Beranda Drives Merasakan Langsung Mitsubishi XM Concept Versi Produksi di Jepang (Bag. 1)

Merasakan Langsung Mitsubishi XM Concept Versi Produksi di Jepang (Bag. 1)

OKAZAKI, 17 Juli 2017 – Mobil Mitsubishi XM Concept versi produksi yang ditunggu-tunggu oleh konsumen MPV di Indonesia selama lebih dari satu tahun terakhir sudah siap mengaspal. Carvaganza bahkan menjajalnya langsung di Jepang untuk bisa merasakan performa sekaligus  melihat, menyentuh dan meraba interior, eksterior dan merasakan kualitasnya secara langsung.

Pabrikan Mitsubishi melalui PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) – dulu PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) – pertama kali memperkenalkan Mitsubishi XM Concept ini kepada publik Indonesia di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 dan sejak itu menjadi buah bibir publik negeri ini. Mobil ini adalah MPV yang dikembangkan khusus untuk pasar Indonesia dan sesuai dengan kontur dan atmosfir di negeri ini.

Sebagai penanda realisasi dari mobil konsep itu, pabrikan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengundang sejumlah media Indonesia untuk menjajal mobil secara langsung di Research and Development Mitsubishi di Okazaki, Jepang.

Setibanya di Bandara Internasional Kansai Osaka, rombongan yang terdiri dari 12 media Indonesia langsung bertolak ke Okazaki dengan bus dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Setibanya di lokasi, kami disambut oleh Tsunehiro Kunimoto, corporate vice president division general manager design division Mitsubishi Motor Corporation, dan Ryo Ashikawara sebagai desainer produk kendaraan XM Concept.

Setelah mendengarkan presentasi dari dua petinggi MMC ini, Carvaganza tak menyia-nyiakan kesempatan emas untuk mencoba langsung XM Concept versi produksi di Proving Ground MMC di Okazaki, Prefecture Aichi, sekitar 400 km sebelah baratdaya Tokyo tersebut.

Pada saat mencoba mobil persilangan MPV dan SUV ini, kendaraan mendapat penutup kamuflase. Kami dilarang untuk memotret dan mempublikasikan mobil dalam kondisi utuh secara terbuka, makanya sebelum pengujian kami dilarang untuk membawa kamera atau pun HP ke dalam lokasi. Foto-foto akan disediakan oleh pihak MMC untuk publikasi, itu pun foto mobil dengan penutup kamuflase. Kami hanya mendapat kesempatan untuk melihat bentuk asli mobil, namun tidak boleh memotretnya, hanya boleh mendeskripsikannya.

Secara dimensi, kendaraan ini lebih panjang, lebih tinggi dan lebih melar dibandingkan kompetitornya yang ada di Indonesia. Kebetulan pada saat pengujian, kami juga melihat, mencoba dan merasakan tiga mobil kompetitornya yakni Toyota Avanza, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga sebagai bahan perbandingan. Malah menurut saya, dimensi MPV Mitsubishi ini hampir mendekati ukuran MPV seperti Innova. Yang membuat saya kagum adalah 90 persen desain eksterior versi produksi menyerupai mobil konsepnya yang diperkenalkan kepada publik di GIIAS 2016 lalu.

Salah satu desain yang menarik dari kendaraan ini adalah floating roof yang membentuk sudut pilar C dan tetap memiliki nilai fungsi dengan estetika yang tinggi. Desain lampu depan Daytime Running Light (DRL) dan lampu belakang terlihat dinamis ditambah dengan fog lamp untuk tipe tertinggi. Desain bodinya yang memiliki dimensi lebih besar terasa pas dengan ground clearance mobil yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari tiga kompetitornya di Indonesia.

Pada body samping terdapat lekukan yang memanjang dari pintu depan sampai belakang sehingga memberikan kesan mewah dan berkelas, mengingatkan saya pada desain body sebuah sedan premium Eropa. Untuk menambah estetika yang tinggi, terdapat side skirt tipis dengan warna yang berbeda dengan body mobil.

Tsunehiro Kunimoto dalam pemaparan sebelum uji coba mengatakan, dalam hal desain next generation MPV Mitsubishi ini memang memadukan desain mobil MPV dengan SUV dengan garis samping yang ramping dan ground clearance yang tinggi. Perpaduan dua jenis kendaraan tersebut membuat kabin menjadi lapang dan membentuk pilar C yang sangat unik.

Ryo Ashikawara mengamini hal tersebut. Menurutnya, kendaraan tersebut didesain dan dikembangkan semaksimal mungkin untuk bisa digunakan oleh 7 orang penumpang. Kelapangan kabin akan membuat penumpang di dalamnya merasa nyaman, termasuk juga dirasakan oleh penumpang di baris ketiga ditambah dengan layout interior mewah dan elegan serta ragam fitur yang fungsional.

Baris bangku ketiga pun lebih lapang dibandingkan kompetitornya sehingga penumpang tidak kesulitan untuk mengakses bangku di baris ketiga. Kelapangan kabin baik untuk penumpang depan, baris kedua dan baris ketiga cukup ideal dikembangkan oleh Mitsubishi untuk menunjang kenyamanan penumpang. Hembusan AC double blower bekerja dengan baik, kabin terasa dingin meskipun indikator AC kami posisikan di indikator pertama dan pada saat pengujian temperatur di Jepang sedang panas, di atas  33 derajat Celcius.

Desain interior dibuat semaksimal mungkin untuk mendukung visibilitas yang luas bagi pengemudi maupun penumpang depan dan belakang. Bahkan pandangan di Pilar A lebih clear dibandingkan kompetitor sehingga meminimalkan blind spot di area tersebut.

Bersambung ke Bagian 2…

MUNAWAR CHALIL (OKAZAKI, JEPANG)

Kolom Komentar



latest updates

Rayakan 20 Tahun, Shop&Drive Beri Promo Menarik

JAKARTA, 15 November 2018 – Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-20 tahun, Shop&Drive menawarkan berbagai promo menarik yang dapat...

Test Drive Mini Cooper 3-Door: Bikin Syuur

JAKARTA, 15 November 2018 – Kalau bicara soal MINI, kita bicara soal kenikmatan handling. Dan jangan lupa menulis MINI sekarang...

Intersport World Stage 2018, Siap Adu Drifter Nasional dan Internasional

JAKARTA, 15 November 2018 – Para penggemar drift akhir pekan ini akan disajikan satu event menarik yaitu Intersport World Stage...

VIDEO: Test Drive Ferrari Portofino Sama Pembalap Drag

JAKARTA, 15 November 2018 - Ferrari Portofino akhirnya hadir di Indonesia melalui Ferrari Jakarta. Mobil bermesin V8 generasi pengganti California T...

Bodykit Toyota FT 86 Buatan Lokal Bakal Diluncurkan di IMX 2018

JAKARTA, 15 November 2018 - Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 akan dihelat dua hari lagi. Pameran modifikasi bertaraf international ini...