Beranda Drives Range Rover Velar, Iron Man of England

Range Rover Velar, Iron Man of England

Land Rover menghadirkan Range Rover Velar, SUV mewah yang bertabur teknologi mutakhir tanpa mengorbankan kemampuannya melibas medan off-road

Foto-foto: Carvaganza Team

TONY STARK Stark merupakan tokoh superhero hasil rekayasa Stan Lee. Ia tak memiliki kekuatan supernatural apa pun, kecuali uang yang banyak dan kecerdasannya. Tapi begitu berada di balik jubah Iron Man buatannya yang dilengkapi teknologi mutakhir, ia mampu mengalahkan berbagai monster kuat. Begitu pula Range Rover Velar.

SUV buatan Land Rover ini punya berbagai fitur canggih yang dapat diatur melalui layar sentuh di tengah konsol. Hampir semua informasi mobil berbentuk digital seperti di instrumen cluster yang serupa dengan Audi Q7. Bahkan tombol di bagian kiri dan kanan setir yang mengatur mode entertainment digantikan dengan panel sentuh.

Eksteriornya juga disematkan teknologi terkini seperti pada headlamp full LED dan Daytime Running Light ramping yang membuat Velar terlihat elegan. Mobil ini juga menggunakan handle pintu “flush deployable” yang mencuat keluar hanya ketika penumpang akan membuka pintu. Desain tersebut membuat mobil lebih aerodinamis dengan drag coefficient hanya 0,32Cd.

Velar yang saya tes berkapasitas 3.0 liter dengan tenaga mencapai 380 hp. Meski bobotnya hampir dua ton, SUV ini terasa ringan saat dikemudikan dengan berbagai mode berkendara. Land Rover melengkapinya dengan tujuh mode: Comfort, ECO, Gravel/Grass/Snow, Mud and Ruts, Sand dan Dynamic Mode.

Meski Velar merupakan SUV mewah, Land Rover mengklaim bahwa mobil ini mampu melibas medan off-road yang menantang. Untuk membuktikannya, saya membawa ke “habitatnya”. Saya pindah ke mode Mud and Ruts dan secara otomatis LSD (Limited-Slip Differential) terkunci. Saya juga mengaktifkan air suspension dengan menekan layar sentuh untuk menaikkan ground clearance  ke posisi tertinggi.

Kini sang Iron Man dari UK sudah siap tempur. Karena di atas permukaan tanah, saya tak menekan pedal gas secara dalam. Tenaga dan torsinya begitu terasa pada rpm rendah. Ketika saya melibas jalur terjal dan hanya mendapat traksi di salah satu roda, Velar terasa sangat menyenangkan. Roda tersebut mendapat tenaga yang cukup untuk mengangkat mobil melewati tanjakan. Tapi berhubung suspensi berada di posisi puncak, bantingan terasa sedikit lebih keras.

Saya kembali mengganti mode ke Dynamic dan menyeting suspensi ke medium saat berada di permukaan tanah keras. Bantingannya terasa lebih empuk tanpa mengorbankan pengendaliannya. Bahkan untuk oversteer saat spint di tanah, ia sangat mudah dikendalikan. Tenaga yang berlimpah tetap terasa dari putaran bawah hingga atas. Padahal di mode ini, LSD tak terkunci meski masih AWD.

Begitu di jalan aspal, saya mencoba mode Dynamic. Raungan suaranya sedikit menggelegar dengan misfire yang menyenangkan di telinga. Melibas jalan tol terasa begitu mudah dan tak ada limbung sedikit pun saat bermanuver. Setelah puas dengan mode-mode tempur, saya mencoba mode Comfort. Meski dengan setingan suspensi medium, ia lebih empuk. Menurut saya ini karena ada sedikit pengurangan udara dalam suspensi sehinga balon suspensi bermain lebih halus. Pengendalian mobil lebih santai seperti membawa sedan Mercedes-Benz S-Class.

Kini giliran bermain dengan suspensi. Saya mengaturnya ke setingan paling rendah yang bisa diraih Velar dengan velg 21 inci ini. Bantingannya menjadi sedikit kaku seperti mengendarai sportscar. Setingan suspensi kembali normal ketika mobil mencapai kecepatan 60 km/jam.

Range Rover Velar merupakan bagian dari keluarga Evoque dan Sport. Di Indonesia, SUV ini ditawarkan dengan dua pilihan mesin: 2.0 R-Dynamic SE yang dibanderol Rp 2,050 miliar dan 3.0 R-Dynamic SE seharga Rp 2,350 miliar. Keduanya harga off-the-road dan menggunakan bahan bakar bensin.

Spesifikasi Range Rover Velar 3.0
Layout kendaraan: SUV, mesin depan, 5 pintu,5 penumpang, AWD
Mesin: 3.0L Petrol R-Dynamic V6 Supercharged / 380hp @6500rpm / 450Nm @3500-5000rpm
Transmisi: A/T 8-kecepatan
Top Speed: 250 km/jam
0-100 km/jam: 5,9 detik
P x L x T: 4797 x 2145 x 1723 mm
Wheelbase: 2874 mm
Bobot kosong: 1884 Kg
Kapasitas Tangki: 63 liter
Rekomendasi BBM: Ron 95

VALDO PRAHARA

Last Update

BMW i8 Ultraviolet Ikut Meriahkan We The Fest 2018

JAKARTA, 23 Juli 2018 – Ajang festival musik urban menjadi tempat bagi BMW di Indonesia untuk bisa lebih mendekatkan diri...

3 Hal yang Perlu Diperhatikan pada Kondisi Ban Mobil Anda

JAKARTA, 23 Juli 2018 – Pentingnya memperhatikan kondisi ban kendaraan menjadi perhatian Daihatsu. Hal ini dikomunikasikan Daihatsu kepada Sahabat Club...
video

VIDEO: Mobil Klasik Ken Block Terbalik dan Kebakaran

MAINE, 23 Juli 2018 – Ken Block baru saja mengalami kecelakaan nahas saat mengikuti sebuah ajang reli, yang sampai membuat...

F1: Hamilton Kembali Rebut Puncak Klasemen di GP Jerman 2018

HOCKENHEIM, 23 Juli 2018 – Hasil dari seri ke-11 balap Formula 1 pada seri Grand Prix Jerman 2018 kembali membuat...

Daihatsu Club Auto Clinic 2018 Edukasikan Pentingnya Kondisi Ban

KARAWANG, 23 Juli 2018 -- Daihatsu kembali menggelar sharing edukasi  kendaraan bagi Sahabat Club Daihatsu melalui program Daihatsu Club Auto...