Beranda EDITOR'S PICKS 3 Orang Hebat F1 di Sekeliling Rio Haryanto

3 Orang Hebat F1 di Sekeliling Rio Haryanto

“Mereka orang-orang yang tough dan straight forward,” kata Rio kepada Carvaganza.

(Foto: Syaiful Achmad/Carvaganza)

JAKARTA, 26 April 2016 – Menjadi pembalap Indonesia pertama di Formula 1 jelas hal yang istimewa. Itu juga yang dirasakan Rio Haryanto. Pembalap muda asal Solo itu memperkuat Team Manor Racing. ia mengatakan ada 3 orang hebat di Manor Racing. Siapa saja?

Dalam wawancara khusus dengan Carvaganza, Rio menyatakan merasa menjadi orang yang istimewa dan beruntung karena bisa bekerjasama dengan tiga orang hebat di Formula 1. Ketiganya adalah Dave Ryan (Race Director Manor Racing), Nicolas Tombazis (pakar aerodinamika Manor Racing), dan Pat Fry (engineering consultan/chief engineer Manor).

Dave Ryan pernah bergabung dengan McLaren selama 35 tahun dan akhirnya mengundurkan diri dari tim tersebut tahun 2009 dan membentuk VonRyan Racing yang berkompetisi di GT Racing. Nicolas Tombazis adalah pemegang gelar engineering dari Trinity College, Cambridge dan PhD dibidang teknik aeronautika dari Imperial College di London. Ia menjadi desainer mobil balap F1 pertama kali di Benetton tahun 1992, kemudian pindah ke McLaren, Ferrari dan akhirnya berlabuh di Manor.

Sedangkan Pat Fry adalah kawan dekat Tombazis, asal Inggris dan pernah bergabung di Benetton, McLaren dan Ferrari. Ketiganya melahirkan banyak pembalap F1 juara dunia seperti Kimi Raikkonen, Lewis Hamilton, Michael Schumacher, Sebastian Vettel dan lain-lain.

“Mereka orang-orang yang tough dan straight forward. Mereka adalah orang-orang yang fokus. Sikap mereka meyakinkan. Kalau mereka bilang mobil ini bakalan bagus, memang bagus. Kalau jelek, mereka bilang jelek. Tidak ada yang ditutup-tutupi. Saya dikelilingi oleh orang-orang yang punya komitmen tinggi dan hebat,” kata Rio.

“Dave Ryan kerap kali berbagi pengalaman dengan saya sebagai pembalap rookie. Ia bilang kepada saya “just take your time, jangan terburu-buru. Setiap menjelang weekend race, dia selalu mengajak setiap pembalap berbicara empat mata selama 20 menit menanyakan persiapan bagaimana dan seperti apa dan lain-lain. Menunjukkan ia ingin memiliki hubungan yang baik dengan pembalap,” tambah Rio.

Bagaimana dengan Nicolas dan Pat Fry? “Nicolas selalu di kantor pusat ya di Banbury, Inggris. Kalau Pat Fry selalu ada di setiap race. Ia semacam race advisor. Dia yang memberi masukan strategi balap, setingan mobil, terus kalau ada kerusakan di mobil dan juga memberikan advise kepada mekanik-mekanik. Mereka orang-orang bagus dan hebat. Cara kerjanya cepat.”

Menurut Rio, Pat Fry pernah bilang kepadanya, “Beri saya waktu untuk membuat mobil yang bagus. Dia merasa yakin bahwa Manor akan terus naik, jadi potensinya sangat besar. Ia merasa optimistis akan mendapatkan paket yang betul-betul pas.”

TIM CARVAGANZA

Kolom Komentar



latest updates

Isuzu Indonesia Kembali Sabet Juara di I1- Grand Prix

TOKYO, 11 Desember 2018 -- Isuzu Indonesia kembali meraih kemenangan di ajang The 13th Isuzu World Technical Competition ( I-1...

Daihatsu Serahkan 20 Unit Mobil yang Sudah Direkondisi

TANGERANG, 11 Desember 2018 -- Daihatsu Indonesia kembali melaksanakan program Daihatsu Setia yang kelima setelah pertama kali diadakan pada tahun...

Mercedes-Benz C-Class Versi Lokal Semakin Mewah dan Canggih

BOGOR, 11 Desember 2018 – Mercedes-Benz menambah rangkaian modelnya yang dirakit lokal di Indonesia, dengan meluncurkan New Mercedes-Benz C-Class yang...

Mitsubishi Xpander Jadi Kendaraan Operasional Awak Kabin Garuda Indonesia 

JAKARTA, 11 Desember 2018 – Mitsubishi Xpander semakin jadi pilihan konsumen di Indonesia. Hari ini, Selasa (11/12), PT Mitsubishi Motors...

Ini Dia McLaren 720S Spider, Supercar Convertible Tercepat di Dunia

WOKING, 11 Desember 2018 – McLaren resmi melengkapi line up model Super Series mereka di akhir tahun 2018 ini, dengan...