Beranda EDITOR'S PICKS All New Lexus ES 300h, The Next Chapter

All New Lexus ES 300h, The Next Chapter

Foto-Foto: Lexus

SETELAH enam generasi melakukan pendekatan old-school, pabrikan Lexus mengubah secara total pendekatan terhadap model ES terbaru sehingga terlihat betul-betul lebih segar. Adalah Lexus All New ES yang baru saja diluncurkan untuk pasar Indonesia di Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD City, Banten, beberapa waktu lalu.

Pabrikan mengklaim bahwa The Entirely New ES telah membuat lompatan yang sangat mengejutkan dari sisi desain, performa maupun teknologi yang diaplikasi pada kendaraan seperti fitur Amazon Alexa dan Apple CarPlay. Kendaraan ini pun dibangun dengan menggunakan platform yang baru yang didesain semaksimal mungkin agar ruang kabin lebih lega, profil mobil menjadi ramping seperti mobil coupe serta bisa mendukung performa mobil dengan lebih baik lagi dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Platform yang diusung tersebut adalah all-new Global Architecture – K (GA-K) sehingga desain The Entirely New Lexus ES bisa didorong semaksimal mungkin. Dimensi ES melar sekitar 66 mm, lebar melar 46 mm dan lebih rendah sekitar 50 mm dibandingkan generasi sebelumnya. Wheelbasenya dan track (lebar tapak) lebih lebar 50 mm makanya tampang kendaraan menjadi lebih stand out.

ES generasi ketujuh inipun membenahi diri dengan meningkatkan nilai kemewahan pada mobil maupun dari sisi kualitas namun harga mobil mobil tetap dijaga agar tidak ketinggian. Nagoya menilai bahwa waktu telah berubah, makanya pendekatannya terhadap ES juga harus diubah agar tidak ketinggalan jaman dan menjadikan ES tetap menjadi raja di segmennya.

Orang tak lagi sulit membedakan Lexus ES dengan sang kakak di segmennya, Lexus LS, karena perbedaannya menjadi semakin kuat. ES sebagai pemain di segmen mid-size luxury sedan, dan LS di segmen full-size (big) luxury sedan memiliki pembeda yang kental, meskipun keduanya memiliki kesamaan karakter.

General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja mengatakan bahwa New Lexus ES membawa banyak perubahan dari sisi desain sehingga ES generasi ketujuh ini memiliki tampilan yang lebih muda, dinamis dan sophisticated. “Desain yang lebih berani tersirat dari sudut yang edgy, velg 18 inci yang gagah serta tampil spindle grille vertical yang menciptakan kesan provocative elegance,” ujar Adrian.

Berkat pendekatan desain yang baru, Lexus ES mempunyai posisi yang distinctive dengan Lexus LS.

Lexus New ES diluncurkan dalam tiga varian yakni ES 350, ES 300h dan ES 350 F Sport. Yang diluncurkan di Indonesia pada ajang GIIAS 2018 adalah varian ES 300h. Ketiga model memiliki bentuk yang dinamis menyerupai fluida berkat desain kap mesin yang rendah sehingga memunculkan kesan siluet, yang lantas dipadukan dengan desain grille yang agresif.

Perbedaan lainnya dengan model ES dari masa lalu adalah desain generasi ketujuh mengadopsi fast roofline sehingga profil mobil terkesan lebih rendah dan lebih aerodinamis. Bagian belakang bersih dan tajam dengan lampu belakang LED yang seperti membungkus panel bodi samping. Mobil ini tersedia dalam 12 pilihan warna termasuk di antaranya satu warna hijau dan satu warna beige.

Dalam hal interior, Lexus ES menggunakan pendekatan Lexus Future Interior, yakni sebuah konsep interior yang mengombinasikan antara kokpit yang fokus pada pengemudi (driver centric) dengan area lapang serta nyaman  bagi penumpang depan. Fokus pengemudi tidak akan terdistraksi karena display layar sentuh 12,3 inci di dashboard diposisikan lebih cenderung kepada kepada penumpang depan, namun tombol-tombol pengatur serta head up display  tetap dalam jangkauan dan pandangan pengemudi dengan baik. Untuk sistem infotainment didukung oleh 17 Mark Levinson Pure Playspeakers.

Kenyamanan jok belakang masih menjadi prioritas model generasi ketujuh dan tetap dijaga kuat sebagai esensi dari ES itu sendiri meskipun garis atapnya menjadi lebih ramping. Agar penumpang belakang lebih nyaman, jok dapat dapat di-reclining yang dibalut dengan Semi-Aniline Leather dan juga dilengkapi pemanas dan pendingin. titik panggul jok belakang dibuat lebih rendah dan headliner dikonfigurasi agar headroom tetap lega. Ruang kakipun semakin luas dibandingkan generasi sebelumnya dan merupakan yang paling lega di kelasnya.

Dalam hal fitur, Lexus ES paling anyar ini sudah diengkapi dengan teknologi canggih dan aman bagi penggunanya. Lexus ES adalah Lexus  pertama yang mengadopsi teknologi Apple CarPlay sehingga pengemudi dapat mengatur iPhonenya lewat layar sentuh di tengah dashboard atau Siri Eyes Free voice control.

ES juga terintegrasi dengan fitur Amazon Alexa-enabled sehingga pengemudi dapat menggunakan bahasa ‘ibu’ untuk mengatur ragam fungsi kendaraan. Fungsi yang bisa dijalankan di antaranya car-to-home dan home-to-car commands. Pengemudi dapat menggunakan fitur Alexa ini untuk berinteraksi dengan kendaraannya.

Kendaraan juga menggunakan On board Wi-fi powered by Verizon sebagai bagian dari opsional sistem navigasi. Dengan didukung oleh on-board data set, sistem navigasi dapat menerima setiap update over-the-air jika terjadi perubahan rute atau pun Point of Interest terbaru.

Lexus ES 300h memakai mesin Hybrid Drive System generasi keempat yang dikombinasikan dengan mesin bensin Atkinson Cycle 2.5 liter, empat silinder dengan motor listrik yang padat, lebih ringan, lebih kompak, lebih kuat dan sistem hibrida self-charging. Kolaborasi antara keduanya menghasilkan tenaga 215 hp. Mesin baru ini enghasilkan pembakaran cepat sehingga mesin bekerja dengan lebih efisien dan dengan tingkat emisi yang rendah.

Pabrikan juga menyempurnakan level drivability ES 300h berkat sistem hybrid yang lebih canggih sehingga bisa mengatur komputer untuk merasakan feeling mengemudi dan power tenaga kendaraan sampai ke level sedekat mungkin. Selain itu, meski mengusung hybrid, ruang bagasi tetap lega karena ukuran baterei nickel metal hydride terbaru yang dipakai lebih kecil sehingga bisa disimpan di bawah kursi belakang.

All-New Lexus ES 300h

Layout kendaraan: Sedan, mesin depan, 4 pintu, 4 penumpang, FWD
Mesin: 4-silinder segaris, hybrid DOHC 16 valve VVTiE 2.5L/ 215 hp (176hp mesin + 39hp baterei)/221 Nm @ 3600 – 5200 rpm
Transmisi: Hybrid / Electronically Controlled Continuously Variable Transmission (CCVT)
PxLxT: 4976 x 1864 x 1445 mm
Wheelbase: 2870 mm
Bobot: 1.680 kg
Kapasitas tangki BBM: 50 liter
Rekomendasi BBM: Ron 95

EKA ZULKARNAIN

Kolom Komentar



latest updates

Bridgestone Indonesia Gelar Kompetisi Bulutangkis Antar Pelajar

BEKASI, 13 Desember 2018 -- PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) menggelar kompetisi bulutangkis antar pelajar bertajuk ‘Chase Your Dream...

Sebastien Loeb akan Geber Hyundai di WRC 2019

ALZENAU, 13 Desember 2018 – Peta kekuatan dan persaingan di World Rally Championship (WRC) tahun depan sepertinya akan mengalami perubahan,...

Keduluan Importir, Mercedes Indonesia Luncurkan G-Class Tahun Depan

JAKARTA, 13 Desember 2018 – Beberapa waktu lalu, Mercedes-Benz G-Class generasi terbaru telah meluncur di Indonesia, namun bukan dari pihak...

Kemewahan MPV Mercedes-Benz Sapa Pengunjung Kemang Village

JAKARTA, 13 Desember 2018 – PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menutup tahun 2018 dengan menggelar eksibisi khusus yang didedikasikan untuk...

Pininfarina Battista, Mobil Paling Gahar dan Kencang di Italia

TURIN, 13 Desember 2018 – Automobili Pininfarina tengah menyiapkan satu hypercar listrik. Pabrikan asal Italia itu mengumumkan mobil listrik pertama...