Home Drives Test Drive: Bermain Lumpur Bersama Mitsubishi All New Pajero Sport

Test Drive: Bermain Lumpur Bersama Mitsubishi All New Pajero Sport

SHARE
(Foto: Arie Prastz/Carvaganza)

JAKARTA, 25 Februari 2016 — Akhirnya Hiroshi Masuoka benar-benar membuktikan janjinya untuk memperlihatkan sejauh mana ketangguhan Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar 4×4 terutama di medan off road. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) memfasilitasi kegiatan ini dengan menyulap lahan kosong di BizPark Kuningan Jakarta menjadi track mirip medan rally. Carvaganza.com mendapat kesempatan untuk berada di kursi penumpang depan saat Masuoka melakukan aksinya.

Pada kesempatan pertama Masuoka langsung menginjak pedal gas dalam-dalam saat start. First impression yang kami dapatkan datang dari respons mesin terbaru berkode 4N15. Saat dipaksa untuk bermanufer di tikungan-tikungan tajam dan berlumpur berat akibat hujan lebat, tenaganya terasa di setiap putaran.

Baca Juga:  Glory 580 Bakal Punya Varian Baru, Kapan Meluncur?

“Bisa Anda rasakan meski sempat terhenti karena pengereman dan tikungan, mobil ini dapat dengan mudah berakselerasi lagi hanya dengan langsung menekan pedal gas,” ujar pembalap veteran yang memiliki banyak pengalaman di ajang Rally Dakar ini.

25022016-Car-Pajero-Sport_04

Kesan berikutnya yang dapat kami rasakan adalah stabilitas yang cukup baik dari SUV yang telah diorder 4.182 unit ini. Masuoka dapat dengan mudah mengendalikan kendaraan meski sesekali ia menikung dengan kecepatan diatas rata-rata. Gejala negatif pengendaraan seperti body roll memang terasa namun masih dalam batas normal.

“Saya hanya perlu menggoreksi setir untuk mengimbangi posisi mobil. Dengan mode 4LL pembagian distribusi torsi ke roda depan dan belakang hampir berimbang, sistem ECU akan memberikan proporsi terbaik tergandung kondisi jalan. Hal ini juga ditunjang oleh fitur Active Stability Traction Control (ASTC),” papar pria 56 tahun ini.

Baca Juga:  Glory 580 Bakal Punya Varian Baru, Kapan Meluncur?

Hal menarik lainnya dengan ground clearence 218 mm, Masuoka kadang seperti tidak mengidahkan tanggul pembatas pada track. Dengan penuh percaya diri ia memotong tikungan melewati tanggul setinggi lebih kurang 30 cm.

25022016-Car-Pajero-Sport_01

Mengomentari kondisi dalam kabin, All New Pajero Sport memiliki sistem insulasi atau peredaman yang baik. Dan yang menarik, meski menggunakan mesin diesel, vibrasinya nyaris tak terasa. Itu sepertinya berkat penyempurnaan dari engine mounting dibuat lebih besar berikut dengan sound proofing yang disebar pada 13 titik.

Tak terasa track berliku dan berlumpur serta penuh genangan sepanjang 1,2 km terlalui. Kesimpulan kami adalah pada point ini, All New Pajero Sport layak disebut memiliki DNA dari saudara tuanya Mitsubishi Pajero yang sudah banyak asam garam rally Dakar.

Baca Juga:  Glory 580 Bakal Punya Varian Baru, Kapan Meluncur?

Karena selain nyaman digunakan pada jalan-jalan raya, bersama Masuoka, bukan masalah serius bagi versi Dakar 4×4 ini untuk diajak bermain lumpur. Jika Anda terpancing untuk melakukan hal yang sama sebaiknya lengkapi ban yang sesuai denga karakter medan.

25022016-Car-Pajero-Sport_02

ARIE PRASTZ

SHARE

Last Update

Mitsubishi Fuso Manjakan Konsumen di Lebaran Service Campaign 2018

JAKARTA, 22 Juni 2018 -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia, memanjakan...

Momen Langka, Menangkap Landmark Kota Jakarta

JAKARTA, 22 Juni 2018 – Untuk memotret mobil di pusat kota Jakarta di hari biasa sangat sulit. Hari biasa di...

Konsumsi BBM New Datsun GO Capai 19 Km/L Berkat Transmisi CVT

JAKARTA, 22 Juni 2018 -- Pada musim mudik Lebaran 2018 ini saya memang tidak berencana untuk mudik ke kampung halaman orang...

The First Fullerton Concours d’Elegance in Singapore

SELAMA ini Singapura hanya dikenal melalui balap Formula 1 setiap tahun sebagai event otomotif bertaraf dunia yang digelarnya. Tahun ini,...

Tak Kompetitif, Ferrari Pecat Raikkonen di Akhir Musim?

MARANELLO, 22 Juni 2018 – Tahun ini kemungkinan besar akan menjadi kesempatan terakhir Kimi Raikkonen berada di Formula 1, menyusul...