-penumpang, AWD
Mesin: V12 6.0 liter / 591 hp / 621 Nm
Transmisi: A/T 8-kecepatan
Bobot Kosong: 1.739 kg
Wheelbase: 2.740 mm
P x L x T: 4.692 x 1.912 x 1.294 mm
Kapasitas Tangki: 78 liter
Rekomendasi BBM: RON98

ALVANDO NOYA

SHARE

Last Update

video

VIDEO: Mazda Rayakan 40 Tahun RX-7

TOKYO, 23 Juni 2018 -- Mesin rotari adalah konfigurasi mesin paling menarik di dunia otomotif. Tahun lalu, Mazda menandai 50...

FEATURE: Legacies of the Legend Ayrton Senna

LEO TOLSTOY Tolstoy pernah berkata, “Happiness is an allegory, unhappiness a story.” Ucapan penulis asal Rusia tersebut ada benarnya jika...

Sinergi Renault-Nissan-Mitsubishi Hasilkan Profit Rp 93,3 Triliun

TOKYO, 23 Juni 2018 – Pada tahun 2016 lalu, Aliansi Renault-Nissan menambah anggota keluarga baru dengan membeli saham mayoritas Mitubishi....
video

Land Rover Catat Rekor Dunia Rayakan Ulang Tahun ke-70

BAD KISSINGEN, 23 Juni 2018 – Land Rover kembali mencatatkan namanya di Rekor Dunia Guinness pada perayaan usianya yang ke-70...

Mitsubishi Fuso Manjakan Konsumen di Lebaran Service Campaign 2018

JAKARTA, 22 Juni 2018 -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia, memanjakan...