Beranda Drives Toyota Fortuner TRD Sportivo, MY ADVENTURE

Toyota Fortuner TRD Sportivo, MY ADVENTURE

Toyota Fortuner terkenal mumpuni di ragam medan off-road maupun jalan raya, namun sekarang saya lebih banyak main di jalan raya.

Foto-foto: Valdo Prahara/Carvaganza

KEHADALAN Kehandalan Toyota Fortuner diragam medan tak perlu diragukan lagi, apalagi buat versi 4×4. Kami pernah beberapa kali merasakannya baik di trek off-road ringan maupun lumayan berat. Kecekatan SUV tangguh ini sejak masuk Indonesia tahun 2005 sudah begitu terpatri sehingga melesatkan popularitas Toyota Fortuner di kalangan pengguna.

Namun, pada Driving kali ini saya tidak mencobanya di medan off-road melainkan lebih fokus pada kenyamanan berkendara Toyota Fortuner di jalan raya. Saya mengajak Toyota Fortuner TRD Sportivo 2.4 liter dengan penggerak belakang 4×2 berjalan-jalan menyusuri pantai dan keindahan alam Pulau Dewata.

Ground clearance mobil yang tinggi membuat saya memiliki pandangan lebih luas ke ragam penjuru untuk menikmati alam yang terbentang di kawasan Pantai Utara Bali bersama komunitas moge Riders Association of Triumph (RAT) Indonesia selama empat hari.

Hembusan kenyamanan yang begitu kuat sudah Anda rasakan ketika memasuki bagian kabin.  TRD Sportivo. Desain interiornya apik dan elegan dengan ruangan yang lapang baik untuk pengemudi di barisan depan maupun di baris kedua dan ketiga. Kursinya dilapisi oleh bahan berkualitas dan lembut sehingga membuat perjalanan jauh terasa nyaman. Posisi duduk pengemudi yang commanding juga dapat diatur secara elektrik baik maju mundur maupun reclining agar mendapatkan posisi duduk yang ideal.

Jika posisi duduk sudah diatur, tinggal mengatur posisi setir dengan fitur tilt dan telescopic agar bisa harmonis dengan ketinggian kursi sehingga Anda tidak menjadi cepat lelah dan bosan sepanjang perjalanan. Pada kemudi terdapat tombol untuk mengatur panggilan telepon maupun sistem infotainment, voice recognition atau hand gesture yang terhubung dengan layar sentuh 8 inci. Jadi saya tak perlu mengalihkan pandangan dari jalan.

Tapi jika Anda membandingkan bagian dalam dengan bagian luarnya menjadi agak kontras karena SUV ini memiliki penampilan eksterior yang macho dan kokoh. Grille atas dan bawah dipulas dengan warna hitam dengan emblem TRD sehingga terkesan sporty ditambah lagi dengan desain cover foglamp dan spion samping. Mobil juga semakin terkesan gagah dan berkelas berkat velg Alloy TRD 18 inci.

Tak hanya dari sisi estetika, PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai pabrikan juga memperhatikan sisi fungsi. Spoiler bumper depan dan belakang dilengkapi dengan underguard sehingga kita tak perlu cemas pada saat melewati jalanan berlubang maupun tidak rata. Bahkan untuk mempermudah akses keluar/masuk barang di bagasi, Toyota Fortuner ini sudah dilengkapi Power Back Door dengan memory function.

Yang saya suka lagi dari kendaraan ini, berkat headlamp dengan teknologi Bi-Beam LED pengemudi tetap merasa percaya diri pada perjalanan malam hari karena memberikan penerangan maksimal meskipun jalanan gelap, berkelok dan menanjak.

Ketika melewati daerah Kintamani yang terkenal dengan jalur pegunungan dan tikungan tajam, Toyota Fortuner TRD Sportivo dengan santai melahap setiap jalanan mendaki. Saya bisa merasakan limpahan torsi 40,8 kgm pada 1.600 – 2.000 rpm dari mesin diesel common rail injection 2GD FTV 4 silinder segaris 4 valve, DOHC 2.4 liter yang disalurkan dengan halus oleh transmisi otomatis 6-kecepatan ke roda belakang.

Tenaga 146,6 PS yang dihasilkan juga terasa berlimpah di setiap putaran mesin sehingga ketika di jalur menanjak yang cukup terjal saya tak terlalu banyak memakai mode pengendaraan Power, cukup di Mode ECO saja dengan isi mobil 4 orang.

Bobot setir yang ringan mempermudah mobil saat bermanuver dan terasa komunikatif dengan permukaan jalan. Meski memiliki ground clearance tinggi, mobil juga terasa stabil berkat fitur Vehicle Stability Control (VSC) sehingga penumpang tidak terasa pusing ketika melewati jalanan berliku di pedesaan.

Dalam hal fitur keselamatan, Toyota berada di barisan terdepan.  Toyota Fortuner TRD Sportivo sudah dilengkapi Dual + Knee SRS Airbags, rem dengan Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). Ada juga Vehicle Stability Control (VSC) membantu mobil tetap stabil saat menikung serta A-TRC yang akan membantu pengemudi mengantisipasi spin pada ban.

Spesifikasi Toyota Fortuner A/T Diesel TRD Sportivo

Layout kendaraan: SUV, mesin depan, 5-pintu, 7 penumpang, RWD.
Mesin: 2 GD FTV 4 Silinder Segaris, 4 Katup, DOHC, VNT Intercooler 2.4L/149,6 PS @3400 rpm/40,8 kgm @ 1.600 – 2.000 rpm.
Transmisi: A/T 6-kecepatan dengan sport sequential switchmatic
PxLxT: 4.795 x 1.855 x 1.835 mm
Wheelbase: 2.745 mm
Kapasitas tangki BBM: 80 liter

VALDO PRAHARA