Beranda Drives Mazda3 2018, Real Cheetah

Mazda3 2018, Real Cheetah

Dinamika mengemudinya mirip Mazda2 namun lebih matang dan kenyamanannya lebih mapan.

Foto-foto: Deny Muchtar (Carvaganza)

SEJAK diluncurkan pada tahun 2004 lalu, Mazda3 atau di Jepang di sebut Mazda Axela sudah menjadi mobil favorit, terutama yang versi hatchback. Versi ini memiliki desain yang lebih stylish dibandingkan versi sedan sehingga disukai konsumen yang memiliki jiwa dinamis. Di pasar dalam negeri Ia berkompetisi dengan Peugeot 308, Ford Focus, VW Golf dan Honda Civic Turbo 1.5L  hatchback.

Bagi konsumen yang pernah merasakan Mazda2, bakal menemukan sensasi yang nyaris mirip pada Mazda3. Kendaraan ini gesit, praktis dan sangat stabil dengan handling yang terasa mantap dan presisi. Di Indonesia, mobil ini dipasarkan hanya satu versi mesin yaitu naturally aspirated 2.0 liter dengan teknologi Skyactiv. Jika Anda ingin Mazda3 tampil lebih sporty, maka Anda bisa memesan Mazda3 Speed yang perbedaannya hanya di aksesoris.

Bagi saya, ada dua model mobil Mazda yang beredar di Indonesia yang inspirasi pergerakan Cheetahnya betul-betul melekat yakni Mazda MX-5 dan Mazda3. Namun ada yang bilang bahwa hal tersebut juga Anda bisa rasakan di Mazda2. Boleh saja bilang begitu, namun menurut saya jika kita melihat gerakan cheetah dan meresapinya, aura dan sensasi cheetah di New Mazda 3 yang Carvaganza coba terasa matang, sedangkan perilaku Mazda2 seperti rusa, gesit namun tidak sedinamis kakaknya.

Berkat desain KODO – Soul of Motion pada Mazda3 melalui hood yang menusuk ke depan dan wheelbase yang panjang, Mazda3 terlihat seperti Cheetah berlari kencang dengan belly yang tertarik kuat dan keempat bannya seperti kaki yang ramping berotot.

Pada saat Anda duduk di kursi pengemudi, mobil betul-betul seperti terfokus pada Anda. You are in control. Di situ Anda menemukan setir dengan segala tombol peraturannya mulai dari tuas paddle shift, cluster meter, konsol tengah dengan tombol putar pengaturan (pabrikan menyebutnya rotary commander) sampai tombol mode pengendaraan.

Peletakan tuas transmisi pun diharmonisasikan secara apik dengan pengaturan AC dan layar sentuh (Active Driving Display) 7 inci sehingga Anda bisa menikmatinya dengan selemparan mata saja. Untuk mengoperasikan segala informasi yang terkandung di dalam layar sentuh mulai dari sistem infotainment, navigasi dan informasi lain dapat dilakukan dengan memutar rotary commander di konsol tengah. Seluruhnya itu terangkum dalam MZD Connect yang user friendly.

Material-material yang digunakan di dalam kabin juga terjaga kualitasnya sehingga menambah kesan mewah. Anda bisa melihat kecepatan mobil dan kecepatan maksimal yang diperbolehkan di jalan yang Anda lewati pada Head-Up Display.

Desain yang human sentris ini menambah kesenangan mengemudi ketika Anda memacu Mazda3 di jalan raya. Lingkar kemudinya yang sudah electric power steering dan tilt steering and telescopic terasa enteng dan obyektif. Tenaga 163 hp dan torsi maksimal 210 Nm dari mesin bensin Skyactiv 4 silinder segaris 2.0 liter tersalur secara padat ke penggerak roda depan melalui transmisi otomatis 6-kecepatan yang juga bisa dioperasikan secara manual dengan tuas atau pun dengan paddle shift.

Pada saat mengemudikan Mazda3, Anda akan merasa dinina-bobokan oleh kinerja mobil. Bayangkan kalau Anda makan puding coklat dengan taburan keju di atasnya. Anda benar-benar dibuat fokus pada dinamika mengemudinya.

Pedal gas sport yang membuat kaki kanan berposisi vertikal sangat memudahkan menambah tenaga, terutama di jalan tol. Pengendaraannya presisi, stabil dan terasa pas salah satunya berkat power to weight ratio 88,9 W/kg sehingga membuat mobil seimbang. Dipadukan juga dengan dimensi panjang 4475 mm dan wheelbase 2700 mm yang membuat mobil terasa seperti kompak ketika dipacu. Pada saat mode pengendaraan dipindahkan ke Sport dari Normal, mesin terasa lebih agresif dan bunyi raungannya lebih keras.

Ketika melibas tikungan terasa stabil dengan pengereman yang baik sehingga pengemudi bisa merasa percaya diri ketika harus berakselerasi maupun deselerasi. Head-Up Display mempermudah pengemudi dalam memantau kecepatan mobil maupun mendeteksi Blind Spot Monitoring System (BSM) untuk mempertinggi safety penggunanya. Anda juga bisa mendeteksi BSM di kaca spion dengan peringatan berupa pendaran cahaya warna kuning.

Dalam kondisi traffic stop and go, fitur i-stop akan mematikan mesin mobil jika transmisi di posisikan di N atau pun dikombinasikan dengan Electric Parking Brake (EPB) sehingga konsumsi BBM akan lebih efisien. Anda bisa memantau rata-rata konsumsi BBM dengan melihat fitur di layar sentuh. Pada kondisi traffic seperti ini, fitur Smart City Brake Support Forward (SCBS F) juga akan berfungsi secara otomatis mengaktifkan rem jika ada mobil di depan dan pengemudi sedikit lengah. Fitur ini berfungsi pada kecepatan antara 4 – 30 km/jam.

Bagaimana dengan harga? Mobil yang berada pada segmen compact hatchback ini dibanderol dengan harga Rp 416,8 juta dan jika memilih varian Speed bisa ditebus dengan harga 442,8 juta. Harganya jauh lebih murah daripada rivalnya di segmen ini yaitu Honda Civic Hatchback Turbo 1.5 liter yang dibanderol berkisar di harga Rp 480 – 483 juta.

New Mazda 3

Layout kendaraan: Hatchback, mesin depan, 5 penumpang, 4 pintu, FWD
Mesin: Bensin I-4 DOHC 16 valve 2.0L/ 163 hp @6000 rpm/ 210 Nm @4000 rpm.
Transmisi: A/T 6-kecepatan
0 – 100 km/jam: 7 detik
Top speed: 210 km/jam
PxLxT: 4475 x 1795 x 1465 mm
Wheelbase: 2700 mm
Berat kotor: 1370 mm
Tangki BBM: 51 liter
Rekomendasi BBM: RON 95

EKA ZULKARNAIN

Kolom Komentar



latest updates

BMW X2 Mengaspal di Indonesia Akhir Bulan ini

JAKARTA, 16 Oktober 2018 – Meski sudah menjelang akhir tahun, BMW Indonesia belum akan berhenti meluncurkan model-model terbarunya di Indonesia....

Rolls-Royce Cullinan, Most Luxurious SUV

DALAM barisan mobil SUV luxury, kendaraan ini mungkin bukan SUV super luxury pertama yang pernah ada. Karena keduluan oleh Urus...

Mitsubishi Pastikan Peluncuran New Triton pada 9 November 2018

TOKYO, 15 Oktober 2018 -- Setelah merilis teaser beberapa waktu lalu, Mitsubishi Motors Corporation kini memastikan peluncuran Mitsubishi New Triton....

Wuling Cortez 1.8L, Unexpected MPV

MENGIKUTI jejak Wuling Confero, kehadiran Wuling Cortez yang menggoda langsung menyengat pasar mobil di Indonesia. Dengan harga mulai dari Rp...

Dinilai Efektif, Aturan Ganjil-Genap Diperpanjang Sampai Akhir Tahun

JAKARTA, 15 Oktober 2018 – Perluasan aturan pembatasan “Ganjil-Genap” yang diterapkan sejak Asian Games 2018 di Jakarta, Agustus lalu, akan...