Beranda Drives Renault Koleos 2017, Perfect Blend

Renault Koleos 2017, Perfect Blend

Jujur, interior SUV/Crossover ini memang sangat menyenangkan.

Foto-foto: Syaiful Achmad (Carvaganza)

SEJAK Renault Koleos dirilis di Indonesia, saya dibuat penasaran oleh mobil Prancis ini yang berbagi platform dengan Nissan X-Trail ini. Tak hanya platform, mesin dan transmisinya pun sama dengan X-Trail. Namun, yang perlu kita ketahui sekarang adalah bagaimana attitude mobil tersebut ketika dikemudikan di jalanan.

Saya pun langsung mengantongi smart key yang berbentuk seperti sebuah Handphone lantas membuka kuncinya dengan menekan tombol yang ada di handle pintu walaupun sebenarnya di kunci terdapat tombol untuk lock dan unlock. Nyalakan mesin dengan keyless entry, lantas masukkan transmisi otomatis CVT ke posisi D.

Pada saat saya mencoba menginjak gas secara linear, tenaga terasa sedikit kosong di putaran rendah. Meskipun berkapasitas 2.5 liter, pada putaran rendah kurang berdaging. Torsi memang diseting pada putaran 4000 rpm. Ketika mobil berbobot 1,5 ton ini menjelajah jalanan luar kota yang lengang atau di jalan tol, tenaga baru terasa berdaging pada putaran medium dan tinggi. Mudah juga untuk melakukan serangkaian manuver di jalan raya pada kecepatan medium. Perpindahan girboks ke gigi atas maupun bawah berjalan smooth, tak terasa sentakan berarti.

Handlingnya mampu memberikan feedback secara objektif. Dengan didukung electronic power steering, setir terasa enteng di setiap putaran. Hal ini saya rasa cukup penting ketika sedang mengarungi jalanan twisty dan sempit di luar kota. Suspensi mampu meredam guncangan dengan baik ketika melewati jalanan bumpy. Hentak-hentakannya tidak mengganggu penumpang di dalam. Apalagi didukung oleh kondisi kabin yang cukup lega sehingga melelahkan jika menempuh perjalanan jauh.

Satu hal yang menurut saya paling menarik ketika berada di dalam kabin Koleos adalah layar sentuh 8,7 inci yang disematkan dengan layout portrait. Berbeda dengan kebanyakan mobil yang menyematkan display dengan pola landscape. Positioning layar demikian, membuat display terlihat besar dan lebih menarik. Posisi seperti ini mengingatkan saya pada layar sentuh Tesla.

Layar berisikan ragam informasi dan pengaturan sehingga dashboard relatif bersih dari tombol. Anda bisa mengatur kecepatan fan AC, konsumsi BBM sampai infotainment dari sini. Pengoperasiannya cukup mudah dan tak butuh waktu lama untuk mengenali fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Renault sudah membekali SUV berkelir biru ini dengan fitur R-Link 2 yang memudahkan saya menghubungkan alat komunikasi iPhone sehingga saya bisa menikmati deretan lagu favorit melalui kualitas audio Bose yang sangat baik yang didukung 12 speaker dan subwoofer 11,5 inci. Unsur kenyamanan tak hanya ditunjang dari fitur entertainment saja, namun juga oleh penyematan kulit Nappa pada sekujur interior.

Nah untuk sistem keamanannya, Renault membekali New Koleos ini dengan beberapa fitur keamanan sebagai standar. Fitur-fitur tersebut meliputi Blind Spot Warning, Hill Start Assist, Traction Control + ESP serta 6 buah Airbag termasuk pengemudi dan penumpang.

Spesifikasi Renault Koleos 2017

Layout kendaraan: SUV, 5-pintu, 5-penumpang, mesin depan, FWD.
Mesin: I-4 DOHC 16 Valve 2.5 Liter 170 hp @ 6000 rpm / 233 Nm @ 4000 rpm
Transmisi: A/T CVT X-Tronic 7-kecepatan
P x L x T: 4673 x 1843 x 1678
Wheelbase: 2705 mm
Ground clearance: 210 mm
Bobot Kosong: 1540 kg
Kapasitas Tangki BBM: 60 liter
Rekomendasi BBM: Ron 98

TITO LISTYADI

Kolom Komentar



latest updates

BMW M2 Competition Beri ‘Kode’ akan Segera Meluncur di Indonesia

JAKARTA, 21 November 2018 – Bagi penyuka mobil kencang di Indonesia, dalam waktu dekat akan hadir pilihan baru dari BMW....

PPMKI Rayakan HUT ke-39, Gelar Touring dan Kumpulkan Donasi

DENPASAR, 21 November 2018 – Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) tahun ini merayakan ulang tahun ke-39. Merayakan hari jadinya,...

TIPS: Oprek Komputer BMW Bikin Garansi Hangus

JAKARTA, 21 November 2018 -- Ditengah era modern seperti ini, banyak mobil yang menggunakan berbagai teknologi canggih salah satunya adalah...

BMW Indonesia Ajak Konsumen Perbaiki Mobil Tua Miliknya

JAKARTA, 21 November 2018 -- BMW Indonesia membuka peluang bagi konsumen yang melakukan pendaftaran mobilnya untuk identifikasi perbaikan kendaraannya. Perbaikan ini...

Datsun Go+ Community Indonesia Nikmati Gunung Bromo

JAKARTA, 20 November 2018 – Komunitas Datsun Go+ Community Indonesia (DGCI) menikmati kemegahan Gunung Bromo, Jawa Timur, berserta lautan pasirnya...