Beranda EDITOR'S PICKS The One and Only Cars

The One and Only Cars

Ada yang dibuat hanya dalam 6 minggu, ada pula yang didesain untuk menyambut Tahun Naga. Tapi mobil-mobil ini punya kesamaan, hanya ada satu di dunia.

KETIKA seorang car enthusiast menyukai sebuah kendaraan, ia akan melakukan berbagai cara agar dapat memilikinya. Well, paling tidak mengendarainya. Tapi seiring dengan waktu, ketika itu semua sudah terwujud, hal tersebut tak lagi cukup. Ada kebanggaan tersendiri ketika kita mendapatkan mobil yang hanya ada satu di dunia.

Beberapa manufaktur, terutama pabrikan mobil sportscar, supercar maupun hypercar membangun satu mobil khusus untuk pelanggannya, dengan harga yang sesuai tentunya. Terkadang mereka membuat one-off car untuk menarik calon pembeli berkantung tebal.

Lantas apa bedanya dengan bespoke yang kerap ditawarkan produsen-produsen mobil ultra premium? Program tersebut memang menawarkan personalisasi, tapi “hanya” sebatas warna, material interior dan penambahan kecil. Sedangkan one-off car merupakan varian yang memang didesain dan diproduksi satu unit saja. Tentu saja prestisenya berbeda. Berikut beberapa mobil yang hanya satu-satunya di dunia.

Lamborghini Aventador J

Menciptakan sebuah mobil, apalagi supercar premium, membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Tapi tak begitu dengan Lamborghini Aventador J yang diluncurkan di Geneva Motor Show 2012. Mobil ini hanya dibangun dalam enam minggu saja! Dan Aventador J bukanlah mobil konsep, melainkan road car legal di Italia. Desainernya, Filippo Perini, menceritakan bahwa pada pertengahan Januari 2012 CEO Lamborghini saat itu, Stephan Winklemann, meminta timnya untuk membuat sesuatu yang akan dipamerkan di Geneva Motor Show yang berlangsung pada pertengahan Maret 2012. Jadi Perini mendesain mobil from scratch dalam satu akhir minggu. Mereka mewujudkan desain hanya dalam satu setengah minggu. Padahal biasanya pabrikan baru memutuskan bentuk tombol volume radio dalam waktu sesingkat itu.

Aventador J bukan sekadar Aventador standar tanpa atap dan kaca depan. Aventador J hanya menggunakan kap mesin, fender depan dan belakang, serta headlight Aventador. Sisanya sama sekali baru. Mengingat waktu pembuatannya yang singkat, hal ini merupakan pencapaian yang mengagumkan bagi Lamborghini. Aventador J menggunakan mesin besar V12 6,5 liter yang menyediakan tenaga 700 hp dengan top speed mencapai 300 km/j.

Lebih cepat dari waktu pembuatan, supercar ini sudah laku terjual ke seorang pengusaha sebelum dipamerkan ke Geneva Motor Show. Pembelinya tentunya luar biasa kaya. Pasalnya ia langsung membayar US$2,3 juta untuk mobil tersebut dalam rentang waktu sesingkat itu.

Ferrari SP12 EC

Dua huruf di belakang nama mobil ini merupakan singkatan dari Eric Clapton. Ya, dewa gitar yang pernah bergabung dengan band psychedelic rock Cream tersebut merupakan pemilik Ferrari SP12 EC. Sportscar ini didesain oleh Centro Stile Ferrari, bekerjasama dengan Pininfarina dan para engineer di Maranello. Permintaan Clapton sederhana saja, ia ingin mobil yang terinspirasi dari 512 BB, model favoritnya. Sebagai catatan, ia punya tiga. Tak hanya itu, ia ingin mobil tersebut dipersenjatai dengan mesin 458 Italia.

Di bawah One-Off Programme Ferrari, terciptalah SP12 EC yang diperkenalkan pada Mei 2012 dan sempat tampil di ajang bergengsi Goodwood 2013. Tampilannya memancarkan lekuk-lekuk 512 BB, terutama di bagian belakang. Tapi istimewanya, Ferrari berhasil memadukan nuansa klasik 512 BB dengan unsur modern sehingga sportscar ini terlihat pantas mengusung mesin 458 Italia.

Berbekal V8 4,5 liter, SP12 EC menyemburkan tenaga 570 hp dengan kecepatan maksimal 325 km/j. Ferrari memadukannya dengan transmisi dual-clutch 7-kecepatan yang mampu melesat dari diam ke 100 km/j hanya dalam 3,4 detik saja. Clapton harus mengeluarkan US$4,7 juta untuk mendapatkannya.

Bugatti Veyron Wei Long

Hadir di Beijing Auto Show 2012, Veyron Wei Long diciptakan untuk memperingati Tahun Naga. Hypercar ini merupakan hasil kolaborasi antara Bugatti dengan Konigliche Porzellan Manufaktur (KPM) Berlin. Eksterior dan interiornya menggunakan bahan porselen, sama seperti Veyron L’or Blanc yang diluncurkan pada 2011. Interior Veyron Wei Long yang didominasi warna merah terlihat kontras dengan bodinya yang berkelir putih mutiara. Pada beberapa bagian, seperti tutup tangki bahan bakar dan pelumas, terdapat relief berbentuk naga. Logo naga juga terlihat pada headrest dan karpet sutra murni yang dikerjakan dengan tangan.

Nama Bugatti identik dengan mobil bermesin buas. Maka tak heran jika Veyron Wei Long dipersenjatai mesin besar W16 8,0 liter. Performanya tak tanggung-tanggung, tenaganya bisa mencapai 1.200 hp dan torsi 1.500 Nm! Hypercar ini hanya membutuhkan 2,6 detik untuk mencapai 96 km/j dari kondisi diam dengan top speed 410 km/j. Kabarnya mobil seharga €1,58 juta ini sudah laku terjual.

Pagani Zonda 760 LH

Pagani Zonda 760 LH berkelir ungu ini didesain khusus untuk Lewis Hamilton, juara dunia Formula One tiga kali. Anda tak perlu berotak jenius untuk tahu kepanjangan dari dua huruf di belakangnya. Dari seluruh Pagani Zonda 760 yang ada di dunia – dan memang tak banyak – inilah mobil pertama yang menggunakan transmisi manual sesuai permintaan Hamilton. “Ketika mengemudikan mobil untuk kesenangan pribadi, saya lebih memilih [bertransmisi] manual,” katanya.

Zonda 760 LH dibekali mesin V12 7,3 liter. Sesuai namanya, tenaganya sebesar 760 hp dengan torsi 780 Nm. One-off car ini memiliki kecepatan maksimal 350 km/j dan mampu melesat 0-96 km/j dalam 2,6 detik saja. Hamilton membawa supercar ini ke garasinya setelah menggelontorkan uang £1,5 juta.

MIRAH PERTIWI

Kolom Komentar



latest updates

Asosiasi Parkir Indonesia Tolak Kenaikan Pajak Parkir 30%

JAKARTA, 24 Oktober 2018 -- Penetapan retribusi parkir ditentang kuat oleh Indonesian Parking Association. Hal ini dilakukaan saat pelaksanaan Focus...

Suzuki All New Ertiga Untuk Pasar Lokal dan Ekspor Hampir Sama

CIKARANG, 24 Oktober 2018 – Suzuki All New Ertiga yang diekspor ke-22 negara di dunia memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda...

Nissan Terra, Mitsubishi Pajero Sport, dan Toyota Fortuner, Mana yang Lebih Layak?

JAKARTA, 23 Oktober 2018 -- PT Nissan Motors Indonesia (NMI) telah mengirimkan release kepada redaksi Carvaganza, di dalamnya tertera harga...

Suzuki All New Ertiga Yang Diekspor ke-22 Negara Diproduksi di Cikarang

CIKARANG, 23 Oktober 2018 – Low MPV Suzuki All New Ertiga yang dieskpor ke-22 negara di Benua Asia, Amerika Latin dan...

Jelajah Nusantara Bersama Honda CR-V Turbo Lintasi Kalimantan

JAKARTA, 23 Oktober 2018 -- Setelah menempuh perjalanan lebih dari 8.000 km melintasi pulau Sumatra dan Jawa, rombongan ”Jelajah Nusantara...