Beranda EDITOR'S PICKS Carvaganza Editors’ Choice Award 2018: Honda Civic 1.5L Hatchback Turbo

Carvaganza Editors’ Choice Award 2018: Honda Civic 1.5L Hatchback Turbo

ADV Agya Auto 2000

Selama satu tahun terakhir, lumayan banyak mobil yang saya coba. Mulai dari Multi Purpose Vehicle (MPV) atau Sport Utility Vehicle (SUV) bermesin 1500cc, sedan, pikap, sampai sportscar dengan tenaga 600 hp. Test drive saya lakukan baik di dalam maupun di luar negeri. Tapi tetap saja, memilih satu mobil pilihan untuk Carvaganza Editor’s Choice 2018 gampang-gampang susah.

Di dua edisi pertama Carvaganza Editor’s Choice (CEC), saya memilih SUV dan MPV. Saat itu alasannya sederhana, karena mobil yang saya pilih bisa digunakan tidak hanya untuk bekerja tapi juga bersama keluarga. Tapi tahun ini saya lebih selfish. Bukan apa-apa, saya ingin memilih mobil yang bisa saya menikmati sendiri. Pilihan saya kali ini jatuh pada Honda Civic 1.5L Hatchback Turbo E CVT.

Toh, tetap saja ada teman kantor yang protes. “Lha kenapa nggak pilih sportscar, Uda?” Waduh sportscar? Di Jakarta? Kapan makainya? Hmmm… Walaupun ada benarnya juga. Saya sebenarnya jatuh hati pada Ferrari Portofino yang sama jajal di kota Dubai, Uni Emirat Arab. Sayangnya, mobil ini belum resmi masuk Tanah Air. Walhasil, dari beberapa mobil, pilihan saya tetap jatuh pada Honda Civic Hatchback.

Ketika pertama kali PT Honda Prospect Motor memperkenalkan hatchback lima pintu ini banyak yang bertanya-tanya soal kemampuan mesinnya yang “hanya” 1.500 cc. Tapi justru mesin inilah yang membuat saya terkesan. Honda Civic Hatchback mengusung mesin 4 silinder segaris, VTEC Turbo DOHC 16 katup plus Drive by Wire.

Kapasitas mesinnya memang lebih kecil; 1500 cc. Sama seperti yang terpasang di Jazz, Freed, City atau menyusut dibandingkan generasi sebelumnya yang menggunakan 1.8L atau 2.0L. Tapi jangan salah, meski kapasitasnya lebih kecil, mesin ini memiliki tenaga 173 hp pada 5.500 rpm dan torsi 220 Nm mulai 1.750-5.500 rpm yang terhubung dengan transmisi otomatis continuous variable transmission (CVT) 7-kecepatan.

Raju Febrian (kiri) menyerahkan penghargaan untuk Honda All New Civic Hatchback 1.5L Turbo

Ketika tuas persneling berada di posisi “D”. Nafas mobil ini terasa panjang, tersalur apik. Sesekali menginjak gas dalam-dalam, di sekitar 2.800 rpm, lonjakan turbo terasa kental. Really nice. Jika ingin merasakan tenaga lebih meledak-ledak, coba tempatkan transmisi di posisi “S”. Komposisi ini membuat Civic Hatchback lebih galak lagi.

Tampilannya galak dengan garnish hitam pada bumper. Beberapa ornamen berkelir hitam juga terlihat di sekeliling tubuh mobil. Beda utama baru terlihat jelas saat Anda berputar ke belakang. Bagian buritan tak ada ‘buntut’. Honda menyematkan rear spoiler cukup besar dan knalpot kembar yang menjadikan mobil terlihat agresif. “If you’re looking for a little more fun, this hatchback delivers!

PILIHAN: RAJU FEBRIAN | FOTOGRAFER: SYAIFUL ACHMAD & RACHMAT HIDAYAT

Kolom Komentar