General Motors Bukan Cuma Pabrikan Mobil, Banyak Hal Menarik Lain Yang Pernah Diproduksi

Ion Thruster General Motors

JAKARTA, Carvaganza - General Motors (GM) dikenal sebagai pabrikan otomotif dari Amerika Serikat yang sering menghadirkan muscle car. Namun, pabrikan ini nyatanya tak melulu memproduksi mobil, sepanjang sejarah keberadaannya ia telah melakukan banyak diversifikasi bisnis. Berbagai produk di luar otomotif pun dibuatnya. Ada apa saja?

AC

1. Air Conditioner (AC)

Pada 1919 hingga 1979, GM sempat memproduksi perangkat elektronik ini. Melalui anak perusahaannya Frigidaire. Sampai saat ini perusahaan tersebut masih membuatnya, bahkan merambah ke perangkat rumah tangga lainnya. Selain Frigidaire, GM juga memiliki divisi lainnya yakni Harrison yang memproduksi radiator dan heat exchanger rumahan serta untuk pesawat luar angkasa. Seiring waktu divisi tersebut beralih membuat AC untuk kendaraan. Adapun model pertama yang memakainya yaitu Pontiac 1950.

Grumman F4F

2. Pesawat Terbang

GM berkontribusi cukup besar pada Perang Dunia II. Terdapat dua divisi ciptaan GM yang menggarap produksi pesawat. Pertama adalah Eastern Aircraft Division yang membantu produksi pesawat militer Grumman. Kemudian Fisher Body yang mendesain P-75 Eagle, meski model tersebut tak pernah diproduksi massal. Menariknya, ketertarikan GM terhadap pesawat berlanjut dengan membeli perusahaan North American Aviaton (NAA). Di mana mengalami merger dengan General Aviation Manufacturing pada 1933 dengan tetap mempertahankan namanya. NAA sendiri dikenal dengan produk ikoniknya P-51 Mustang Fighter.

Baca Juga: Porsche Siapkan SUV 3 Baris, Tapi ...

Oldsmobile Senjata

3. Senjata

Pada perang dunia kedua, divisi Oldsmobile milik GM membuat banyak meriam dan senjata berkaliber besar. Komponen tersebut dipasangkan ke pesawat pembom B-25 dan tank Sherman. Senjata lain yakni Phalanx CIWS, alat pertahanan jarak dekat. Ia dibuat GM hughes Electronics Corporation. Perusahaan merger antara Hughes Aircraft yang dibeli GM pada 1985 dengan Delco Electronics. Pembuatan senjata tersebut masih berlangsung hingga sekarang. Bisnis senjata GM juga merambah misil. Beberapa di antaranya seperti Tomahawk, AGM-129 ACM dan FIM-92 Stinger. Meski pada 1997 GM menjual bisnis tersebut ke Raytheon.

Tank

4. Tank

Masih di bidang alat tempur, GM pernah membuat tank pada era perang dunia kedua. Penggarapan diserahkan ke divisi-divisi yang dimiliki. Contohnya divisi Buick yang dikenal membuat mobil eksentrik pada saat itu memproduksi M18 Hellcat. Kemudian Divisi Cadillac Gage turut memproduksi M-5.

Radio

5. Radio

Radio dibuat GM melalui anak perusahaannya General Motors Radio Corporation. Perangkat pemancar suara tersebut disematkan untuk model Cadillac dan LaSalle pada 1930. Pada waktu itu karena ukurannya yang cukup besar, ia tak ditempatkan di dashboard melainkan di bawah. Kemudian pada 1936 GM mampu membuat radio yang lebih kompak untuk disematkan di dashboard.

EDS Campus GM

6. Sistem Komputer

Melalui anak perusahaan Electronic Data System, GM membuat beragam sistem komputer. Beberapa karyanya seperti membuat sistem penghitungan skor untuk Olimpiade dan manajemen Internal Revenue United Kingdom. Meski pada akhirnya ia dilepaskan GM pada 1996 dan kemudian dibeli Hewlett-Packard pada 2009.

Baca Juga: Andre Taulany Bikin BMW E30 Jadi Hatchback, Sampai Diakui Dunia

Face Mask GM

7. Face Mask

Bisnis ini terbilang baru bagi GM, karena dimulai semenjak pandemi Covid-19 merebak. Melalui MG Technical Center, pabrik tersebut mampu membuat 1,5 juta face mask dalam sebulan. Namun, pengembangan tak sampai di situ lantaran mereka mulai membuat facepiece respirator yang lebih tinggi tingkatannya. Usaha tersebut masih berjalan, bahkan GM mendapatkan kontrak dari pemerintah pada 2021 untuk menyuplai 10 juta masker.

Alat Pacu Jantung GM

8. Alat Pacu Jantung

Sektor kesehatan sebenarnya pernah digarap GM sejak lama. Berada di bawah GM Research Laboratories, mereka pernah membuat alat pacu jantung. Hal ini didasari dari pemahaman bahwa mereka sering membuat alat pemacu untuk bensin, pelumas dan air. Sehingga membuat alat pacu darah bukan jadi hal sulit. Mesin yang dibuatnya pun menyerupai dapur pacu 12 silinder. Percobaan pertama dilakukan pada operasi Herry Opitek di Universitas Harper pada 1952. Orang itu pun hidup hingga 29 tahun kemudian.

Ion Thruster General Motors

9. Pendorong Tenaga Ion

Sama seperti pesawat, pengembangan produk ini berada di bawah Hughes Research Laboratories (HRL) milik GM. Pendorong ion tersebut disematkan pada Deep Space 1 dan diluncurkan pada 1998. Pada 1997 GM menjual sebagian kepemilikan kepada Raytheon untuk pengembangan satelit, hingga akhirnya pada 2000 perusahaan pesawat Boeing ikut bergabung memiliki HRL.

Lokomotif GM

10. Lokomotif

Diversifikasi bisnis GM turut merambah dunia kereta api. Pada 1930 ia membeli perusahaan Electro-Motive yang selama 8 tahun sebelumnya membuat lokomotif. Lantaran dimiliki GM, bisnisnya pun berkembang dengan salah satu produk paling ikoniknya M-10000 Streamliner pada 1934. Cukup lama GM bergerak di bidang tersebut hingga pada 2005 Electro-Motive dijual kepada Caterpillar Inc.
(MUHAMMAD HAFID / WH)

Baca Juga: Michelin Gerakkan Reforestasi Hutan Tanam 6.000 Bibit Pohon di Jakarta, Jambi dan Jawa Barat

Sumber: Autocar

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza