Mercedes-Benz S-Class Terbaru Bisa Cari Parkir Sendiri dan Jemput Pemiliknya di Bandara

JAKARTA, Carvaganza.com – Teknologi mobil semakin canggih saja. Sekarang ini banyak produsen mobil yang sedang asyik mengembangkan teknologi otonom. Pengendara tinggal duduk santai di kursi pengemudi dan biarkan mobil yang mengemudikan Anda sampai ke tujuan. Tapi nanti bakal ada teknologi yang lebih canggih lagi.

Mercedes-Benz bekerjasama dengan Bosch mengembangkan teknologi Automated Valet Parking (AVP). Teknologi ini akan membuat Anda bisa meninggalkan mobil di gedung parkir dan biarkan ia mencari lokasi parkir yang tersedia dan memarkirkan dirinya sendiri tanpa bantuan pengemudi.



Hebatnya lagi, setelah selesai dengan pekerjaan Anda. Buka hape dan perintahkan mobil menjemput di tempat yang Anda inginkan. Mercedes-Benz mendemonstrasikan teknologi barunya ini lewat video yang tak boleh Anda lewatkan ini.

Mercedes-Benz mengajak Bosch dan operator parkir Apcoa mengembangkan sistem parkir valet otomatis ini di Gedung Parkir P6 Bandara Stuttgart, Jerman. Menurut produsen mobil mewah asal Jerman itu, semua Mercedes-Benz S-Class terbaru di dalamnya sudah tertanam fitur opsional Intelligent Park Pilot. Untuk pertama kali di dunia, mobil bisa dipanggil oleh pemiliknya lewat aplikasi smartphone.



Bagaimana cara kerjanya? Kalau Anda ke gedung parkir P6 bandara Stuttgart, nanti akan ada tempat khusus yang disediakan bagi pengguna AVP meninggalkan kedaraannya. Setelah mengaktifkan fitur valet otomatis mobil akan berjalan tanpa pengemudi ke basemne dan mencari tempat parkir yang kosong. Bila mobil sudah terparkir sempurna Ia akan diam di tempat parkir itu sampai pemiliknya kembali. Pemiliknya tinggal memanggil mobil ke lokasi sebelumnya lewat aplikasi dari smartphone.

Mercedes-Benz bekerja sama dengan Bosch karena sistem AVP ini tidak hanya butuh mobil yang bisa berjalan otomatis. Kamera video dan sensor Bosch mampu mengidentifikasi ruang kosong di gedung parkir dan mengirim datanya ke mobil. Komputer di dalam mobil kemudian akan mencari rute paling ideal dari titik drop off ke ruang parkir yang tersedia. Awalnya sistem ini menggunakan sensor lidar, tapi sekarang Bosch datang dengan solusi mengunakan kamera.



Persiapan mengenai program ini telah dilakukan namun Mercedes-Benz belum mengumumkan kapan fitur ini akan resmi diaplikasikan untuk umum. Kabarnya untuk awal mereka akan menyediakan dua lahan parkir untuk memulai sistem AVP ini. Kemungkinan slot parkir akan ditambahkan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan. Apcoa sendiri mengoperasikan lebih dari 1,5 juta ruang parkir di 9.500 lokasi di Eropa.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Mercedes-Maybach S-Class Terbaru Manjakan Pemiliknya Di Kursi Belakang

Source: Daimler

Artikel yang direkomendasikan untuk anda