GWM Siap Ramaikan Pasar Indonesia Tahun Ini, Fokus Pada Segmen Elektrifikasi

GWM ungkap rencana awal untuk masuk ke pasar Indonesia tahun ini, termasuk untuk produksi lokal kendaraan elektrifikasi.

GWM Indonesia Line Up

JAKARTA, Carvaganza - Pabrikan Cina akan semakin ramaikan pasar otomotif Indonesia tahun ini. Tidak lama lagi, Great Wall Motors (GWM) akan debut dengan membawa tiga merek sekaligus, yaitu Tank, Ora, dan Haval. Ketiganya akan hadir berfokus pada segmen NEV (New Energy Vehicle), alias elektrifikasi. GWM Indonesia sudah mengungkap beberapa rencana mereka untuk kehadirannya.

GWM Indonesia hadir melalui PT Inchcape Indomobil Energi Baru Indonesia, merupakan hasil joint venture antara Inchcape dan Indomobil Group. Rekam jejak GWM telah berhasil mencapai penjualan kendaraan sebanyak 1 juta unit secara global dalam 8 tahun berturut-turut, menjadi modal mereka pede masuk ke Tanah Air.

Dijelaskan oleh Constantinus Herlijoso sebagai General Manager GWM Indonesia, mereka adalah Perusahaan yang berkutat di bidang intelligent dan new energy (NEV). Dengan visi untuk memperkuat kemampuan dan sistem kendaraan, serta focus pada operasional dan manajemen. Nilai inti yang mereka bawa ke pasar Indonesia terdiri dari; New Energy, New Intelligence, dan New Experience.

GWM Haval H6

Apa yang dimaksud New Energy? Ini adalah istilah yang GWM pakai untuk produk kendaraan berteknologi sustainable dan energi ramah lingkungan. New Energy yang dimaksud meliputi jenis kendaraan plugless hybrid (HEV), plug-in hybrid (PHEV), full battery (BEV), dan hydrogen fuel cell (FCEV).

Baca Juga: Pasar Berkembang, Pemerintah Kaji Insentif Untuk Mobil Hybrid

Komitmen yang kuat dijanjikan oleh GWM untuk penetrasi ke pasar Indonesia. Bukan Cuma mendatangkan produk, tapi juga akan memproduksi lini kendaraannya di Indonesia.

“Terkait dengan komitmen kami untuk melakukan produksi di Indonesia tentu saja akan tetap berjalan, dan produksi akan dimulai di kuartal kedua tahun ini. Tapi sebelum kita menjual kendaraan yang kita produksi, kami akan bridging dengan mengisi pasar dengan kendaraan yang kita akan impor secara penuh,” kata Herlijoso dalam konferensi pers di Senayan, Selasa (20/2/2024).

GWM akan memanfaatkan fasilitas pabrik milik Inchcape dan Indomobil di Wanaherang, Bogor. Pabrik ini sendiri sebelumnya telah menjadi pusat perakitan (CKD) produk Mercedes-Benz. Dan seperti yang diketahui, Mercedes-Benz di Indonesia juga sudah diambil alih oleh Inchcape sejak pertengahan 2023.

Untuk tahun ini, penjualan produk akan diawali oleh model SUV. Utamanya dari merek Haval, yang menawarkan ragam SUV bermesin hybrid. Kemudian akan menyusul dari Tank, yang juga bermain di segmen SUV hybrid, namun kelas premium.

GWM Tank

“Produk apa yang menjadi backbone, seperti yang saya sampaikan kita akan hadir di segmen yang Anda tahu cukup besar, SUV compact dan medium. Jadi kami akan fokus secara volume di dua segmen tersebut, yaitu kita akan hadir dengan Haval H6 dan Jolion,” tambah Rendi Radito, Sales and Network Director GWM Indonesia.

Sementara untuk Ora, akan menyusul kemudian dengan produk yang berkonsentrasi di segmen full electric city car. Tidak disebutkan spesifik kapan Ora akan mulai ditawarkan ke pasar Indonesia. Namun berkaca ke pasar Thailand, penjualan produknya, Ora O3 atau Good Cat, terbilang diterima cukup baik.

Tidak hanya produk, GWM tentu akan hadirkan juga jaringan dealer resmi untuk memberikan pelayanan menyeluruh kepada para konsumen. Secara bertahap jaringan dealer resmi akan dikembangkan tahun ini, sambil menunjuk rekanan dealer terpercaya.
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: IIMS 2024: BMW Pamer iX & iX1 Jadi Model Andalan, Ada Penawaran Menarik

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil GWM Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza