Menebak Spesifikasi dan Varian Volvo XC60 di Indonesia, Lawan X3 dan GLC

Sneak Peek Volvo XC40 XC60

JAKARTA, Carvaganza – Volvo akan kembali ke pasar Indonesia tahun ini, dengan setidaknya meluncurkan dua model SUV (Sport Utility Vehicle) di segmen premium. Carvaganza baru saja mendapat sneak peek dari PT Leading Vision Otomotif (LVO) sebagai pemegang merek terbaru untuk Volvo di Indonesia, yaitu Volvo XC40 dan XC60. Keduanya sudah datang di Indonesia jelang peluncurannya.

Salah satu modelnya, yaitu XC60, adalah model yang segmennya lebih tinggi di atas XC40. SUV ini akan masuk ke segmen yang selama ini diisi oleh BMW X3, Mercedes-Benz GLC, dan Audi Q5. Tapi walaupun sudah menjumpai langsung sosoknya yang masih diselimuti, Volvo belum mau mengungkap varian atau spesifikasi XC60 untuk Indonesia. Maka dari itu, mari kita sedikit memprediksi varian yang cocok dibawa.

XC60 adalah model SUV Volvo yang dimensinya cukup besar, seperti para rivalnya. Saat ini XC60 hadir dalam generasi keduanya, yang telah dipasarkan sejak tahun 2017. Nah yang akan meluncur di Indonesia nanti seharusnya sudah versi facelift, yang meluncur global pada Maret 2021 lalu. Dan untuk menyesuaikan karakter dan kebutuhan pasar yang berbeda, Volvo tawarkan beberapa pilihan varian.

Sneak Peek Volvo XC40 XC60

Ada tiga opsi powertrain yang Volvo XC60 punya, yaitu bensin 2.0 liter turbo, diesel 2.0 liter, dan 2.0 liter bensin plug-in hybrid. Melihat tren yang ada di Indonesia, sepertinya varian diesel harus dieliminasi dari kemungkinan diluncurkan. Menurut kami varian bensin dan plug-in hybrid lebih berpeluang untuk menyapa konsumen mobil mewah di sini.

Baca Juga: Sudah Di Jakarta, Kami Temukan Sosok Lengkap Volvo XC40 dan XC60

Hanya mesin empat silinder yang Volvo hadirkan untuk XC60 generasi ini, karena juga untuk ikuti regulasi mengurangi emisi CO2 khususnya di Eropa yang semakin ketat. Untuk varian 2.0 liter bensin yang beredar, mayoritas berpenggerak AWD (all-wheel drive). Jadi, kemungkinan varian XC60 bensin yang diluncurkan antara T5 AWD atau T6 AWD.

Mesin 2.0 liter dengan single-turbo yang dipakai punya tenaga dari 250 hp sampai 254 hp, dengan torsi puncaknya 350 Nm. XC60 versi konvensional ini dipadukan dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Kapasitas mesin yang sama dipakai juga oleh rival XC60 di Indonesia yaitu X3 dan GLC.

Sneak Peek Volvo XC40 XC60

Untuk varian plug-in hybrid alias PHEV, XC60 punya trim Recharge sebagai label baru menggantikan nama varian T8. Varian PHEV sama-sama mengandalkan mesin 2.0 liter turbo, tapi didukung oleh motor listrik dan baterai tambahan. Standar performa varian ini adalah tenaga 320 hp dan torsi 400 Nm dari mesin bakar, lalu tambahan 86 hp dan 240 Nm dari motor listriknya.

Motor listrik id Volvo XC60 Recharge terpasang di roda depan dan belakang. Baterainya sendiri berkapasitas 18,7 kWh yang bisa dipakai untuk berkendara hanya dengan energi listrik sejauh 51 km. Untuk versi PHEV ini, XC60 belum punya pesaing di Indonesia, karena BMW, Mercedes-Benz, dan bahkan Audi tidak memasarkan produk sejenis saat ini.

Sebagai pabrikan yang dikenal sangat inovatif soal keselamatan, Volvo XC60 tentunya juga punya ragam fitur canggih dalam hal ini. Volvo membekali banyak fitur ADAS (Advanced Driver Assistance Systems) di XC60, memanfaatkan radar dan kamera untuk fungsinya. Bahkan XC60 punya kemampuan semi-self-driving kecepatan tinggi, yang ditawarkan lewat teknologi Pilot Assist. Kita masih perlu menebak-nebak apakah ADAS ikut ditawarkan untuk pasar Indonesia nanti.

Sneak Peek Volvo XC40 XC60

Untuk kenyamanan berkendara, Volvo XC60 di interiornya dilengkapi sistem infotainment canggih lewat layar besar di tengah dashboard. Tentunya sudah mendukung fungsi Apple CarPlay dan Android Auto. Bahkan di versi facelift, layar infotainment bisa dilihat dari berbagai sudut dengan nyaman. Di konsol tengah juga akan tersedia wireless charger untuk smartphone. Material yang dipakai untuk interior termasuk lapisan kulit kombinasi kain yang salah satunya untuk penumpang yang punya kulit sensitif atau mencegah alergi.

PT LVO mengatakan peluncuran model baru sekaligus comeback Volvo akan dilakukan tidak lama lagi. Prediksi saat ini, Volvo akan hadir dan melakukan peluncuran produknya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, bulan Agustus mendatang.
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: Hyundai Resmi Umumkan Nama dan Tampang Stargazer, MPV Baru Lawan Avanza dan Xpander

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature