Beranda EDITOR'S PICKS 40 Tahun Mitsubishi Pikap, 5 Generasi dari Forte ke Triton

40 Tahun Mitsubishi Pikap, 5 Generasi dari Forte ke Triton

JAKARTA, 18 September 2018 – Mitsubishi Motors dikabarkan akan segera melansir generasi terbaru dari pikap Triton. Perjalanan panjang sudah dilakoni pikap Mitsubishi. Bulan September tahun ini, Mitsubishi merayakan 40 tahun kelahiran pikap 1 ton pertamanya. Model yang terus hidup, berkembang, dan digunakan lebih dari 4,7 juta orang.

Model pertama dinamakan FORTE, sementara di beberapa pasar ekspor menggunakan nama L200  yang masih digunakan hingga saat ini. Mitsubishi Motors kemudian membangun warisan four-wheel-drive dengan menambahkan versi 4×4 pada tahun 1980.

Model ini menjadi fondasi bagi kendaraan 4WD Mitsubishi saat ini, seperti PAJERO atau MONTERO dan DELICA.

Ini dia 5 generasi pikap Mitsubishi:

Generasi Pertama (September 1978)

Mitsubishi Motors memperkenalkan truk pikap 1 ton pertamanya dengan nama FORTE pada September 1978, dan mulai mengekspor ke Amerika Utara pada bulan Oktober. Nama FORTE diambil dari bahasa Italia yang bermakna “kuat”. Prototipe kendaraan ini melewati serangkaian uji ketangguhan yang dilakukan di Amerika Utara, Thailand, dan Arab Saudi untuk memastikan kehandalannya. Sekitar 657.000 unit kendaraan diproduksi di pabrik Ohe di Jepang dan sebagian diproduksi di pabrik Laem Chabang di Thailand.

Model ini hanya tersedia dalam pilihan single cabin. Ditenagai oleh mesin bensin 2.0 liter, dengan pilihan mesin 2.6 liter untuk pasar Amerika Utara dan 1.6 liter untuk pasar Jepang dan region lain. Pilihan mesin diesel 2.3 liter juga tersedia untuk pasar ekspor umum.

Dengan lebar 1.360mm dan wheelbase 2.780mm. Model ini merupakan pendahulu dari model 4WD Mitsubishi Motors, seperti PAJERO/MONTERO dan DELICA.

Generasi Kedua (Maret 1986)

Pada Maret 1986 model ini mendapatkan ubahan menyeluruh. Sisi eksterior mendapatkan ubahan yang berkelas melalui desain grille depan yang baru dan beberapa ubahan detail lainnya. Garis desain memberikan kesan tangguh, modern dan efisien terhadap udara.

Beragam pilihan konfigurasi ditawarkan termasuk tiga tipe bodi kendaraan yaitu Single Cab, Club Cab, dan Double Cab, dimana pilihan bodi pendek dan panjang juga tersedia untuk varian Single Cab. Selain itu, terdapat juga pilihan penggerak 2WD dan 4WD, serta pilihan mesin bensin 2.0 liter, bensin 2.6 liter, dan diesel 2.5 liter

Penamaan juga mengalami perubahan seiring dengan hadirnya double-cab STRADA di Jepang pada 1991. Model ini juga dikenal dengan nama MIGHTY MAX di Amerika Utara, TRITON di Australia, dan L200 di daerah lain. Di Amerika Utara, model ini juga dijual oleh Dodge dengan nama RAM 50. Secara total, model generasi kedua ini diproduksi sekitar 1.146.000 unit yang diproduksi di pabrik Ohe di Jepang dan pabrik Laem Chabang di Thailand.

Generasi Ketiga (November 1995)

Produksi STRADA/L200 generasi ketiga dimulai pada November 1995 di Thailand. Interior dan eksterior mendapatkan ubahan total untuk memberikan kesan yang khas dan canggih.

Ada tiga variasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab, dan Double Cab untuk ekspor. Menggunakan mesin diesel 2.5 liter atau 2.8 liter dengan mekanisme 4WD yang dilengkapi dengan sistem inovatif “Easy Select 4WD”.

Produksi dipusatkan di pabrik MSC Laem Chabang untuk ekspor ke seluruh dunia. STRADA/L200 dijual di Thailand dan juga diekspor ke Eropa, Oceania, Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika. Secara total sekitar 1.046.000 kendaraan diproduksi.

Generasi Keempat (Agustus 2005)

Pada Agustus 2005, model ini mendapatkan ubahan total setelah diperkenalkan di Thailand pada 2005 dan diekspor secara bertahap hingga mencapai 150 negara. TRITON/L200 dikembangkan dengan tiga fitur utama yaitu performa yang dapat diandalkan, standar kualitas tertinggi, dan memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam. Total sekitar 1.423.000 TRITON/L200 generasi keempat diproduksi.

Desain generasi keempat ini dibuat lebih sporty dan stylish dengan interior yang paling lega di kelasnya. Sementara suspensi dan perlengkapan interior memberikan kenyamanan berkendara yang mampu menandingi kendaraan penumpang.

Model ini hadir dnegan tiga tipe konfigurasi bodi: Single Cab, Club Cab, dan Double Cab. Mesin diesel 2.5 liter dan 3.2 liter common rail yang baru dikembangkan. Penggerak 2WD dan 4WD (“Super Select 4WD” dan “Easy Select 4WD”).

Generasi Kelima 2014 (November 2014)

Generasi kelima TRITON/L200 hadir pada 2014 dan memperjelas konsepnya untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan konsumen yang semakin meningkat. Tiga opsi kabin ditawarkan bagi konsumen untuk masing-masing kebutuhan: Single Cab, Double Cab, dan Club Cab pintu ganda.

Mesin 2.5 liter turbodiesel dan 2.4 liter bensin yang telah dikembangkan hadir bersama dengan mesin baru 2.4 liter MIVEC “clean” turbodiesel. Transmisi manual 6 percepatan dan otomatis 5 percepatan dengan sport mode juga ditawarkan untuk pertama kalinya.

Sistem 4WD juga terus dikembangkan. Sistem “Easy Select 4WD” memiliki tiga posisi: 2H, 4H, 4L. Opsi penggerak 2WD tetap ditawarkan.

Generasi Keenam (November 2018)

Mitsubishi dikabarkan akan segera merilis generasi terbaru dari Triton. Acara perkenalan kembali akan dilakukan di Thailand. Belum ada informasi tentang perubahan yang dilakukan Mitsubishi pada generasi terbarunya ini. Tunggu informasinya di carvaganza.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

Berurusan di Jepang, Carlos Ghosn Dicekal Pemerintah Perancis

PARIS, 21 November 2018 – Buntut dari penangkapan Carlos Ghosn atas kasus penggelapan penghasilannya kini semakin meluas, bahkan hingga ke...

Mercedes-AMG GT Paling Kencang Segera Meluncur

STUTTGART, 21 November 2018 – Deretan varian untuk Mercedes-AMG GT akan bertambah dalam waktu dekat ini, saat Mercedes-Benz meramaikan Los...

BMW M2 Competition Beri ‘Kode’ akan Segera Meluncur di Indonesia

JAKARTA, 21 November 2018 – Bagi penyuka mobil kencang di Indonesia, dalam waktu dekat akan hadir pilihan baru dari BMW....

PPMKI Rayakan HUT ke-39, Gelar Touring dan Kumpulkan Donasi

DENPASAR, 21 November 2018 – Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) tahun ini merayakan ulang tahun ke-39. Merayakan hari jadinya,...

TIPS: Oprek Komputer BMW Bikin Garansi Hangus

JAKARTA, 21 November 2018 -- Ditengah era modern seperti ini, banyak mobil yang menggunakan berbagai teknologi canggih salah satunya adalah...