Beranda EDITOR'S PICKS Persiapkan Mudik dengan Baik, Baca Tips Ini

Persiapkan Mudik dengan Baik, Baca Tips Ini

JAKARTA, 10 Juni 2018 — Liburan lebaran sudah hampir tiba. Kota-kota besar di Indonesia akan ditinggalkan sementara oleh penghuninya untuk mudik ke kampung halaman yang sudah menjadi tradisi yang ditunggu-tunggu.

Mudik hampir selalu menjadi momen yang indah dan tak terlupakan bagi anggota keluarga. Namun, kalau mudik tidak diperhitungkan dengan baik, malah bisa menjadi pengalaman yang tidak mengenakkan. Untuk itu, bagi keluarga Indonesia yang hendak mudik ke kampung halaman dengan kendaraan hendaknya melakukan persiapan secara matang. Tak hanya persiapan dari kondisi kendaraan, melainkan juga dari sisi  pengemudi dan penumpang.

Carvaganza punya berbagai tips agar perjalanan mudik ke kampung halaman berjalan aman dan nyaman.

1. Bawa barang-barang yang hanya dibutuhkan.

Jangan membawa barang-barang yang tidak dibutuhkan untuk mudik. Bawa barang-barang yang memang sangat dibutuhkan  demi keselamatan Anda di jalan. Barang yang berlebihan membuat beban yang dibawa mobil terlalu berat.

2. Istirahat yang cukup

Bagi anggota keluarga yang hendak mudik, sebaiknya istirahat dengan cukup sebelum memulai perjalanan dengan kendaraan ke kampung halaman. Saran ini terutama untuk pengemudi mobil, yang biasanya dilakukan oleh bapak sebagai kepala keluarga agar pada saat mengemudi sepanjang perjalanan tetap bisa segar dan fokus.

3. Meluangkan istirahat di perjalanan

Selama dalam perjalanan, dianjurkan untuk beristirahat secara berkala setelah 2 – 3 jam mengemudi. Durasi istirahat antara 20 – 30 menit untuk mengistirahatkan anggota tubuh karena mengemudi bukanlah pekerjaan mudah. Istirahat berfungsi untuk menyegarkan kembali fisik sehingga fokus pada saat mengemudi dapat tetap terjaga. Istirahat berkala ini bisa dikombinasikan dengan menunaikan ibadah Sholat bagi yang beragama Islam.

4. Hindari minum minuman berkafein atau soda yang berlebihan.

Biasanya, jika kita terlalu berlebihan mengemudi dan ingin menjaga stamina agar tetap bisa fokus pada saat mengemudi kita mengonsumsi minuman berkafein atau soda karena memang rasanya menyegarkan. Jangan mempertaruhkan keamanan dan keselamatan keluarga Anda hanya karena ingin cepat-cepat sampai sehingga Anda mengabaikan istirahat berkala dan memilih minum-minuman berkafein secara berlebihan.

Seharusnya, jaga badan agar tetap fresh dengan istirahat cukup sehingga mengemudi tetap fokus.  Istirahat secara berkala juga penting bagi keluarga yang membawa anak kecil untuk menghindari anak rewel di jalanan.

5. Memilih tempat istirahat yang tepat.

Pada saat mudik, kondisi lalu-lintas ke kampung halaman akan menjadi lebih padat daripada biasanya. Untuk memastikan perjalanan tetap aman dan nyaman, Anda harus memilih tempat-tempat istirahat yang baik dan terjamin keamanannya.

Hal ini selain berguna bagi keselamatan diri keluarga, juga untuk keamanan kendaraan Anda.

6. Siapkan Kotak P3K

Jangan lupa siapkan obat-obatan yang dibutuhkan dan simpan di kotak P3K. Misalnya obat betadine, minyak angin dan obat sakit kepala dan cek tanggal kadaluarsa obat-obatan tersebut.

7. Hiburan

Jangan lupa hiburan di sepanjang perjalanan itu perlu. Untuk menghindari kebosanan, pilih koleksi buku, lagu atau pun film yang menjadi kesukaan Anda atau anak-anak Anda serta anggota keluarga lainnya. Hiburan akan menjadi teman yang menyenangkan sepanjang perjalanan, dan bisa mengurangi stress.

8. Peta

Carilah informasi sebanyak mungkin tentang rute-rute perjalanan yang bakal Anda lalui. Di era serba digital ini, informasi-informasi tersebut bisa Anda download dari smartphone, beda dengan jaman dulu. Di situ Anda akan menemukan informasi letak pom bensin, bengkel, posko Lebaran, dan kondisi jalan.

Anda bisa menemukan informasi ini di peta-peta digital yang tinggal download saja aplikasinya seperti Waze, Google Map dan lain-lain.

 EKA ZULKARNAIN

Kolom Komentar



latest updates

Volkswagen Indonesia Perkenalkan Layanan Booking Service Online

JAKARTA, 14 Desember 2018 – PT Garuda Mataram Motor (GMM), agen pemegang merek Volkswagen di Indonesia, melakukan terobosan untuk semakin...

TEST DRIVE: Peugeot 3008 2018, Young Blood

JUJUR, saya lebih menyukai Peugeot 3008 yang terbaru. Saya pernah mengemudikan Peugeot 3008 generasi pertama dan versi faceliftnya. Kesan saya...

Bocor! Ini Penampakan Toyota Supra Versi Produksi

TOKYO, 14 Desember 2018 – Toyota Supra terbaru sudah pasti akan meluncur versi produksinya pada awal tahun depan, mengakhiri penantian...

Nissan Genjot Terra Saingi Fortuner dan Pajero Sport

JAKARTA, 14 Desember 2018 – Nissan terus menggenjot kehadiran andalannya, Nissan Terra, untuk bertarung di pasar SUV Indonesia. SUV premium...

Daimler Serahkan 200 Unit Truk Mercedes-Benz Axor 4928 T

SEMARANG, 14 Desember 2018 -- PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), agen tunggal penjualan resmi kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia,...