Beranda Features Tips Memilih Kaca Film Mobil yang Benar

Tips Memilih Kaca Film Mobil yang Benar

Ilustrasi pemasangan kaca film

JAKARTA, 15 Juli 2018 – Penggunaan kaca film sangat penting untuk mobil. Bukan hanya sekedar gaya, tetapi kaca film dipasang karena kebutuhan. Salah satunya adalah untuk meredam panas sinar matahari, hingga ultra violet (UV).

Untuk itu, perlu dipilih kaca film yang tepat untuk mobil Anda. Selain soal visibilitas atau tetap bisa dilihat juga sekaligus meredam panas sinar matahari. Saat ini banyak beredar kaca film berbagai merek. Mulai dari biasa hingga Premium. Nah, bagaimana memilih yang tepat untuk mobil Anda?

Berikut bererapa tips ringan memilih kaca film yang benar.

1. Tingkat Kegelapan

Banyak yang berpikir makin gelap mobil makin baik kaca film. Padahal tidak begitu. Untuk keamanan berkendara yaitu visibilitas tetap jelas, kaca film pada mobil harus sesuai dengan peruntukan. “Misalnya untuk kaca depan sebaiknya gunakan kaca film dengan tingkat kegelapan maksimal 20%,” kata Arta Alfata AP, Marketing Communication Manager ICE-µ.

Menurut Arta, kaca film yang terlalu gelap di bagian depan akan menyulitkan pengemudi. Apalagi jika berkendaraan di malam hari. Meski sebagian lagi berpendapat kaca film yang gelap membuat tidak terlalu silau ketika berkendara di siang hari, dan mengurangi silau sorotan lampu pengendara dari arah lain di malam hari. “Meski sebaiknya, di bagian depan jangan gunakan kaca film yang terlalu gelap,” katanya. Alasannya, agar bisa mengatisipasi kondisi jalanan dan penerangan yang minim.

2. Pilih Kaca Film Yang Menolak Panas

Kaca film terdiri dari dua jenis, yakni menolak panas (reflectance) dan kaca film yang menyerap panas (absorpance). Kaca film dengan teknologi rendah hanya menyerap panas, sehingga lama kelamaan panas akan disalurkan ke kabin melalui re-radiasi. Selain itu, kaca film yang penyerap panas juga akan membuat kaca menjadi panas.

“Pilih kaca film yang memiliki kemampuan menolak panas, agar dapat menjaga kaca dan interior pada temperature yang sejuk dan nyaman,” kata Arta.

3. Pilih Kaca film dengan Layanan Purna Jual Terbaik

Saat ini banyak merek kaca film yang ditawarkan. Berbagai promosi dan janji diberikan. “Pilih merek yang menawarkan jaminan karena hal itu menunjukkan jika kaca film yang dijual berkualitas,” katanya. Kaca film ICE-µ tersedia dalam tiga varian yakni Luxury Series, Premium Series, dan Supreme Series. Harga yang ditawarkan untuk konsumen mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 8 juta, tergantung dari jenis dan ukuran mobil. Semuanya mendapat garansi 5 tahun.

ICE-µ yang dulu lebih dikenal dengan nama Konica Minolta merupakan pemain baru di Tanah Air. Meski demikian ICE-µ cukup mengejutkan karena menjadi kaca film Original Equipment Manufacturer (OEM) Mitsubishi Xpander, kendaraan Low MPV yang diproduksi pertama kali di dunia di Pabrik Mitsubishi Cikarang, Bekasi, mulai 2017 lalu. Selain itu mereka juga dipasang di SUV Mitsubishi Outlander dan city car Mirage.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

Datsun Go+ Community Indonesia Nikmati Gunung Bromo

JAKARTA, 20 November 2018 – Komunitas Datsun Go+ Community Indonesia (DGCI) menikmati kemegahan Gunung Bromo, Jawa Timur, berserta lautan pasirnya...

Carlos Ghosn, Orang Besar Yang Terancam Runtuh

TOKYO, 20 November 2018 – Carlos Ghosn, bukan nama baru di dunia otomotif. Dialah orang yang sukses membangun aliansi pabrikan...

Komunitas BMW E36ID Semangat ke Bimmerfest Meski Mobil Rusak

JAKARTA, 20 November 2018 -- Gelaran kumpul akbar para pecinta BMW di ajang Indonesia Bimmerfest 2018 di Semarang, Jawa Tengah,...

Lamborghini SC18, Pesanan Spesial Divisi Balap

SAN’TAGATA, 20 November 2018 – Sebuah model eksklusif kini hadir dari Lamborghini yang dirancang oleh divisi balap, menggunakan basis Lamborghini...

Kasus Ghosn Bikin Gempar, Saham Renault dan Nissan Terjun Bebas

TOKYO, 20 November 2018 – Penangkapan Chairman Nissan, Carlos Ghosn, oleh pihak berwajib Jepang membuat dampak besar. Saham Renault tempat...