Beranda EDITOR'S PICKS FEATURE: Cigarette Racing 515 Project ONE, Just Like Siblings

FEATURE: Cigarette Racing 515 Project ONE, Just Like Siblings

Teknologi selalu saling menginspirasi. Hal itu pula yang terjadi pada powerboats terbaru Cigarette Racing 515 Project ONE yang terinspirasi dari Mercedes-AMG Project ONE, supercar berteknologi hybrid Formula 1.

TEKNOLOGI yang diciptakan manusia biasanya merupakan hasil dari meniru alam. Kemudian dengan berkembangnya teknologi, mereka saling menginspirasi satu sama lain. Dan inilah yang terjadi dengan kapal performa tinggi terbaru terbaru yang merupakan hasil kolaborasi antara Mercedes-AMG dan Cigarette Racing.

Medio Februari 2018 lalu, kedua pabrikan ini memperkenalkan kapal berperforma tinggi terbaru yaitu Cigarette Racing 515 Project ONE yang terinspirasi dari supercar Mercedes-AMG Project ONE dalam rangka merayakan 11 tahun kolaborasinya. Tampil perdana di ajang Miami Boat Show 2018 lalu, Cigarette Racing 515 Project ONE hadir dengan teknologi dan proses pengembangan terkini dari Tim Cigarette Racing untuk menghasilkan kapal dengan performa terbaik layaknya sebuah supercar.

Cigarette Racing 515 Project ONE ini merupakan kapal kesembilan hasil kolaborasi dengan AMG, dengan panjang 51 kaki, 5 inci (sesuai dengan namanya) atau 15,67 meter, dan dapat mengangkut enam orang penumpang dengan nyaman di kabin penumpangnya. Dengan struktur badan komposit yang terdiri dari serat karbon, Kevlar® dan E-glass, kapal super cepat ini dapat dengan mudah melesat sampai 225 km/jam berkat bobotnya yang ringan.

Pemangkasan bobot ini antara lain dengan penggunaan material serat karbon di seluruh dek yang juga sekaligus dapat menempatkan titik berat kapal lebih rendah. Beberapa bagian struktur di bagian dalam dan panel-panel kabin juga menggunakan bahan serat karbon yang secara signifikan benar-benar memangkas berat. Secara keseluruhan, Cigarette Racing 515 Project ONE yang lebih panjang hingga 10 kaki (3 meter) dibandingkan kapal Cigarette Racing 41’ SD GT3 memiliki bobot lebih ringan hingga 2,2 ton. Bahan Kevlar ® juga digunakan pada bagian struktur dan rangka kapal untuk meningkatkan kekuatannya.

“Selama 11 tahun, Cigarette Racing telah menjadi mitra terpercaya yang memungkinkan kami untuk memperluas prinsip-prinsip kemampuan utama kami dari darat ke atas air,” ujar Tobias Moers, Chairman of the Board, Management of Mercedes-AMG GmbH. “Dengan menerjemahkan langsung teknologi Formula 1 dari lintasan sirkuit ke jalan raya, Mercedes-AMG Project ONE adalah kendaraan kami yang yang paling ambisus dan menakjubkan. Menjadi hal yang luar biasa melihat visi kami digambarkan kembali di atas air dalam wujud yang sangat mengesankan dan begitu menarik,” tambahnya.

Dalam menciptakan produknya ini, tim Cigarette Racing bekerja sama langsung dengan Gorden Wagener, Chief Design Officer Daimler AG, untuk menghadirkan signature dari kapal ini dengan paduan warna matte black dan silver serta desain grafis yang dapat mengingatkan langsung pada supercar Mercedes-AMG Project ONE. Ciri khas istimewa yang diberikan hingga detail ini juga berlanjut ke bagian kabin dengan penggunaan material serat-mikro Dinamica di sebagian besar interior yang dipadukan dengan tampilan serat karbon di beberapa bagian lain.

“Sebagai salah satu supercar paling istimewa yang pernah kami buat, Mercedes-AMG Project ONE merupakan sumber inspirasi dari kapal Cigarette Racing 515 Project ONE terbaru yang impresif ini,” ujar Gorden Wagener.

Di balik sosok kerennya, kapal Cigarette Racing 515 Project ONE ditenagai satu pasang jantung pacu Mercury Racing 1.350/1.550 QC4v (Quad Cam 4 Valve) yang diteruskan ke baling-baling M8, untuk mengantarkan tenaga maksimal hingga 3.100 hp.  Sumber tenaga ini merupakan mesin kalibrasi ganda yang memungkinkan pengemudi untuk memindahkan tingkatan tenaga mesin hanya melalui sebuah kunci elektronik. Kunci khusus balap (Race Key) tersebut dapat menambahkan tenaga ekstra hingga 1.550 hp dengan penggunaan bahan-bakar khusus balapan. Sementara itu kunci elektronik standar (Pleasure Key) digunakan untuk menghasilkan tenaga 1.350 hp yang dapat dicapai cukup dengan menggunakan bahan bakar beroktan 91. Penempatan mesin yang saling berdekatan serta berada di bagian bawah kapal turut meningkatkan kedinamisan dan stabilitas kapal saat berlayar.

Mercedes-AMG dan Cigarette Racing memiliki komponen balap dalam DNA-nya sehingga membuat kami menjadi mitra alami untuk melintasi batas-batasan desain dan performa tinggi,” ujar Skip Braver, CEO Cigarette Racing.

Mercedes-AMG dan Cigarette Racing memulai kerjasama pada 2007, terutama untuk melangsungkan aktivitas pemasaran bersama bagi para konsumennya. Baik di jalanan maupun di atas air, Mercedes-AMG dan Cigarette Racing bergabung dengan fokusnya masing-masing untuk mengantarkan performa terbaik. Sebagaimana rekannya yang merupakan produsen supercar Mercedes-AMG, spesialis powerboat panjang asal Amerika Serikat ini merupakan produsen kapal balap paling cepat dan eksklusif di dunia. Kapal-kapalnya memiliki fitur buatan tangan, berkualitas istimewa bagi para penggemarnya dan telah melewati pengujian di berbagai kondisi ekstrim.

Kapal Cigarette Racing 515 Project ONE terinspirasi dari Supercar Mercedes-AMG Project ONE yang melakukan debutnya di ajang Frankfurt Motor Show, September 2017 lalu dan mengaplikasikan teknologi hybrid jet darat F1 di balik badannya. Dengan mesin di tengah, jantung pacu V6 1,6 liter dengan turbocharger elektrik, mobil ini menghasilkan tenaga puncak hingga 1.000 hp dan mampu berlari hingga 350 km/jam. Mesinnya yang dapat berputar hingga 11.000 rpm menjadi salah satu ciri khas istimewa untuk sebuah mobil jalan raya. Semua teknologi performa tinggi yang ada di balik badan Project ONE memang diambil langsung dari mobil balap Formula 1 Mercedes-AMG Petronas.

BUDITYAS BANGUN BASUKI

Kolom Komentar



latest updates

Suzuki All New Ertiga Untuk Pasar Lokal dan Ekspor Hampir Sama

CIKARANG, 24 Oktober 2018 – Suzuki All New Ertiga yang diekspor ke-22 negara di dunia memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda...

Nissan Terra, Mitsubishi Pajero Sport, dan Toyota Fortuner, Mana yang Lebih Layak?

JAKARTA, 23 Oktober 2018 -- PT Nissan Motors Indonesia (NMI) telah mengirimkan release kepada redaksi Carvaganza, di dalamnya tertera harga...

Suzuki All New Ertiga Yang Diekspor ke-22 Negara Diproduksi di Cikarang

CIKARANG, 23 Oktober 2018 – Low MPV Suzuki All New Ertiga yang dieskpor ke-22 negara di Benua Asia, Amerika Latin dan...

Jelajah Nusantara Bersama Honda CR-V Turbo Lintasi Kalimantan

JAKARTA, 23 Oktober 2018 -- Setelah menempuh perjalanan lebih dari 8.000 km melintasi pulau Sumatra dan Jawa, rombongan ”Jelajah Nusantara...

Intersport Tuntaskan Gelaran Battle Drift di Yogyakarta

JAKARTA, 23 Oktober 2018 -- Setelah mengitari lima kota, akhirnya Intersport World Stage Qualifier Battle Drift memasuki babak akhir yang...