Beranda EDITOR'S PICKS Alfa Romeo Stelvio, Another Italian Job

Alfa Romeo Stelvio, Another Italian Job

Craftmanship Italia terkenal akan kualitasnya. Dan kini Alfa Romeo memperkenalkan SUV yang terinspirasi dari sport sedan mereka, Giulia.

MENINGKATNYA penjualan SUV/crossover memang terlalu menggoda untuk dilewatkan. Beberapa manufaktur premium ikut memproduksi mobil maskulin ini. Begitu pula dengan Alfa Romeo yang meluncurkan Alfa Romeo Stelvio pada LA Auto Show 2016. Mobil ini bersaing di kelas BMW X3, Audi Q5, Jaguar F-Pace dan Porsche Macan. Tapi berbeda dari sebagian besar kompetitornya, Alfa Romeo melansir versi lain dengan performa yang lebih tinggi, Stelvio Quadrifoglio yang berada di pasar Porsche Macan Turbo.

Desain Alfa Romeo Stelvio terinspirasi dari model sedan mereka, Giulia. Lihat saja bentuk headlight LED yang menyipit, air intake besar yang terpisahkan oleh grille segitiga terbalik khas Alfa Romeo dan side skirt sewarna bodi dengan aksen serat karbon di ujungnya. Bahkan pahatan kap mesinnya pun sama-sama bergelombang di sisinya.

Tapi bukan berarti bagian depan Stelvio mirip sedan. Para desainer pabrikan asal Italia tersebut dengan cerdas menemukan proporsi tepat untuk membuatnya terkesan kokoh. Sementara itu, bagian belakangnya terlihat clean dengan kaca belakang yang landai, rear light LED bersudut tajam dan quad-exhaust (varian Quadrifoglio) di bawahnya.

Tak hanya eksteriornya, interior Stelvio sangat kental akan nuansa Giulia mulai dari penempatan fitur-fitur sampai desain tombol-tombolnya. Sebagai performance car, SUV ini mendapat desain kabin minimalis dan fokus pada pengemudi. Cluster meter menggunakan analog dengan MID berukuran 7 inci di antara tachometer dan speedometer.

Di tengah dashboard terdapat layar sentuh 6,5 inci untuk Stelvio standar, sedangkan varian Quadrifoglio mendapatkan ukuran 8,8 inci. Meski begitu, Stelvio tetaplah berada di segmen premium, maka Alfa Romeo membekali interior dengan material serat karbon, fabric, dan kayu. Joknya menggunakan kulit sebagai standar dengan tambahan Alcantara dan pilihan jok Sparco untuk varian Quadrifoglio.

Invasi Giulia tak berhenti di bodi, tapi juga mesinnya. Untuk varian standar, Stelvio dibekali mesin empat silinder 2.0 L turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga 280 hp dan torsi 415 Nm. Sedangkan Stelvio Quadrifoglio mendapatkan mesin berkapasitas lebih besar yang sama seperti Giulia Quadrifoglio, V6 2.9 L twin turbocharged.

Tenaga dan torsinya menggiurkan, 505 hp dan 600 Nm. Dipadukan dengan transmisi otomatis 8-kecepatan ZF plus sistem AWD Q4 dan teknologi torque vectoring, Stelvio Quadrifoglio diklaim mampu melesat 0-96 km/j dalam 3,9 detik, hanya 0,1 detik lebih lamban dari Giulia Quadrifoglio.

Alfa Romeo belum mengumumkan kapan mereka akan mengirimkan Stelvio ke diler. Tapi melihat Giulia yang dipasarkan tak lama setelah peluncuran, sepertinya Stelvio akan mengikuti jejak saudaranya.

Spesifikasi Alfa Romeo Stelvio

Layout Kendaraan: SUV, mesin depan, 4 pintu, 5 penumpang, AWD Q4
Mesin: I4 2.0 L turbocharged/280 hp/415 Nm (Standar); V6 2.9 L twin turbocharged/505 hp/600 Nm (Quadrifoglio)
Transmisi: A/T 8-kecepatan ZF
Ground clearance: N/A
Wheelbase: N/A
P x L x T: 4680 x 2160 x 1650 mm (estimasi)
Bobot Kosong: N/A

MIRAH PERTIWI

Kolom Komentar



latest updates

Rayakan 20 Tahun, Shop&Drive Beri Promo Menarik

JAKARTA, 15 November 2018 – Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-20 tahun, Shop&Drive menawarkan berbagai promo menarik yang dapat...

Test Drive Mini Cooper 3-Door: Bikin Syuur

JAKARTA, 15 November 2018 – Kalau bicara soal MINI, kita bicara soal kenikmatan handling. Dan jangan lupa menulis MINI sekarang...

Intersport World Stage 2018, Siap Adu Drifter Nasional dan Internasional

JAKARTA, 15 November 2018 – Para penggemar drift akhir pekan ini akan disajikan satu event menarik yaitu Intersport World Stage...

VIDEO: Test Drive Ferrari Portofino Sama Pembalap Drag

JAKARTA, 15 November 2018 - Ferrari Portofino akhirnya hadir di Indonesia melalui Ferrari Jakarta. Mobil bermesin V8 generasi pengganti California T...

Bodykit Toyota FT 86 Buatan Lokal Bakal Diluncurkan di IMX 2018

JAKARTA, 15 November 2018 - Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 akan dihelat dua hari lagi. Pameran modifikasi bertaraf international ini...