Beranda EDITOR'S PICKS Carvaganza Editors’ Choice Award 2018: Toyota C-HR

Carvaganza Editors’ Choice Award 2018: Toyota C-HR

Boleh dibilang, kemunculan Toyota C-HR di segmen compact SUV/crossover  khususnya di Indonesia cukup terlambat, apalagi jika melihat para kompetitornya yang sudah melakukan start beberapa tahun lebih awal. Sebut saja Mazda CX-3, Chevrolet Trax, Honda HR-V, serta Nissan Juke yang menegaskan lahirnya segmen ini.

Saya harus akui juga bahwa bukan keputusan yang mudah untuk menunjuk C-HR sebagai mobil pilihan saya untuk Carvaganza’s Editors Choice Award 2018 ini. Mobil ini muncul sebagai pilihan terbaik saya, menghadapi salah satu sportscar asal Jerman.

Toyota C-HR saya pilih bukan semata karena mobil ini adalah produk yang terbaik di kelasnya, dan ya, memang secara keseluruhan C-HR bukan produk terbaik di segmen ini. Di atas kertas, spesifikasi C-HR tidak selengkap CX-3 apalagi bila bicara soal fitur dan teknologi pendukungnya.

Ya, saya sempat meragukan C-HR karena begitu meluncur di Indonesia dengan harga mulai Rp 488,5 juta,  soalnya ini banderol paling mahal jika dibandingkan dengan para kompetitornya. Alasan saya akhirnya memilih C-HR lebih karena kesan yang sangat membekas setelah saya mencobanya langsung, bahkan meski belum melakukan pengujian menyeluruh.

“Driving is Believing”, kiranya menjadi ungkapan tepat alasan saya memilih C-HR. Sensasi berada di balik kemudinya menjadi yang paling berkesan. Kualitas pengendaliannya seolah menunjukkan aplikasi platform TNGA (Toyota New Global Architecture) membuat C-HR terasa seperti dari dunia yang berbeda, a whole new level!

Platform TNGA ini dibangun untuk menawarkan ikatan emosional dan kesenangan berkendara kepada pengemudi, khususnya pada C-HR yang berkarakter sporty. Dari posisi duduknya yang agak rendah ala coupe sampai karakter pengendaliannya yang terasa sangat berkelas dibandingkan produk Toyota yang pernah ada selama ini di Indonesia, C-HR terus saja memberikan kejutan.

Wahyu Hariantono (kiri) menyerahkan penghargaan untuk Toyota C-HR

Kemampuan bermanuver C-HR baik dari karakter kemudi dan suspensinya hampir menyamai apa yang selama ini saya rasakan pada mobil-mobil premium. Apalagi dengan CVT ‘ajaib’ yang mampu berikan sensasi perpindahan gigi manual layaknya transmisi otomatis konvensional, menjadi nilai plus lain untuk drivability C-HR.

Selain itu, desain eksterior C-HR yang edgy dan agresif turut mendukung sensasi “fun to drive”, sehingga menjadi paket yang atraktif. Tidak heran kalau nantinya C-HR bisa menjadi idola baru kaum millennial yang sangat peduli soal penampilan.

Jadi, saya memilih C-HR karena keberhasilannya menjawab rasa skeptis saya melalui kualitas drivability yang sangat mengesankan.

PILIHAN: WAHYU HARIANTONO/ FOTOGRAFER: SYAIFUL ACHMAD & RACHMAT HIDAYAT

Kolom Komentar



latest updates

Datsun Go+ Community Indonesia Nikmati Gunung Bromo

JAKARTA, 20 November 2018 – Komunitas Datsun Go+ Community Indonesia (DGCI) menikmati kemegahan Gunung Bromo, Jawa Timur, berserta lautan pasirnya...

Carlos Ghosn, Orang Besar Yang Terancam Runtuh

TOKYO, 20 November 2018 – Carlos Ghosn, bukan nama baru di dunia otomotif. Dialah orang yang sukses membangun aliansi pabrikan...

Komunitas BMW E36ID Semangat ke Bimmerfest Meski Mobil Rusak

JAKARTA, 20 November 2018 -- Gelaran kumpul akbar para pecinta BMW di ajang Indonesia Bimmerfest 2018 di Semarang, Jawa Tengah,...

Lamborghini SC18, Pesanan Spesial Divisi Balap

SAN’TAGATA, 20 November 2018 – Sebuah model eksklusif kini hadir dari Lamborghini yang dirancang oleh divisi balap, menggunakan basis Lamborghini...

Kasus Ghosn Bikin Gempar, Saham Renault dan Nissan Terjun Bebas

TOKYO, 20 November 2018 – Penangkapan Chairman Nissan, Carlos Ghosn, oleh pihak berwajib Jepang membuat dampak besar. Saham Renault tempat...