Mural Raksasa Mazda 787B di Laguna Seca

Mural Raksasa Mazda 787B di Laguna Seca
LAGUNA SECA, 29 September 2017 – Mesin rotary Mazda 787B menjadi salah satu mesin bersejarah milik Mazda di ajang motorsport. Bahkan inilah satu-satunya mobil yang memberikan pabrikan Jepang itu gelar juara pada 24 Hours of Le Mans pada 1991. Guna merayakan hasil tersebut sebuah mural raksasa dibangun di dekaat Mazda Raceway Laguna Seca, Amerika Serikat.

Mural yang terbuat dari papan playwood itu memiliki panjang 9.75 meter dan tinggi 3 meter. Mobil yang dibuat oleh John Cerney artis asal California. Mobil yang lengkap dengan nomor 55 ini digunakan John Herbert, Volker Weidler, dan Bertrand Gachot. Ini merupakan karya kedua Carney di Laguna Seca. Sebelumnya, pada Juli lalu, ia membuat mural motor Yamaha yang digunakan pembalap legendary Wayne Rainey.

“Mobilnya sangat besar,” kata Cerney. “Saya menggunakan 10 papan playwood untuk mural ini. Warna oranye dan hijau menjadikannya kian menarik.”

Diperkuat mesin R26B 2.6 liter empat rotor tanpa turbo menghasilkan tenaga 700 hp dan mampu mencapai 9,000 rpm dengan mudah. Sayangnya, setelah kemenangan pada 1991 tersebut FIA melarang penggunaan mesin rotary di ajang Le Mans.

Meski tak boleh lagi ikut lomba, Mazda 787B ini kerap tampil di Laguna Seca terutamanya pada pertemuan tahunan Rolex Monterey Motorsports Reunion.

“Karya seni ini benar-benar mencerminkan siapa kami dan apa yang kami lakukan,” kata pengurus Mazda Raceway Laguna Seca, Gill Campbell. “Karya ini menunjukkan hubungan Mazda dengan perlombaan besar dan fasilitas motor berkelas dunia milik kami.”

https://www.youtube.com/watch?v=81zhOQ5PvaE

RAJU FEBRIAN

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Mazda Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya