Home Drives Test Drive Si Mungil Proton Iriz

Test Drive Si Mungil Proton Iriz

SHARE

SENTUL CITY, 09 Februari 2017 – Tim Carvaganza kembali mendapatkan kesempatan menjajal performa dari Proton Iriz yang akan segera meluncur di Indonesia. Namun bedanya kali ini kami mencobanya dengan jalur yang lebih panjang dan juga lebih berkelok kelok di kawasan Sentul City, Bogor, hari ini, Kamis (10/2).

PT. Proton Edar Indonesia (PEI) selaku Agen Pemegang Merek Proton di Indonesia menawarkan dua pilihan Proton Iriz yaitu 1.3 Standar transmisi Manual dan Proton Iriz 1.3 Standar transmisi CVT.

Pada sesi pertama, saya berkesempatan mencoba Proton Iriz 1.3 liter Standar bertransmisi CVT. Tendangan tenaganya serasa diredam dengan penggunaan transmisi CVT ini. Perpindahan giginya terasa begitu halus. Begitu juga ketika saya melibas jalanan menanjak di kawasan Sentul City. Pijakan gas pun harus lebih dalam agar mobil bisa melaju lebih cepat lagi di tanjakan.

Baca Juga:  Ini Dia Nama Mobil Listrik Perdana Porsche

Ketika mencobanya di jalanan lurus, masih sama, perpindahan giginya terasa begitu halus. Hanya saja kini bisa lebih cepat lagi dibandingkan ketika melibas tanjakan. Meski halus, untuk mencapai 80 kilometer perjam pun cukup cepat. Ketika meng-kick down pedal gas pun, tenaganya langsung tersalurkan dengan baik.

Baca juga: First Drive Eksklusif Proton Iriz
Baca juga: First Review Eksklusif Proton Iriz
Baca juga: Foto-Foto Eksklusif Proton Iriz di Indonesia

Namun, bukan berarti mobil bertransmisi CVT ini tak bisa diajak untuk berkendara agresif. Ada sebuah sensor yang bernama Transmission Control Unit (TCU) pada Proton Iriz bertransmisi CVT yang bertugas membaca karakteristik pengemudi.

TCU ini akan membaca seluruh karakteristik si pengemudi. Jika pengemudi tersebut cenderung gaya menyetirnya kalem, maka TCU ini akan meng-set gaya yang kalem juga. Begitupun sebaliknya.

Baca Juga:  Ferrari 488 Pista Edisi Khusus Rayakan Kesuksesan Juarai Le Mans

Proton membekali Proton Iriz dengan segudang fitur-fitur unggulan yang bahkan tidak terdapat dikelasnya. Salah satu fitur yang diunggulkan oleh Proton Iriz adalah fitur keamanannya.

Di dalam mobil ini sudah disematkan Electronic Stability Control + Vehicle Stability Control, Traction Control, stuktur rangka HPF, ABS, Electronic Braking Distribution, hingga Hill Hold Assist. Selain itu Proton Iriz juga sudah mengantongi 5 bintang dari Asean NCAP.

TITO LISTYADI

SHARE

Last Update

Mercedes-AMG C43 Coupe, Comfortably Powerful

UNTUK merayakan ulang tahun AMG ke-50, Mercedes-Benz meluncurkan line-up model baru dengan satu persamaan, semua menggunakan mesin V6 twin turbo...

Audi RS Avant, Muscle Family Car

DI BENUA Biru, Eropa, mobil ber-genre station wagon merupakan salah satu pilihan favorit. Sebuah sedan dengan nilai kepraktisan lebih baik...

F1: Menang di Perancis Antar Hamilton Geser Vettel di Puncak Klasemen

LE CASTELLET, 25 Juni 2018 – Seri Formula 1 Grand Prix Perancis 2018 kembali mengubah peta persaingan musim ini lewat...

F1: Lolos Drama Tikungan 1, Hamilton Dominasi GP Perancis 2018

LE CASTELLET, 25 Juni 2018 – Perancis telah kembali ke kalender balap Formula 1, dan Lewis Hamilton juga kembali menunjukkan...

Mercedes-AMG Siapakan Seri C53, Punya Tenaga 400 HP?

MUENCHEN, 25 Juni 2018 -- Daimler dikabarkan mengajukan permohonan untuk memesan papan nama 'C 53' kepada World Intellectual Property Organisation....