Hyundai Ioniq 6 Versi Produksi Debut, Lebih Dari Sekadar Sedan Listrik

  • 2022/06/Hyundai-Ioniq-6-EV-4.jpg
  • 2022/06/Hyundai-Ioniq-6-EV-2.jpg
  • 2022/06/Hyundai-Ioniq-6-EV-3.jpg
  • 2022/06/Hyundai-Ioniq-6-EV-5.jpg
  • 2022/06/Hyundai-Ioniq-6-EV-1.jpg

JAKARTA, Carvaganza – Setelah sukses meramaikan pasar kendaraan listrik lewat Kona Electric, Ioniq dan Ioniq 5 di sejumlah negara, Hyundai Motor Group kembali menggebrak dunia lewat kehadiran Ioniq 6. Sosoknya digadang-gadang menjadi pesaing berat dari Tesla Model 3 dan memiliki bekal teknologi yang tak kalah menarik untuk diulas.

Hyundai Ioniq 6 lahir dari basis desain dari Hyundai Prophecy Concept yang juga pernah dipamerkan di ajang GIIAS 2021 lalu. Diklaim bahwa ini mobil listrik paling efisien yang Hyundai pernah ciptakan.

Menampilkan konsep sedan yang modern, Hyundai Ioniq 6 memiliki sejumlah fitur menarik di sejumlah bagian eksteriornya. Salah satunya ialah lampu utama dengan teknologi LED yang terlihat lebih modern dan kaca spion yang menggunakan kamera sebagai reflektornya. Sementara itu seluruh pintunya juga sudah didukung dengan flush door handle yang diklaim memberikan efisiensi aerodinamika yang lebih maksimal pada kendaraan. Beralih ke bagian belakang, Hyundai Ioniq 6 juga menampilkan lampu belakang dengan konsep Parametric Pixel LED yang membentang di sepanjang buritan.

Hyundai Ioniq 6

Pada bagian kabin, beberapa sumber menyatakan bahwa Hyundai Ioniq 6 juga akan menggunakan konsep yang sama dengan Ioniq 5. Sejumlah kemiripan terlihat pada desain dashboard dan lingkar kemudi yang juga diambil dari Ioniq 5 serta dukungan layar 12 inci yang menampilkan layanan hiburan serta informasi kendaraan di tengah dashboard. Pada Ioniq 6 tema kabin yang digunakan adalah two tone demi memberikan kesan yang lebih mewah dan dinamis serta sejumlah penambahan fitur-fitur baru yang berorientasi pada kenyamanan penumpang.

Baca Juga: Hyundai Rilis Teaser Interior MPV Stargazer, Ada Bocoran Mesin dan Variannya

Kemiripan tersebut makin menegaskan bahwa keduanya juga menggunakan platform yang sama yakni Electric Global Modular Platform (E-GMP) dengan dukungan baterai berkapastias 77,4 kWh. Belum ada spesifikasi resmi soal data teknis yang dimiliki oleh Hyundai Ioniq 6, namun ditaksir tenaganya bisa mencapai 300 hp dengan kemampuan jelajah hingga 400 km dan berpenggerak all wheel drive (AWD) dari dua motor listrik.

Hyundai Ioniq 6

Namun jika merujuk pada kemampuan yang dimiliki oleh Hyundai Ioniq 5, bisa dipastikan Ioniq 6 memiliki konsep yang jauh lebih menarik lagi. Kabarnya akan mampu tempuh jarak 700 km sekali isi baterai. Apalagi Hyundai juga tengah gencar menyematkan fitur keselamatan seperti SmartSense pada beberapa kendaraan terbarunya, jadi tidak menutup kemungkinan Ioniq 6 juga akan ditawarkan dengan fitur tersebut.

"Ini sederhana, desain reduktif, dengan kap rendah, posisi kabin ke depan, dan rumah kaca menukik. Ini volume murni, proporsi yang tidak dapat Anda lakukan dengan kendaraan mesin pembakaran internal,” kata Hyundai's head of global design, SangYup Lee saat membicarakan konsep desain dari Ioniq 6.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: BMW Seri 5 Touring Dapat Facelift, Harga Rp 1,687 Miliar dan Unit Terbatas

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature