Beranda Drives TEST DRIVE: Kia All New Sportage, SUV Asyik

TEST DRIVE: Kia All New Sportage, SUV Asyik

All New Kia Sportage (Foto: Carvaganza)

JAKARTA, 9 Januari 2018 PT Kia Motors Indonesia (KMI) telah meluncurkan Kia All New Sportage sejak Gaikindo Indonesia International Auto Show pada Agustus 2016. Sudah lama kami ingin mencobanya tapi berhubung saat itu belum ada unit yang tersedia untuk test drive, kami harus menunggu. Penantian kami berakhir juga saat pihak KMI menginformasikan ketersediaan unit untuk kami coba.

Perkembangan Sport Utility Vehicle (SUV) kian melesat dan Kia tak mau ketinggalan dalam persaingan di segmen ini. Salah satunya adalah dengan meluncurkan Kia All New Sportage yang merupakan generasi keempat.

Kia All New Sportage yang pertama kali di perkenalkan di Frankfurt Motor Show tahun lalu ini hadir dengan tampilan keseluruhan yang baru, semakin segar, dan dewasa. Tak ketinggalan berbagai fitur terkini disematkan pada Kia Sportage.

Dari sisi eksterior, Kia Sportage terlihat unik. Kolaborasi tim desain Kia global di Amerika Serikat, Jerman dan Korea, Kia Sportage menghadirkan desain berani, terutama pada bagian depannya. Saya menyadari desain merupakan ranah subyektif. Tapi menurut saya, komposisi grille (Kia menamakan desain itu sebagai Tiger Nose), fog lamp LED besar dan head lamp menyipit terlihat tidak seimbang. Meski begitu, bagian belakangnya terlihat modern dan gagah.

Kia All New Sportage yang kami coba merupakan model tertinggi, GT Line Ultimate. Menurut brosur, ia memiliki berbagai fitur-fitur seperti panoramic sun roof, audio monitor 5 inci, rear camera dengan dynamic guideline, dan favorit saya, smart power tail gate. Fitur terakhir adalah teknologi yang memudahkan Anda untuk memasukkan barang ke dalam bagasi tanpa harus menekan tombol apa pun.

Jika membawa kunci, Anda hanya perlu berdiri di belakang pintu belakang dan sensor akan membacanya. Secara otomatis, pintu belakang akan terbuka sendiri. Tapi sayangnya, unit test drive (pihak KMI menyebutnya unit display) ini tak sama dengan mobil yang mereka pasarkan. Terdapat pengurangan (downspec) beberapa fitur seperti smart power tail gate, audio monitor dan rear camera.

Saat masuk ke dalam Kia All New Sportage, kabinnya terasa begitu lega bagi penumpang depan maupun belakang. Kia menggunakan material kulit pada jok, setir dan kepala tuas perseneling. Sedangkan dashboard dan storage di antara dua kursi depan juga dilapisi bahan lembut yang membuatnya terlihat berkelas.

Saat duduk di belakang kemudi, mobil ini terasa besar karena desain kap yang landai. Saya menekan tombol start/stop dan secara samar suara mesin bensin 2.0 liter berdengung. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 158 ps (156 hp) pada putaran 6.200 rpm. Torsinya tidak besar, 19,6 kgm (192 Nm) di 4.000 rpm. Seluruh varian Kia All New Sportage yang dipasarkan di Indonesia hanya menggunakan transmisi otomatis 6-kecepatan.

Kia All New Sportage memiliki tiga driving modes: Eco, Normal dan Sport. Karakter pengemudian masing-masing mode tersebut terasa sangat berbeda. Anda bisa langsung merasakannya tanpa perlu mengetahui mode apa yang sedang digunakan. Setirnya pun responsif dan cenderung ringan sehingga membuat mobil ini menjadi fun to drive.

Untuk hasil pengujian yang lebih lengkap, silakan simak majalah Carvaganza edisi Januari dan channel Youtube Carvaganza.

MIRAH PERTIWI

Last Update

Mobil Hybrid Kuasai Penjualan Toyota di Eropa

BRUSSELS, 20 Juli 2018 – Tren kendaraan ramah lingkungan yang berkembang pesat di benua Eropa membawa pengaruh positif kepada Toyota,...

Hamilton Perpanjang Kontrak di Mercedes Sampai 2020

BRACKLEY, 19 Juli 2018 – Sebelum musim balap Formula 1 2018 memasuki masa libur musim panas, Lewis Hamilton memastikan masa...

Agnez Mo Jadi Brand Ambassador Mobil DFSK

JAKARTA, 19 Juli 2018 – Penyanyi dan aktris Agnez Monica mulai hari ini Kamis (19/7) resmi menjadi brand ambassador mobil...

Mitsubishi Motors Perkuat Jaringan Diler di Lajur Lintas Sumatera

DURI, 19 Juli 2018 – Semakin mendekatkan diri dengan konsumen dan memastikan layanan yang lebih baik menjadi alasan PT Mitsubishi...

Tiket GIIAS 2018 Sudah Bisa Dibeli Secara Online

JAKARTA, 19 Juli 2018 – Pameran otomotif terbesar GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS), akan kembali berlangsung pada tanggal 2 - 12...