Beranda Drives Menjajal Honda Clarity Fuel Cell, Suara Mesin Nyaris Tak Terdengar

Menjajal Honda Clarity Fuel Cell, Suara Mesin Nyaris Tak Terdengar

MOTEGI, 25 Oktober 2017 — Honda memiliki mimpi besar untuk menghasilkan kendaaraan ramah lingkungan. Mereka melansir beberapa mobill ramah lingkungan. Yang terkini, Honda menghadirkan tiga varian Clarity yaitu Electric, Plug-in Hybrid, dan Fuel Cell berbahan bakar hidrogen. Carvaganza mendapat kesempatan menjajal Honda Clarity di kawasan Sirkuit Motegi, Jepang, Selasa (24/10/2017) kemarin. Kegiatan ini merupakan bagian dari program PT Honda Prospect Motor ke Tokyo Motor Show 2017.

Dari sisi tampilan sebenaranya tak ada perbedaan Clarity dengan sedan keluaran Honda atau sedan-sedan lainnya. Ada 2 model yang kami coba yaitu Caltity Plug-in Hybrid dan Clarity Fuel Cell yang menggunakan bahan bakar hidrogen.

Tipe pertama yang saya coba adalah Plug-in Hybrid dan hanya duduk sebagai penumpang di bagian belakang. Jok belakang mobil ini cukup nyaman, leg room serta head room juga luas. Setelah satu putaran, saya sama sekali tak merasakan perbedaan dengan sedan bermesin konvensional (baca: bensin). Namun kesenyapan kabin luar biasa. Tak ada suara. Kabin benar-benar hening.

Selanjutnya giliran saya menyetir. Tak ada perbedaan sebenarnya dengan mobil konvensional dengan transmisi otomatis. Tenaga tersedia lengkap dari bawah hingga atas. Kabin Clarity sama seperti sedan Honda lainnya. Tiga layar LCD sebagai alat pengukur, infotainment layar sentuh berukuran 8 inci di bagian tengah. Tak ada ornamen macam-macam seperti aksen kayu atau ultrasuede untuk dashboard.

Selanjutnya, giliran Clarity Fuel Cell yang kami coba. Oh ya, yang sedikit berbeda dengan sedan biasa, Clarity tidak ada tuas transmisi. Semua fungsi transmisi (P-R-N-D dan parking brake) berbentuk tombol yang berada di konsol antara pengemudi dan penumpang depan.

Saat pedal gas diinjak tidak ada deru mesin, yang terdengar hanya suara seperti mendesis. Akrelerasinya sangat halus dan linear. Tenaganya responsif. Meski kecepatan dibatasi hanya 60 km/jam, saya sempat mencba mobil ini hingga 75 km/jam yang bisa didapatkan dengan cepat.

Clarity Fuel Cell menggunakan kombinasi fuel cell hidrogen dan motor listrik bertenaga 130 kW (177 PS) yang menghasilkan torsi sampai 300 Nm.

Honda Clarity Fuel Cell memiliki tangki hidrogen berkapasitas 141 liter yang bisa digunakan untuk menempuh jarak 750 km. Cara pengisian bahan bakar sama seperti mengisi bensin atau solar dan yang butuh waktu 3 menit untuk terisi penuh.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

Berurusan di Jepang, Carlos Ghosn Dicekal Pemerintah Perancis

PARIS, 21 November 2018 – Buntut dari penangkapan Carlos Ghosn atas kasus penggelapan penghasilannya kini semakin meluas, bahkan hingga ke...

Mercedes-AMG GT Paling Kencang Segera Meluncur

STUTTGART, 21 November 2018 – Deretan varian untuk Mercedes-AMG GT akan bertambah dalam waktu dekat ini, saat Mercedes-Benz meramaikan Los...

BMW M2 Competition Beri ‘Kode’ akan Segera Meluncur di Indonesia

JAKARTA, 21 November 2018 – Bagi penyuka mobil kencang di Indonesia, dalam waktu dekat akan hadir pilihan baru dari BMW....

PPMKI Rayakan HUT ke-39, Gelar Touring dan Kumpulkan Donasi

DENPASAR, 21 November 2018 – Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) tahun ini merayakan ulang tahun ke-39. Merayakan hari jadinya,...

TIPS: Oprek Komputer BMW Bikin Garansi Hangus

JAKARTA, 21 November 2018 -- Ditengah era modern seperti ini, banyak mobil yang menggunakan berbagai teknologi canggih salah satunya adalah...