Beranda Drives Range Rover Velar, Fjords Winter

Range Rover Velar, Fjords Winter

Merasakan Range Rover Velar di antara lembah dan perbukitan Norwegia.

(Foto-foto: Dave Shephard dan Nick Dimbleby)

RANGE ROVER, sebagai divisi mobil mewah Land Rover, telah menancapkan kukunya di lapisan SUV paling atas lewat model Range Rover dan Range Rover Sport. Pada tahun 2011, pabrikan UK ini membuat dunia berdecak karena merilis Evoque yang digadang-gadang sebagai Range Rover dengan harga yang terjangkau. Namun, pada prakteknya di pasar malah menyisakan gap di antara pasar Evoque dan Range Rover Sport sehingga pabrikan memanfaatkannya dengan menjembatani lewat line-up model keempat, Range Rover Velar.

Untuk mengisi gap tersebut, Land Rover tidak memperbesar platform Evoque atau menyusutkan platform Range Rover Sport, malah berbagi platform dengan SUV Jaguar F-Pace. Pembagian platform ini tidak mengejutkan karena Jaguar-Land Rover memang sudah mulai mengakuratkan integrasi antara kedua perusahaan. Namun, tampilan Velar tidak menyiratkan bahwa model tersebut berbagi platform dengan Jaguar.

Positioning Velar mungkin sudah tepat berada di antara Evoque dan Sport, namun secara fisik dimensinya lebih dekat ke Range Rover Sport versi lebih kecil. Pemakaian aluminium pada body membuat bobot Velar menjadi lebih ringan dengan bagian interior yang lebih mewah. Model ini bisa disebut sebagai strategi baru Jaguar, Land Rover dan Range Rover untuk mempenetrasi lebih dalam lagi pasar SUV premium yang pada saat ini sedang tumbuh pesat.

Para desainer telah sukses mengadopsi gaya avant garde kepada Evoque, dan mereka pun ingin Range Rover Velar memiliki karakteristik istimewa dan sempurna sehingga Velar betul-betul didesain dari nol. Velar memiliki bahasa desain yang lebih ‘bersih’ dan ingin menonjolkan bentuk Range Rover yang sangat murni melalui garis desain yang lebih ikonik daripada Sport atau pun Evoque dengan overhang yang sangat pendek di depan, tapi di belakang lebih panjang.

Yang paling kentara dalam hal desain di Velar adalah bentuk permukaan bodynya yang sangat simpel sehingga membuat mobil terlihat elegan dan unik. Bahkan terlihat jauh lebih dinamis dibandingkan dengan Range Rover Sport yang harganya lebih mahal. Salah satu fiturnya yang stylish adalah pegangan pintu flush, di mana pegangan pintu akan keluar dari panel pintu jika pengemudi yang memegang kunci mendekati mobil. Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah lampu depan laser high beam, LED matrix dengan aksen warna burnished copper (tembaga terbakar), bukannya krom.

Sentuhan simpel namun elegan juga terlihat di dalam kabin. Melalui sentuhan tersebut interior menjadi lebih tenang, elegan dengan material berkualitas dan desain yang indah. Arsitektur horizontal beam yang besar mengingatkan kita pada Range Rover yang ada pada saat ini yang merupakan bukti bahwa pabrikan telah dengan cerdas mampu memadukan fitur teknologi canggih yang tersamar, yang bisa kita ketahui kalau kita mengotak-atik pengaturan cahaya. Interior menjadi terlihat modern, namun tidak meninggalkan ambience minimalisnya yang menjadi karakter Range Rover.

Fitur yang paling canggih di mobil ini adalah tiga display LCD resolusi tinggi. Satu adalah display LCD 12,3 inci untuk instrumen virtual pengemudi yang terletak di dashboard dan dua lainnya terdapat di konsol tengah di antaranya untuk alat pengaturan AC, radio dan sistem navigasi. Bahkan pengoperasiannya sangat intuitif dan sangat cepat sehingga mempermudah pengaksesan pada informasi kendaraan.

Range Rover Velar memiliki enam varian mesin yakni tiga mesin diesel dan tiga mesin bensin. Varian tertinggi adalah mesin V6 turbodiesel 3.0 liter bertenaga 300 hp dan mesin bensin V6 3.0 liter bertenaga 380 hp. Mesin lainnya yang bakal diperkenalkan mendatang berkapasitas lebih kecil yang terdiri dari empat mesin 4 silinder segaris 2.0 liter masing-masing dua turbo diesel dan dua bensin turbo dengan output tenaga yang berbeda-beda.

Range Rover Velar yang saya coba di Norwegia adalah bermesin bensin V6 supercharge 3 liter yang mampu menyemburkan tenaga 380 hp. SUV premium ini mampu sprint dari titik diam sampai 100 km/jam dalam waktu 5,7 detik. Namun sayangnya banyak fjord (Inggris: fiord) –lembah perbukitan yang tercipta oleh glacier – di Norwegia tidak terhubungkan oleh terowongan-terowongan bawah air. Jadi kita harus berjalan memutar yang membutuhkan waktu lama sekali, bisa berjam-jam, untuk mengelilingi daerah tepian laut atau danau tersebut padahal tempat tujuan kami ada di seberang danaunya.

Velar tak mengalami kesulitan ketika melewati genangan air tinggi, daerah perbukitan, medan off-road, jalan tol dan jalan perkotaan. Untuk melewati ragam permukaan jalan tersebut, Velar dilengkapi dengan sistem air suspension (suspensi udara) yang sepenuhnya adaptif di mana ground clearance mobil bisa dinaikkan 45 mm menjadi 251 mm. Kendaraan ini bisa melewati genangan air setinggi 650 mm dan suspensinya juga bisa diturunkan 40 mm.

Pada kecepatan antara 50 – 80 km/jam, suspensi akan secara otomatis turun 18 mm untuk meningkatkan kestabilan mobil, sedangkan pada kecepatan di atas 105 km/ham hanya bisa turun 10mm untuk mengurangi drag dan membantu meninggikan efisiensi BBM.

Perpindahan transmisi otomatis 8-kecepatan di perkotaan sangat halus namun respon mesin V6 supercharge 380 hp sangat agresif sehingga memunculkan kesan dinamis. Kepiawaiannya ketika menaklukkan medan off-road dan menanjak sangat mumpuni dengan limpahan torsi pada kecepatan rendah.

Kapabilitas sistem penggerak all-wheel drive-nya menjadi salah satu hal yang sangat menonjol. Ketika mobil menjejalah jalanan tol, tenaga yang disalurkan ke roda belakang memberikan karakteristik pengemudian seperti mobil limousine. Ketika permukaan jalan licin, sistem AWD-nya bekerja mendistribusikan tenaga ke semua roda dengan baik sehingga mobil tidak terkendala mengalahkan medan. Mobil juga terasa gesit ketika menikung dan bermanuver dan minim body-roll.

Ketika Anda mengendarai Velar, tak perlu mengkhawatirkan medan jalan yang Anda lalui. SUV ini akan meladeni rintangan off-road dengan santai sekaligus memberikan kenyamanan maksimal ketika melesat di jalan raya.

Range Rover Velar

Layout kendaraan: SUV, mesin depan, 4 pintu, 5 penumpang, AWD
Mesin: Bensin V6 supercharge 3.0L/ 380hp @6500 rpm/ 450 Nm @3500 – 5000 rpm
Transmisi: A/T 8-kecepatan dengan mode manual
0 – 100 km/jam: 5,7 detik
PxLxT: 4803 x 2145 x 1665 mm
Wheelbase: 2874 mm
Bobot kosong: 1.884 kg
Top speed: 250 km/jam (dibatasi secara elektronik)
Konsumsi BBM: 9,4L/100 km
Kapasitas tangki BBM: 63 liter

ANDRE LAM

Last Update

F1: Hamilton Kembali Rebut Puncak Klasemen di GP Jerman 2018

HOCKENHEIM, 23 Juli 2018 – Hasil dari seri ke-11 balap Formula 1 pada seri Grand Prix Jerman 2018 kembali membuat...

Daihatsu Club Auto Clinic 2018 Edukasikan Pentingnya Kondisi Ban

KARAWANG, 23 Juli 2018 -- Daihatsu kembali menggelar sharing edukasi  kendaraan bagi Sahabat Club Daihatsu melalui program Daihatsu Club Auto...

H. Rahmat Kibarkan Bendera Merah Putih di Kejuaraan Reli Malaysia 2018

JAKARTA, 23 Juli 2018 – Pereli Indonesia, H. Rahmat dengan navigatornya Donny Wardono, berhasil memenangkan Kejuaraan Rally Malaysia bertajuk International Rally of Johor 2018 yang...

Sergio Marchionne Mundur dari CEO dan Chairman Ferrari

TURIN, 23 Juli 2018 – Kabar mengejutkan datang dari raksasa otomotif Italia, Fiat Chrysler Automobiles (FCA), yang mengumumkan pengunduran diri...

F1: Kemenangan Dramatis Hamilton dari P14, Vettel DNF di Kandang

HOCKENHEIM, 23 Juli 2018 – Balap seri Formula 1 Grand Prix Jerman 2018, Minggu (22/7/2018), kembali menyajikan drama dari persaingan...