Beranda Drives Menikmati Toyota All New Voxy Menyusuri Jakarta – Puncak

Menikmati Toyota All New Voxy Menyusuri Jakarta – Puncak

(Foto-foto: Denny Mochtar)

JAKARTA, 22 Desember 2017 — PT Toyota Astra Motor (TAM) sebenarnya sudah memiliki model untuk menyaingi Nissan Serena dan Mazda Biante, yaitu Toyota NAV1 atau juga dikenal dengan nama Toyota Noah. Rivalitas ketiga brand tersebut di pasar lokal Indonesia cukup sengit dan masing-masing model memiliki fansnya sendiri-sendiri.

Namun, sejak Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu, TAM merilis saudaranya NAV1 yakni Toyota All New Voxy. Oleh pabrikan di Indonesia All New Voxy diposisikan berada satu tingkat di atas NAV1. Jika dibandingkan dengan NAV1, Toyota All New Voxy ini memiliki body yang lebih bongsor, jok baris kedua tidak captain seat dan fitur yang lebih lengkap dengan NAV1. Tentu saja, kabinnya lebih lapang, mewah dan elegan dari sang kakak. Posisi keduanya di pasar Indonesia saling melengkapi, namun pada saat ini TAM memang sedang gencar memasarkan All New Voxy.

All New Voxy memiliki fascia depan yang lebih agresif dibandingkan NAV1 yang menampilkan wajah lebih lembut. Grillenya besar, mirip dengan Toyota Alphard, dan memang Voxy kerap disebut sebagai Baby Alphard.

Bagian belakang juga mirip dengan Toyota Alphard dengan tailgate spoiler pada pintu bagasi, plus garnish chrome bertuliskan Voxy. Kaca belakang lebar dan lampu rem sudah mengadopsi LED. Ban memakai ring 16. Untuk warna sendiri, tersedia tiga pilihan yaitu White Pearl, Black dan Inazuma Sparkling Black yang merupakan warna terbaru Voxy.

INTERIOR

Akses untuk masuk ke dalam mobil berkapasitas 7 penumpang ini diladeni oleh dua sliding door (pintu geser) yang cukup lebar. Kabinnya lapang dengan headroom dan legroom yang lega di setiap barisnya serta beraksen two-tone hitam dan coklat tua. Layout dashboard menarik dan unik dengan model tiga layer, di mana pada layer pertama terdapat display yang berisikan sejumlah informasi kendaraan seperti jam, suhu udara luar, kondisi pengendaraan ECO dan lain-lain. Pada layer (lapis) kedua terdapat layar sentuh berisikan informasi kendaraan termasuk sistem infotainment dan kamera belakang serta instrument meter dengan teknologi pencahayaan Optitron di belakang lingkar kemudi.

Layer ketiga pada dashboard adalah ruang penyimpanan yang terbuat dari material beraksen kayu sehingga membuat kabin dan dashboard terlihat elegan. Sentuhan krom terdapat pada setir, center stack, dashboard dan trim pintu depan. Jok seluruhnya dilapisi oleh material kulit berkualitas dengan posisi duduk setengah commanding sehingga pandangan pengemudi menjadi luas. Apalagi ditambah dengan kaca depan yang lebar begitu juga dengan kaca samping dan belakang. Dari struktur pilar yang dibangun tak ada blindspot yang mengganggu pengemudi.

Posisi duduk penumpang baris kedua tidak captain seat seperti NAV1, hanya bisa digeser jauh ke belakang dan ke depan serta ke samping. Kalau bangku baris ketiga dilipat akan menciptakan ruang bagasi yang lega. Begitu pun jika bangku baris kedua digeser ke belakang, ruang di baris kedua akan menjadi bertambah lega sehingga penumpang bisa rebahan sampai posisi tidur karena bangku baris kedua bisa direbahkan sampai membentuk flat.

Pada bagian samping kiri jok penumpang kedua bagian kanan terdapat cup holder yang bisa dilipat, sedangkan cup holder untuk penumpang baris kedua di bagian kiri  berupa tray yang dilipat pada sandaran jok penumpang depan. Untuk menambah kenyamanan penumpang terdapat moonroof pada bagian pengemudi dan sunroof pada bagian penumpang. Penyebaran suhu AC juga merata karena pada setiap baris penumpang terdapat lubang pendingin udara.

KESELAMATAN

Untuk fitur keselamatan, All New Voxy lebih lengkap dari NAV1 namun tidak selengkap sang kakak Toyota Alphard atau Velfire. Dilengkapi oleh 7 airbag untuk melindungi penumpang dari benturan depan, lutut dan samping, Cruise Control, Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist. Yang ikut membantu juga adalah fitur pengendaraan ECO yang membuat kendaraan menjadi lebih efisien bahan bakar.

PERFORMA

Puas mengekplore bagian luar dan kabin, kini saatya Carvaganza mencoba mobil ini. Untuk pengujian, kami memadukan perjalanan luar kota dan dalam kota karena kendaraan ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi 165 mm (16,5 cm) atau beda 3,5 cm dari Avanza (200 mm).

Posisi duduknya nyaman dengan pandangan luas ke depan, suara yang keluar dari mesin 4 silinder segaris 16 valve DOHC 2.0 liter terdengar halus. Mesin dengan kode 3ZR-FAE ini mengeluarkan tenaga 150 hp pada 6100 rpm dan torsi maksimal 193 Nm pada 3800 rpm.

Gas terasa linear terutama ketika pengendaraan menggunakan mode ECO dengan tenaga yang cukup padat di setiap putaran. Cukup mudah di-kickdown ketika Anda membutuhkan tambahan tenaga untuk menyalip kendaraan di depan di jalan tol. Mode ECO ini akan non-aktif ketika mobil melaju berada di atas 2000 rpm, namun jika tombol ECO di dekat center stack masih aktif, konsumsi BBM akan tetap memakai penghitungan ECO. Setir pun terasa enteng dan membaca permukaan jalan secara obyektif, pengemudi jadi lebih enak memberikan input-input pada kemudi jika dibutuhkan.

Rasio bobot mobil dengan tenaga cukup pas yang bisa Anda rasakan ketika membutuhkan dorongan di jalanan aspal lurus atau pun ketika menanjak. Transmisi CVT terasa halus di setiap perpindahan dan bisa dipindahkan ke mode manual jika Anda merasakan bosan dengan CVT yang terlalu halus. Paling tidak Anda bisa membuang sedikit nuansa membosankan dengan memindahkan transmisi.

Berkat fitur Vehicle Stability Control, kendaraan menjadi minim body-roll dan lebih stabil ketika menikung di belokan cepat, medium atau pun pelan. Ketika menuruni jalanan Puncak yang berkelok-kelok, saya mencoba masuk tikungan dengan cepat, mobil terasa stabil.

Anda tinggal mengambil tikungan dengan cara halus, body belakang akan mengikuti dengan mulus. Tak perlu melakukan kontra setir untuk memperbaiki posisi mobil. Bantingan suspensi depan MacPherson Strut dengan pegas koil dan Stabilizer dan Torsion Beam dengan pegas koil dan Stabilizer di belakang terasa empuk.

Untuk perjalanan jauh, kendaraan ini sangat menyenangkan. Pengendaraannya halus, kabin lapang dengan pandangan yang luas. Ketika memacunya keluar kota, Anda seperti mendapat sajian pemandangan yang bisa dinikmati sepuasnya.

SPESIFIKASI

Layout kendaraan: Medium MPV, mesin depan, 5 pintu, 7 penumpang, FWD
Mesin: I-4 16 valve DOHC 2.0 L/ 150 hp @6000 rpm/ 193 Nm @3800 rpm
Transmisi: CVT
PxLxT: 4710 x 1735 x 1835 mm
Wheelbase: 2850 mm
Ground clearance: 165 mm
Kapasitas tangki BBM: 55 liter
Rekomendasi BBM: Ron 95 ke atas.

EKA ZULKARNAIN

Kolom Komentar



latest updates

Nissan Indonesia Donasi Kendaraan Penjernih Air untuk Sulawesi Tengah

JAKARTA, 14 November 2018 – Nissan Indonesia memberikan donasi untuk korban bencana alam di Sulawesi Tengah dan daerah lain yang terkena dampak....

Balap Jalanan BSD Siap Digelar Akhir Tahun, Lombakan 9 Kelas

JAKARTA, 14 November 2018 - Balap BSD City Grand Prix akan kembali digelar di sirkuit BSD, Tangerang Selatan, untuk menutup...

Komunitas Isuzu Elf Gelar Jamnas dan Munas di Solo

SOLO, 14 November 2018 – Komunitas dan kumpul bareng otomotif tak hanya milik pengguna sedan mewah atau SUV. Pemilik dan...

IMX 2018 Siapkan Puluhan Hadiah Menarik bagi Pengunjung

JAKARTA, 14 November 2018 – Berbagai hadiah menarik disiapkan panitia Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang akan diselenggarakan di Balai Kartini,...

Lotus Exige Sport 410, In-Between

Bagi penggemar Formula 1 tentunya sudah tak asing dengan nama Lotus. Brand ini punya sejarah panjang di ajang motorsport bergengsi...