Kapal Felicity Ace Tenggelam Bersama Ribuan Mobil Mewah Yang Hangus Terbakar

Kapal Felicity Ace tenggelam

LISBOA, Carvaganza – Kapal Felicity Ace, yang terbakar di lepas pantai Azores, Portugal, dengan muatan ribuan mobil mewah milik VW Group, dikabarkan tenggelam. Dalam laporan terakhir yang ditulis oleh Carvaganza beberapa waktu lalu, kapal berbendera Panama itu telah ditarik menuju sebuah pelabuhan karena api yang melalapnya telah padam.

KEY TAKEAWAYS

  • Kapal Felicity Ace pengangkut mobil mewah yang terbakar di tengah laut akhirnya tenggelam

    Kapal roro tersebut tenggelam pada saat ditarik dari laut lepas menuju sebuah tempat yang aman
  • Felicity Ace terbakar 17 Februari lalu di perairan Azores Portugal

    Insiden ini menjadi pembicaraan car enthusiast karena mengangkut hampir 4.000 unit mobil VW Group dari brand Lamborghini, Porsche, Bentley dan Audi serta dari model VW sendiri
  • Kerugian total ditaksir mencapai jutaan dollar US

    Menurut Russel Group asal Inggris, nilai total mobil yang diangkut oleh Felicity Ace mencapai US$ 400 juta
  • Tapi dari hasil perkembangan terbaru, kapal tersebut akhirnya tenggelam pada saat ditarik menuju ‘sebuah tempat yang aman.’ Tenggelamnya Felicity Ace ini menjadi akhir dari insiden kebakaran yang melahap kapal roro (roll on – roll off) tersebut yang disewa untuk mengangkut hampir 4.000 unit mobil mewah milik Volkswagen Group dari Jerman menuju Rhode Island, Amerika Serikat.

    Kapal roro Felicity Ace terbakar dua minggu lalu dan insiden ini sangat mengejutkan dunia otomotif global, bahkan membawa dampak besar terhadap Lamborghini.

    “Pagi ini, pada saat ditarik sejak 24 Februari lalu, kapal Felicity Ace kehilangan kestabilan dan tenggelam 25 mil laut dari Zona Eksklusif Eonomi Portugal, di area dengan kedalaman 3.000 meter,” demikian isi pernyataan Angkatan Laut Portugal seperti dikutip dari washingtonpost.com.

    Felicity Ace

    AL Portugal menyatakan bahwa pada saat ditarik, di kapal tidak ada api baik di luar maupun di dalamnya, namun memang temperature di bagian tengah kapal sangat panas tapi tidak ada asap di struktur kapal.

    Tim penyelamat menyatakan bahwa pada saat kapal ditarik dari tengah laut sekitar 250 mil dari pulau terluar Portugal, cuaca memang cukup buruk. Namun, jurubicara Mitsui O.S.K. Lines (MOL) Pat Adamson selaku operator kapal menyatakan bahwa belum bisa dipastikan apakah tenggelamnya kapal ada kaitannya dengan cuaca buruk.

    Tenggelamnya Felicity Ace menimbulkan masalah baru bagi lingkungan hidup di laut Azores. Felicity Ace membawa sekitar 2.200 ton bahan bakar dan 2.200 ton minyak sehingga dikhawatirkan mengganggu lingkungan di sekitarnya yang kaya dengan batuan karang dan makhluk serta biota laut seperti tuna, hiu, lumba-lumba dan juga ikan paus.

    Kapal Felicity Ace terbakar di perairan Azores, Portugal, pada 17 Februari lalu dalam perjalanan dari Emden, Jerman, menuju Davisville, Rhode Island, Amerika Serikat. Kapal mengangkut hampir 4.000 unit mobil mewah milik Volkswagen Group, yaitu Lamborghini, Porsche, Bentley, Audi dan ribuan unit model mobil VW. Sampai saat ini belum diketahui penyebab kebakaran.

    Kapal Felicity Ace Felicity Ace. Foto: Gettyimages

     

    Kapal terbakar di tengah laut selama dua minggu dan petugas kesulitan memadamkan api karena di dalam kapal terdapat ribuan mobil listrik milik VW yang bermuatan baterai listrik. Kehadiran baterai listrik itulah yang menyebabkan api sulit dipadamkan.

    Russel Group, perusahaan managemen resiko asal Inggris, memperkirakan bahwa nilai total barang yang ada di dalam kapal itu mencapai US$ 438 juta, US$ 400 juta di antaranya adalah nilai kendaraan. Sampai saat ini belum ada konfirmasi dari pabrikan VW berapa kerugian yang dialami oleh perusahaan mobil Jerman itu. Tapi diperkirakan mencapai ratusan juta dollar.

    Sehubungan dengan kebakaran itu, pasokan mobil untuk konsumen menjadi terganggu karena kendaraan tak akan pernah bisa sampai sesuai harapan. Pihak brand sampai merilis pernyataan maaf kepada kalangan konsumen atas insiden ini. (EKA ZULKARNAIN)

    Sumber: washingtonpost dan ragam sumber

    Baca juga: Api Padam, Kapal Pembawa Mobil Mewah Sudah Ditarik Dari Tengah Laut

    Mobil Volkswagen Pilihan

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Artikel Feature