Gara-Gara Pasokan Chip Semikonduktor, Beli Mazda Bisa Inden Sampai Enam Bulan

Mazda

JAKARTA, Carvaganza - Krisis chip semikonduktor masih terjadi di industri otomotif saat ini, yang dampaknya dirasakan oleh mayoritas pabrikan termasuk di Indonesia. Mazda salah satu yang merasakan dampak negatif kelangkaan ini, hingga membuat beberap model harus inden lama.

Salah satu model populer adalah Mazda CX-3. Bagi calon konsumen, harus rela menunggu hingga enam bulan untuk mendapatkan crossover seharga Rp 365,5 juta tersebut.

“Inden ini lumayan bagi kita. Ada yang tiga bulan sampai empat bulan. Bergantung model. Salah satu alasannya ya karena pasokan chip,” ucap Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Mazda Indonesia, saat ditemui Selasa (26/7/2022).

Mazda CX-3 1,5

Ricky mengungkapkan pihaknya selalu membuka jalur komunikasi dengan calon konsumen terkait kendala yang ada saat ini. Pihaknya juga terus mengikuti arahan Mazda Motor Corporation (MMC) selaku induk perusahaan terkait strategi yang diterapkan untuk menangani masalah chip.

Baca Juga: Mazda Luncurkan Mazda2 Sedan dan CX-8 Terbaru, Punya Ragam Penyegaran

“Kami terus mengikuti strategi dari MMC sebab ini kan bagian dari global. Jadi memang ini sudah dipikirkan matang dari pihak prinsipal guna menghadapi situasi ini untuk kebutuhan yang ada di Indonesia,” ucap Ricky.

Lantas apakah ada rencana untuk memproduksi unit Mazda di Indonesia? Ricky mengungkapkan pihaknya terus mempelajari kemungkinan tersebut. Termasuk berusaha untuk memperpendek waktu tunggu agar konsumen tidak beralih ke merek lain karena menunggu lama.

Mazda CX-9 AWD

“Kalau rencana CKD kita sedang pelajari. Tidak spesifik hanya satu model tapi untuk kita lihat semua kemungkinan model yang ada,” ucap Ricky.

Mazda Indonesia sendiri baru meluncurkan dua produk terbaru yakni Mazda2 Sedan dan New Mazda CX-8. Keduanya juga sudah ditargetkan mampu terjual 60 unit dan 40 unit per bulan dengan banderol harga Rp 338 juta dan Rp 795,5 juta dengan status on the road wilayah DKI Jakarta.

Baca Juga: Harga Sama Seperti Hatchback, Ini Daftar Keunggulan Mazda2 Sedan

Ricky optimis kedua model andalan ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Tanah Air. Utamanya untuk Mazda2 sedan yang hadir sebagai alternatif produk bagi penggemar sedan. Selain itu tawaran pajak yang kini sama dengan kendaraan lain membuat sedan belakangan kembali dilirik konsumen.

“Sebenarnya mobil sedan juga ada keuntungannya, seperti lebih nyaman dikendarai saat macet. Jadi kenapa tidak kita sekalian menawarkan mobil sedan yang saya yakin juga bisa memberikan nilai lebih dan pilihan kepada konsumen,” ucap Ricky.

Mazda2 Sedan terbaru mengusung mesin Skyactiv-G 1.5 liter in-line 4 silinder DOHC 16 valve S-VT dengan output tenaga 111 ps (108 hp) pada 6.000 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.000 rpm. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Mazda OTO Exhibition

Fitur keamanannya terdiri dari airbags yang hadir di depan dan di bagian samping, pengereman ABS, EBD dan BA sebagai standar. Tersedia juga dynamic stability control dan traction control system, hill launch assist, rear parking sensor dan kamera belakang.

Masih ada fitur Safety i-Activesense yang terdiri dari blind spot monitoring dan rear cross traffic alert. Sistem keamanannya hadir dari immobilizer dan smart keyless entry. Fitur lainnya adalah kehadiran GVC Plus yang dipadukan dengan Skyctive-Vehicle Dynamic dan Skyactiv-Vehicle Architecture.

New CX-8 menawarkan desain KODO yang hadir dengan kesan elegan. Ubahannya ada di desain grille depan baru, velg 19 inci dengan desain spoke mewah serta lampu LED berteknologi adaptive front lightning system.

Masuk ke kabinnya, kesan lapang langsung hadir. Sentuhan mewah hadir dari penggunaan bahan kulit Nappa di seluruh bagian dan hadirnya sunroof untuk kesan yang lebih luas.

Mazda2 Sedan

Pada baris kedua hadir captain seat yang dilengkapi konsol tengah dan seat ventilation untuk kenyamanan. Hiburannya hadir dari sistem audio premium BOSE, Mazda Connect serta Wireless smartphone integration. 

Fitur lainnya adalah hadirnya handsfree power liftgate, 360 view monitor, dan smart city brake support. Masih ada Lane departure warning, blind spot monitoring dan rear cross traffic alert. 

Mesinnya masih menggunakan tipe Skyactiv-G 2.5 liter empat silinder DOHC dengan tenaga 190 ps / 185 hp pada 6.000 rpm dan torsi 252 Nm pada 4.000 rpm. Transmisinya menggunakan tipe otomatis enam percepatan.
(SETYO ADI / WH)

Baca Juga: Makin Keren, Ini Sejumlah Ubahan Pada New Mazda CX-8

Mobil Mazda Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature