Beranda Drives Mercedes-Benz S 450 L, Solid Six

Mercedes-Benz S 450 L, Solid Six

Foto-Foto: Rachmat Dolay/Carvaganza

MERCEDES-BENZ S-CLASS merupakan model paling tinggi dalam line-up pabrikan Stuttgart. Makanya namanya diambil dari kepanjangan Sonderklasse dari bahasa Jerman yang artinya  Special Class lalu disingkat menjadi S-Klasse. Strata teratas Mercedes ini pertama kali lahir tahun 1972 dengan nomenclature W 116.

Mercedes-Benz S 450 L yang Carvaganza coba ini sekarang menjadi ‘base model’ Mercy S-Class karena ia memakai mesin yang baru yaitu V6 3.0 liter bi-turbo, untuk menggantikan S 400 L yang memakai mesin V8. Dengan mesin yang baru tersebut, S 450 L menjadi entry level yang baru di kelas S. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal 367 hp dengan torsi maksimal 500 Nm. Naik dari 330 hp dan torsi 480 Nm yang terdapt pada S 400 L.

Pembaharuan yang dilakukan Stuttgart terhadap mobil yang di-CKD di Indonesia ini tak hanya berhenti di mesin pacu. Desain fascia juga mendapatkan penyempurnaan dari mulai desain grille dilengkapi tiga twin louvre serta strip vertikal dalam balutan high-gloss black dan strip vertikal tambahan dalam balutan chrome.  Desain pada lampu depan juga berubah dengan mengadopsi Multibeam LED dan lampu utama Ultra Range yang menghasilkan sorot pencahayaan secara maksimal sampai 650 meter.

Bagian kabinnya lapang dan mewah dengan mengombinasikan material kulit berkualitas, unsur plastik pada dashboard dan aksen kayu pada trim pintu, dashboard dan konsol tengah. Beberapa bagian interior bahkan mendapatkan aksen krom sehingga kabin terkesan sedikit sporty dan premium. Bagian interior ini dilengkapi dengan dua layar monitor beresolusi tinggi terbaru yang masing-masing berukuran 12,3 inci.

Kedua layar tersebut seperti menyatu dan satu layar yang berisikan cluster meter terdapat di belakang setir. Layar satunya lagi mengatur sejumlah pengaturan di antaranya sistem infotainment, mode pengendaraan sampai sebagai kamera parkir dan juga Surround View Camera atau lebih dikenal bird eye camera.

Pabrikan mendesain ulang setir sehingga tombol-tombol pengatur yang terdapat disetir dapat lebih mudah dioperasikan. Pada setir sekarang ini dilengkapi semacam touchpad kecil sehingga seluruh informasi yang terdapat di dalam kedua display bisa dioperasikan dengan cukup mudah.

Sebagai kendaraan yang diorientasikan sebagai passenger car, jok belakang di belakang penumpang depan dapat direbahkan sampai posisi nyaris berbaring seperti layaknya kursi di business class pesawat terbang. Penumpang bagian belakang pun bisa menikmati hiburan melalui dua layar sentuh 10,2 inci.

Di dalamnya sudah teraplikasi Blu-Ray DVD Drive ditambah dengan tuner Digital TV yang kompatibel dengan DVB-T2 di Indonesia yang dapat diatur oleh remote control. Kursi belakang juga dilengkapi fitur penghangat dan pijat. Yang uniknya lagi, Anda bisa mengubah-ubah atmosfir pencahayaan kabin sampai 64 warna sehingga suasana kabin selain mewah juga bertambah spektakuler.

Pada saat duduk di belakang kemudi, saya mengaktikan semua driver assist dari mulai Start/Stop system sampai mode pengendaraan. Dengan bi-turbo mobil terasa sangat padat di tiap putaran dan terlihat tenang ketika menjelajah jalanan lurus di tol maupun tikungan medium.

Mercedes-Benz S 450 L seperti seorang gentleman yang mengangkat gelas wine dan meminumnya di sebuah lounge first class maskapai penerbangan papan atas. Transmisi otomatis 9-kecepatan G-Tronic begitu halus dalam melakukan perpindahan sehingga tak terasa kecepatan mobil sudah mencapai 150 km/jam. Fitur Electronic Stability Program juga membantu menyeimbangkan mobil ketika kurva membelok menjadi lebih kecil.

Setirnya yang enteng memudahkan pengemudi memberikan setiap input sehingga Anda tak berasa seperti membawa mobil berbobot 2 ton. Anda pun tak merasa sedang mengemudikan bongsor sehingga tak terlalu kesulitan dalam menghadapi kemacetan seperti di Jakarta. Dalam soal pengereman, tentunya mobil seharga Rp 2,3 milyar ini sudah dilengkapi sistem yang betul-betul mumpuni.

Mercedes-Benz S 450 L 2018

Layout kendaraan: Sedan, mesin depan, 4 pintu, 4 penumpang, RWD
Mesin: Bensin V6 DOHC 24 valve intercooler 3.0L/367 hp @ 5500 – 6100rpm/500 Nm @1600 –  4000 rpm
Transmisi: A/T 9-kecepatan G-Tronic
0 – 100 km/jam: 5,1 detik
Top speed: 250 km/jam
PxLxT: 5225 x 1899 x 1494 mm
Wheelbase: 3164 mm
Berat kosong: 2.015 kg
Kapasitas tangki BBM: 70 liter
Rekomendasi BBM: RON 98

EKA ZULKARNAIN